Ikuti Tips Sehat Ini Jika Ingin Hamil

tips sehat hamilSudah mencoba cara alami untuk hamil, tetapi tanda-tanda datang bulan terlambat tak juga muncul? Tenanglah, Anda tak perlu panik. Pasangan yang sehat pun kadang harus menunggu beberapa tahun untuk bisa hamil. Ada pepatah lama mengatakan bahwa rezeki, jodoh, dan kematian adalah permasalahan misterius, dan kehamilan adalah salah satu bagian dari rezeki itu, jadi selain tetap bersabar dan berdoa, mungkin tips sehat yang dikutip dari Kompas di bawah ini dapat membantu Anda berikhtiar lebih optimal.

Pembuahan terjadi ketika sebuah telur matang dan dilepaskan ke saluran telur. Setelah telur dilepaskan, Anda punya waktu 12 – 14 jam untuk menunggu telur “bertemu” dengan sperma. Bagi kebanyakan perempuan, ovulasi terjadi pada hari ke-14 – 16 setelah mens hari pertama (untuk menghitungnya silahkan baca Bagaimana Menghitung dan Menentukan Masa Subur), jadi pastikan Anda melakukan “kewajiban” Anda beberapa hari dan bulan sebelumnya. Ingin tahu kewajiban Anda tersebut?

Hindari olahraga terlalu berat
Ini bukan saatnya Anda mengejar target penurunan berat badan dan mengencangkan tubuh. “Agar Anda berpeluang untuk hamil, maksimal berlatihlah aerobik selama setengah jam, lima kali seminggu. Anda juga bisa melakukan bentuk aerobik seperti jalan cepat atau berenang,” kata Zita West, pakar fertilitas dan penulis buku Plan to Get Pregnant.

Menurut sebuah studio yang diterbitkan di jurnal Obstetrics & Gynaecology edisi 2007 disebutkan bahwa perbaikan dalam kebugaran kita sama efektifnya dengan pengurangan berat badan. “Latihan teratur bisa mengatur hormon-hormon dan siklus menstruasi Anda, dengan membantu Anda mencapai berat sehat dan mengurangi stres,” ujar Dr Marilyn Glenville, mantan presiden Royal Society of Medicine’s Health & Food Forum. Ia mengingatkan untuk tidak berolahraga berlebihan. Latihan lebih dari 15 jam seminggu bisa menghambat ovulasi, dan mengacaukan siklus menstruasi.

Cek angka sehat Anda
Coba periksa berapa indeks massa tubuh Anda (cek indeks massa tubuh disini). Angka di bawah 19 atau di atas 30 bisa mengganggu kesuburan. Perempuan yang underweight seringkali tidak mengalami menstruasi yang teratur, karena mereka berhenti berovulasi. Sedangkan perempuan yang overweight juga bisa mengalami masalah ovulasi, yang kadang-kadang disebabkan oleh PCOS (polycystic ovarian syndrome, atau sindrom ovarium polikistik). Kondisi inilah yang sering membuat perempuan sulit mengalami pembuahan.

Lupakan dulu diet Anda
Menurut Dr Glenville, jika Anda tergolong overweight, semakin tinggi angka berat badan Anda, semakin banyak masalah yang akan muncul. Sedangkan jika Anda underweight, buat target untuk mendapatkan IMT di angka 20-25 (maksimal 24). “Berhenti dulu dietnya, dan pilih makanan yang lebih sehat,” katanya. Ketika berat badan kembali normal, tunggu tiga bulan sebelum melakukan program hamil. Sebab, orang underweight biasanya kekurangan gizi. Maka, Anda perlu melengkapi kebutuhan gizi Anda lebih dulu. Baca juga tips lain di Cara Cepat Punya Anak.

Lebih rajin berhubungan intim
rajin berhubungan seksBagaimana Anda bisa hamil kalau Anda hanya berhubungan intim dua minggu sekali atau sebulan sekali? Bisa saja sih, Anda beruntung hingga sekali berhubungan langsung jadi. Tetapi, peluangnya sangat kecil. Karena itu, kalahkan rasa mengantuk dan lelah sepulang dari kantor untuk lebih sering bercinta, khususnya sekitar masa subur Anda. Dimulai sejak hari ke-10 setelah mens hari pertama, berhubunganlah setiap dua hari sekali selama delapan hari (sampai hari ke-18). Bila tak ingin kelelahan, tidurlah lebih awal, lalu berhubunganlah pagi-pagi. Soal posisi, gaya missionary dengan ganjalan bantal di bawah pinggul masih efektif kok. Berbaringlah selama 20 menit setelah suami berejakulasi, untuk memberi waktu sperma mencapai saluran telur. Malah ada juga penelitian bahwa semakin sering berhubungan seksual, kualitas sperma juga bisa lebih bagus, silahkan cek disini. Selain itu, agar berhubungan intim ini lebih menyenangkan dan bisa dinikmati, sebaiknya hindari Hal-hal yang Menyebalkan Saat Berhubungan Seksual.

Makan dengan benar
Maksudnya, menurut dokter spesialis kesuburan, Michael Dooley, mengatur pola makan adalah faktor yang paling dapat dikontrol untuk menjaga kesuburan. Apa yang kita makan memengaruhi tubuh kita. Jangan lupa sertakan buah dan sayuran, gandum utuh, protein tanpa lemak, dan ikan.
Perempuan hamil juga sering kekurangan zat besi, jadi Anda juga harus mengonsumsi daging merah, bayam (juga mengandung asam folat), dan buah kering. Hindari terlalu banyak vitamin A, yang bisa ditemukan di liver dan hati. Tuna juga sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering, karena mengandung kadar merkuri yang tinggi.

Akupunktur
AculifeBanyak dokter yang masih meragukan efektivitasnya, namun Dr. Dooley mengatakan bahwa akupunktur bisa membantu mengatur ovulasi dan meningkatkan aliran darah ke rahim, sehingga meningkatkan peluang telur yang subur untuk tertanam. Zita West termasuk dokter yang juga menyarankan bantuan akupunktur ini. Pengobatan tradisional dari Cina ini juga bisa membantu mengurangi stres Anda, lho. Bisa juga menggunakan alat Aculife, yaitu alat dengan metode akupuntur, namun dioperasikan secara elektrik dan bisa digunakan sendiri oleh Anda dengan bantuan peta refleksi, yang jelas mudah dan tidak ribet. Jika Anda tertarik, kebetulan saya juga menyediakan alatnya (model alat disamping), silahkan hubungi saya jika berminat.

Rileks, dan berpasrah
Inilah faktor terbesar yang memengaruhi peluang Anda untuk hamil. Banyak pakar kesuburan percaya bahwa stres bisa membuat Anda sulit hamil. Latihan bernafas selama 10 menit saja sehari bisa membuat perbedaan yang besar. Duduklah dengan tenang, tarik nafas dalam delapan hitungan, lalu lepaskan nafas dalam delapan hitungan. Fokuslah pada saat Anda bernafas, dan nikmati kemampuan tubuh Anda menghirup oksigen sebanyak-banyaknya. Terakhir, jangan lupakan kekuatan sebuah doa dan keyakinan bahwa hanya Tuhan/Allah-lah yang mengetahui kemampuan dan usaha kita. Jikapun ternyata belum dikaruniai kehamilan juga, yakinlah Dia akan memberikan karunia lain yang lebih baik.

Nah, semoga tips di atas bisa lebih menjawab pertanyaan Anda yang masih penasaran ingin bisa hamil pada artikel-artikel sebelumnya. Intinya, semoga bermanfaat.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

11 thoughts on “Ikuti Tips Sehat Ini Jika Ingin Hamil

    • 16 December 2010 at 09:06
      Permalink

      Pasrah juga harus dong, dalam arti tawakkal setelah kita melakukan usaha-usaha secara maksimal, paling tidak seperti tips di atas. Kalau bersabar itu artinya sepanjang kita melakukan usaha sampai tuntas, kita tidak boleh ada kata menyerah atau putus asa. Setuju?

      Reply
  • 16 December 2010 at 09:16
    Permalink

    Tips yang ke-4 (Lebih rajin berhubungan intim) kayaknya ini yang paling cocok dengan saya. Tapi kalau keseringan juga kurang bagus. Salah-salah pinggang bisa mau copot rasanya. Ha…..Ha…..Ha…..

    Terima kasih tipsnya, Dok. Nantilah kalau ada keinginan mau nambah anak ketiga, baru saya coba tipsnya.

    Reply
    • 16 December 2010 at 09:19
      Permalink

      Hahaha…itu mah doyan pak 😀 Kalo keseringan ya efek sampingnya paling itu pak. Tambah aja pak yang banyak, biar rame dunia…hehehe

      Reply
  • 19 December 2010 at 11:15
    Permalink

    rajin hubungan intim. itu yang aku paling suka. hehe…..

    Reply
  • 22 December 2010 at 19:21
    Permalink

    Assalamualaikum, selamat malam Dok !
    Nasehat yang bermanfaat bagi saya yang sedang rindu diberikan keturunan oleh ALLAH SWT, terima kasih banyak.
    Saya berharap kunjungan dokter Nasir di blog saya http://grosirsandalsehat.wordpress.com
    Wassalamualaikum

    Reply
    • 25 December 2010 at 16:33
      Permalink

      Terima kasih atas kunjungannya. Penawaran Anda bagus sekali, terima kasih.

      Reply
  • 21 September 2011 at 10:01
    Permalink

    semua tips yg di atas sudah sy lakukan,,,sy sudah menikah slama kurag lebh 1tahun 3 bulan,,,,saya mengalami keputihan dari gadis sampai sekarang,obat jg sudh sy konsumsi,tp ga bisa hilang atau berkurang,,,apa yang harus saya lakukan?

    Reply
  • 12 December 2011 at 08:53
    Permalink

    sy baru menikah 4bln tp ingin segera punya anak.saya juga sdh melakukan tips2 ny itu. dan siklus haid jg g tetap kdg pendek,kadang panjang.jd sy malah hampir tiap hari saya coitus krn tdk tau masa subur ny kpn krn siklus yg g teratur itu. tp blm juga ada yg berhasil. tp dok sy menderita HNP apa itu bisa mempengaruhi knp sy blm hamil-hamil? solusi nya bgm?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...