Ternyata ada Hubungan Antara Tidur Cukup dan Kecantikan?

Tidur Cukup dan CantikAda penelitian yang menarik yang saya baca di Kompas kemarin, yaitu tentang masalah tidur dengan kecantikan. Dikatakan bahwa jika Anda ingin terlihat cantik dan menarik, salah satu cara yang paling mudah adalah tidur malam yang cukup. Demikian hasil penelitian tim yang dipimpin oleh John Axelsson dari Institut Karolinska, Swedia.

John mengatakan penelitiannya dilakukan terhadap 23 orang berusia 18-31 tahun yang tidak memiliki kebiasaan merokok (baca sekali lagi: tidak memiliki kebiasaan merokok, karena jika sudah terpapar dengan kebiasaan merokok, sedikit atau banyaknya dampak negatif dari rokok sudah ada mempengaruhi tubuh).

Para probandus diminta untuk melakukan dua kali sesi pemotretan pada pukul 02.00 sampai pukul 03.00, sesi pertama diambil setelah mereka tidur cukup di waktu yang normal dan sesi kedua dilakukan saat mereka kurang tidur.

Ada catatan yang harus diperhatikan oleh partisipan, yaitu partisipan tidak diperbolehkan mengonsumsi alkohol selama masa penelitian. Selama menjalani sesi foto, partisipan tidak diperkenankan berdandan dan harus menjalani proses pembersihan wajah yang sama.

Kemudian, 65 peneliti menilai foto partisipan, apakah mereka tampak sehat atau tidak, tampak kelelahan atau tidak, menarik atau tidak menarik. Hasilnya mayoritas peneliti menilai positif terhadap penampilan partisipan yang tidurnya cukup.

Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda termasuk orang yang tidurnya cukup atau malah kesulitan tidur? Jika Anda kesulitan tidur, silahkan baca tipsnya di Tips Tidur Nyenyak atau Cara Alami Atasi Kesulitan Tidur.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Perkenalkan nama saya Ahmad Muchtar Nasir, biasa dipanggil Nasir. Saya ini anak Sunda asli, kedua ortu berasal dari Kuningan Jawa Barat, tapi saya lahir di Tanjung Redeb Kaltim. Sejak kecil saya sekolah di Madrasah (RA Syahida Cirebon, MI Salafiyah Cirebon, MTs PUI Cikaso) baru SMU Negeri 2 Kuningan. Alhamdulillah saya lulus UMPTN th.1998 di Fak. Kedokteran UNDIP dan kuliah sampai th 2006. Saat ini saya bekerja di Medusa Health Center Jakarta Selatan (mulai April 2008), setelah sebelumnya bekerja serabutan sebagai “kuli intelek” di klinik 24 jam se-Jabotabek, menjadi Pegawai Tidak Tetap Depkes RI di Kab. Buton Sulawesi Tenggara selama 1 tahun (September 2006-Agustus 2007), dan menjadi PHL (Pegawai Harian Lepas) Dokter Umum di Polres Metro Bekasi (Oktober 2007-April 2008). Sekarang saya sudah dikaruniai seorang putra bernama Faris Hidayaturrahman (lahir 21 Januari 2008), sebagai hasil kerjasama dengan istri saya yaitu Yanti Setianingsih. Sementara ini saya tinggal di Griya Bintara Indah Bekasi Barat.

5 thoughts on “Ternyata ada Hubungan Antara Tidur Cukup dan Kecantikan?

  • 30 December 2010 at 23:00
    Permalink

    Saya termasuk yang tidak mengalami kesulitan tidur, malah cenderung lebih mudah tertidur, Dok. Cuma tidur saya cukup apa tidak ini yang tidak tentu. Kadang saya bisa tidur di atas jam 12 tapi kadang juga jam 9an malam sudah ketiduran. He He He 🙂

    Reply
  • 2 January 2011 at 11:06
    Permalink

    Kriteria tidur yang cukup itu yang bagaimana,, Dok?

    Reply
    • 5 January 2011 at 07:28
      Permalink

      Menurut saya, tidur yang cukup itu tidur yang sesuai dengan kebutuhan, walaupun tertidur selama 5 menit saja, kalo tidurnya lelap dan begitu bangun badan sudah terasa segar kembali, itu sudah cukup. Ada pendapat lain silahkan…

      Reply
  • 19 January 2017 at 09:51
    Permalink

    Tidur sangat sehat bagi tubuh dan kesehatan, dalam agama juga termasuk ibadah

    Reply
    • 19 January 2017 at 10:11
      Permalink

      Betul sekali, tidur menjadi ibadah jika dimulai dengan berdoa, mempersiapkan tubuh agar bisa bangun malam bertahajjud, bisa mengumpulkan energi untuk mencari nafkah siangnya…insyaAllah

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...