HKN 2010 : Keluarga Sehat Investasi Bangsa

HKN 2010 : Keluarga Sehat Investasi Bangsa

Hari ini, tanggal 12 November 2010, Kementerian Kesehatan memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 46. HKN tahun 2010 ini mengambil tema : Keluarga Sehat, Investasi Bangsa. Mengapa tema ini dipilih karena program kesehatan secara nasional akan berhasil dimulai dari unit terkecil suatu bangsa, dalam hal ini dimulai dari keluarga. Peranan keluarga dalam meningkatkan derajat kesehatan, meliputi kesadaran keluarga dalam menjaga kesehatan dan mencegah terjangkitnya berbagai penyakit, sangat membantu peningkatan kualitas suatu bangsa, sekaligus menjadi investasi awal dari keberhasilan suatu bangsa di masa mendatang. Selain itu, tema ini pun disesuaikan dengan target pencapaian MDGs dan program kerja Kementerian Kesehatan antara lain : Kesehatan Ibu dan Anak, Penanggulangan HIV/AIDS, TB dan Malaria serta kemitraan global dalam Pembangunan.

Dalam pidatonya, Menkes RI memaparkan bahwa keluarga merupakan unit terkecil dari suatu bangsa. Di dalam keluarga terjadi interaksi dan komunikasi antara ayah, ibu, dan anak yang menjadi awal penting dari suatu proses pendidikan. Ditanamkannya perilaku hidup yang bersih dan sehat sejak dini dalam keluarga dapat menciptakan keluarga yang sehat. Selanjutnya, keluarga yang sehat akan membentuk masyarakat, desa dan kelurahan sehat, kecamatan sehat, kabupaten dan kota sehat, provinsi sehat dan bangsa sehat. Bangsa yang sehat, yang memiliki derajat kesehatan masyarakat yang tinggi, akan meningkatkan produktivitas bangsa tersebut. Oleh karena itu, keluarga yang sehat adalah investasi suatu bangsa bagi pembangunan sumber daya manusianya yang produktif. Pidato dapat didownload di sini.

Dikatakan pula bahwa ada sebuah indikator kualitas suatu bangsa yang disebut Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dimana IPM ini diukur dari tingkat pendidikan, derajat kesehatan dan tingkat perekonomian bangsa tersebut. Tercapainya keluarga sehat akan meningkatkan IPM bangsa Indonesia secara bermakna.

Menkes juga mengingatkan bahwa sebenarnya keluarga sehat berkaitan erat dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS di Rumah Tangga. Beberapa permasalahan kesehatan seperti Diare dapat dicegah bila masyarakatnya dapat menerapkan perilaku sehat, dengan cuci tangan pakai sabun, minum air yang dimasak dan memanfaakan sarana kesehatan lingkungan dengan baik. Demam Berdarah dapat dicegah bila masyarakat melakukan 3 M plus – yaitu menguras, menutup, mengubur, plus membasmi sarang nyamuk, menghindari gigitan nyamuk dan menciptakan lingkungan sehat yang bebas dari jentik nyamuk. Malaria dapat dicegah jika seluruh anggota keluarga – di daerah endemis malaria – menggunakan kelambu pada saat tidur. Gizi Buruk dapat dideteksi secara dini dan dicegah bila bayi dan balita selalu dibawa ke Posyandu setiap bulan. Kematian bayi dapat dicegah bila ibu melahirkan ditolong oleh petugas kesehatan di fasilitas kesehatan. Penyakit jantung dan hipertensi dapat dicegah bila masyarakat menerapkan gaya hidup sehat yaitu berolahraga secara teratur, tidak merokok, dan makan makanan yang tinggi serat. Sehingga dengan meningkatkan kesadaran akan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia, sekaligus meningkatkan investasi bangsa.

Selanjutnya, beberapa pesan penting yang seyogyanya dapat diterapkan oleh masyarakat Indonesia melalui Hari Kesehatan Nasional ke 46 ini untuk meningkatkan kesehatan keluarga sebagai investasi bangsa (panduan HKN 2010 dapat didownload disini), antara lain :

  • Kesehatan harus dimulai dari rumah
  • Gizi baik, anak tumbuh sehat dan cerdas
  • Jadilah keluarga Sadar Gizi
  • Ibu sehat, mampu memenuhi tugas dalam keluarga dan masyarakat
  • Lindungi keluarga dari Narkoba dan HIV-AIDS
  • Berperilaku sehat, cegah penyakit
  • Bersama kita jaga kesehatan diri, rumah dan lingkungan
  • Tetaplah sehat, jika sakit segera berobat
  • Jadilah keluarga sehat, lebih produktif dan berprestasi
  • Kutanam, Kupelihara Pohon, Lestari Alamku
  • Gunakan kelambu saat tidur agar terhindar dari gigitan nyamuk malaria di daerah endemis malaria.

Berkaitan dengan PHBS ini, jika boleh saya menambahkan beberapa tips pola hidup yang dapat diterapkan agar kita selalu sehat yang saya sisipkan pada pembahasan Cara Ingin Cepat Punya Anak.

Semoga kita semua dapat mewujudkan Keluarga Sehat sebagai Investasi Bangsa.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

2 thoughts on “HKN 2010 : Keluarga Sehat Investasi Bangsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...