Cara Praktis Cegah Sakit Maag

STOMACHE Cara Praktis Cegah Sakit MaagPada umumnya radang lambung atau sering di sebut Maag dapat disebabkan banyak faktor (Bisa dibaca disini : Kenali Sakit Maag dan Solusinya). Sebelum terlambat segera cegah.

Banyak orang yang sudah terkena, bahkan sering berulang kali datang ke dokter karena sakit maag-nya kambuh. Lucunya terkadang mereka sudah paham apa dan bagaimana mengatasi sakit maag, tapi upaya pencegahannya terkadang diabaikan, dengan alasan apa yang dilakukan sehari-hari sudah rutin. Disini saya hanya mencoba mengulas kembali dan mengingatkan tentang penyebab dan cara praktis mencegah sakit maag, karena jika dibiarkan penyakit ini dapat mempengaruhi organ lainnya.

Penyebab Sakit Maag

Beberapa penyebabnya antara lain, terlalu banyak makanan yang mengiritasi lambung, seperti yang pedas, asam, minuman beralkohol. Juga bisa karena obat-obatan seperti aspirin (dosis tinggi), kortison, kafein, kortikosteroid.

Selain itu, adanya stress dan tekanan emosional yang berlebihan pada seseorang juga bisa menjadi pemicunya. Selain juga asam lambung yang berlebihan, waktu makan yang tidak teratur, sering terlambat makan, atau makan berlebihan. Atau tertelannya substansi/zat yang korosif, seperti alkali, asam kuat, cairan pembersih kimiawi, dan lain-lain. Bisa pula akibat infeksi bakteri.

Gejala seperti mual dan sering muntah agak asam. Pada kondisi berat lambung mungkin dapat mengelupas sehingga mengakibatkan muntah darah. Kondisi lain yang mungkin bisa muncul adalah perut terasa nyeri, pedih, kembung dan sesak (sebah) pada bagian atas perut. Nafsu makan menurun drastis, wajah pucat, keringat dingin, dan kepala pusing. Sering sendawa terutama bila dalam keadaan lapar. Sulit tidur karena gangguan rasa sakit pada daerah perut sebelah atas (ulu hati).

Pada radang lambung kronis gejala yang ditunjukan lebih ringan seringkali gejala menjadi samar seperti tidak toleran terhadap makanan pedas atau berlemak atau nyeri ringan yang akan hilang setelah makan.

Langkah Praktis Mencegah Sakit Maag

Selain beberapa saran yang saya tulis sebelumnya di Kenali Sakit Maag dan Solusinya, beberapa cara praktis lain antara lain :

  • Pastikan konsumsi makanan yang lunak/lembut.
  • Hindari makanan yang mengiritasi lambung, seperti pedas, asam, alkohol, kafein, rokok, dan aspirin
  • Jangan terlambat makan atau makan berlebihan, makan sedikit-sedikit tapi sering
  • Usahakan buang air besar secara teratur

Demikianlah tips kesehatan cara mencegah sakit maag. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sering mengalami sakit Maag.

You may also like...

6 Responses

  1. brand says:

    kalo luka lambung itu apakah sama dengan maag? saya kurang paham,, mohon info nya, thanks

  2. burhanuddin says:

    saya sering pusing keringat dingin gangguan lambung perasaan kaya parno cemas dan perasaan2 kurang enak kaya takut mati apa nama penyakit saya,dan apakah penyakit saya itu berbahaya

    • dr. Nasir says:

      Kalau Anda sudah mengikuti cara mencegah sakit lambung seperti di atas, tentu tidak perlu merasa parno lagi bukan? Karena semakin Anda merasa parno, semakin Anda tersiksa dengan perasaan tersebut, maka Anda akan semakin tertekan. Apalagi Anda sudah merasa takut mati, tentu perasaan ini harus dijauhi, tapi harus juga meyakini bahwa kematian akan datang setiap saat tanpa perlu merasa cemas dulu. Betul bukan?

  3. Pandu Dryad says:

    kalau misalnya sudah kena mag (agak parah) bisa sembuh total gak dok?
    ::> Postingan terakhir Pandu Dryad … Konsumen Cerdas Paham Perlindungan KonsumenMy Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Back to Top
Berlangganan Gratis
Fanpage Konsul Gratis
Follow Twitter
Follow Twitter
Down
ANDA MUNGKIN PERLU BACA INI !!!close