Mengapa Perlu Dilakukan Pemeriksaan Kesehatan?

periksa kesehatanApakah Anda pernah mengalami hal berikut? Anda menggigit sebuah apel yang kelihatan segar hanya untuk mengetahui ternyata isinya busuk. Sama seperti kasus apel tersebut, tentu Anda dan saya tidak dapat mengetahui kesehatan seseorang hanya dari penampilan luarnya saja.

Perubahan dalam tubuh, seperti perubahan dalam darah merupakan kejadian awal yang terjadi sebelum suatu penyakit menunjukkan gejala dan tanda-tandanya. Sebagai contoh, seorang yang menderita diabetes mellitus akan mengalami kenaikan kadar gula darah jauh sebelum menunjukkan gejala seperti sering mengalami kehausan, sering buang air kecil terutama di malam hari, kehilangan berat badan, sering kesemutan, dan luka yang susah sembuh. Kenaikan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah juga dapat dideteksi beberapa tahun sebelum terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Ada beberapa informasi penting yang didapatkan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan, paling tidak dengan tes darah :

Nilai dasar; Pemeriksaan kesehatan dapat memberikan nilai dari kondisi kesehatan pada saat pemeriksaan dan sebagai perbandingan untuk pemeriksaan di masa mendatang.

Mencegah Penyakit; Pemeriksaan kesehatan dapat mendeteksi secara dini penyakit yang belum bergejala dan tidak disadari oleh seorang penderita. Banyak penyakit yang sifatnya silent atau tidak bergejala, namun dapat dikatakan positif ketika terdeteksi pada pemeriksaan kesehatan, contohnya Hepatitis C, Kanker Ovarium, dan sebagainya. Ada juga penyakit yang baru muncul gejala setelah 5-10 tahun kemudian, namun dapat dideteksi virus penyebabnya lebih awal, sehingga dapat dipersiapkan mental jika di masa mendatang gejala yang diakibatkannya muncul atau pun dapat diupayakan pencegahan keparahannya. Bagi penderita yang sedang dirawat, pemeriksaan kesehatan lebih lanjut diperlukan untuk mencegah komplikasi penyakit.

Kenyamanan hidup; Untuk kenyamanan hidup Anda, ketahui dengan pasti kondisi kesehatan Anda hari ini. Pemeriksaan kesehatan juga mendeteksi apakah tubuh kita dengan aktivitas keseharian, pola makan dan gaya hidup kita sudah cukup baik untuk mendukung kesehatan hari ini dan di masa mendatang. Dengan demikian, rencana kebutuhan tubuh untuk bisa hidup sehat di masa mendatang sudah bisa kita tetapkan setelah hasil pemeriksaan kesehatan diketahui. Jadikan hasil pemeriksaan kesehatan adalah indikator sejauh mana kita sudah menerapkan pola makan dan gaya hidup kita.

Sebaiknya pemeriksaan kesehatan dapat dilakukan secara rutin sesuai kebutuhan usia Anda. Setiap 2 tahun sekali untuk usia di bawah 40 tahun, setiap satu tahun sekali untuk usia 40-50 tahun, dan setiap enam bulan sekali untuk usia di atas 50 tahun.

Kita semua sudah tahu, bahwa pencegahan adalah lebih baik daripada mengobati, deteksi dini adalah lebih utama daripada sudah muncul gejala. Jadi, mari kita periksakan diri kita mulai sekarang juga, agar kita tahu sudah betulkah gaya hidup kita, sehatkah gaya hidup kita.

Sudahkah Anda melakukan pemeriksaan kesehatan?

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

2 thoughts on “Mengapa Perlu Dilakukan Pemeriksaan Kesehatan?

  • 3 January 2011 at 00:22
    Permalink

    pastinya penting banget pemeriksaan agar kita dapat mengetahui sejauh mana kesehatan diri kita. kadang kita tidak sadar kalau dalam diri kita terdapat banyak penyakit, karena kurangnya perhatian sejak awal. terimakasih infonya
    ::> Postingan terakhir lutfi … Tornado Touchdown in Cincinnati- ArkansasMy Profile

    Reply
    • 5 January 2011 at 07:29
      Permalink

      Betul sekali pak, terima kasih atas komentarnya. BTW, kenapa bisa masuk spam?

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...