Tips Praktis Menakar Porsi Menu Dengan Tangan

takaran porsi menuAda kalanya kita merasa kebingungan saat ingin menakar porsi menu yang akan dikonsumsi, bisa disebabkan tidak punya alat ukur yang tepat di rumah, karena biasanya alat ukur porsi menu seperti demikian hanya tersedia di bagian atau instalasi gizi rumah sakit yang memang disiapkan untuk membuat porsi tepat untuk orang sakit. Namun tentu tidak hanya orang sakit yang harus mengonsumsi makanan dengan jumlah dan takaran yang tepat, jelas orang sehat pun perlu takaran yang tepat karena mengonsumsi makanan terlalu berlebihan bisa menyebabkan sakit seperti obesitas yang bisa memicu timbulnya penyakit mematikan seperti jantung, diabetes, demensia, stroke dan kanker. Lalu bagaimana solusinya agar kita dapat mengukur dengan tepat, setidaknya “mendekati tepat” porsi makanan kita bila alat ukur tersebut tidak tersedia di rumah kita ?

Saya coba share dari berbagai sumber, ternyata kita dapat melakukan pengukuran porsi makanan hanya dengan telapak tangan kita. Hal ini tentu menjadi bahan bersyukur lagi untuk kita, ternyata semua yang ada pada tubuh kita bisa digunakan sebagai alat pengukur dan pendeteksi, seperti juga alarm tubuh.

Nah, berikut tips berguna untuk mengontrol porsi makanan yang tepat dengan tangan kita :

Takaran porsi untuk protein
Protein merupakan bahan bakar energi untuk membantu membangun otot yang kuat. Gunakan area dan ketebalan telapak tangan untuk menakar porsi daging ayam, ikan atau tahu.

Takaran porsi sayuran
Mengonsumsi protein tak lengkap rasanya jika tak ditemani sayuran. Pilih dua jenis sayuran segar, dan masing-masing takar dengan kepalan tangan Anda untuk mendapatkan berjuta nutrisi dan antioksidan.

Takaran porsi salad
Gunakan kedua tangan Anda seperti sendok untuk mengangkat sebagian besar sayuran berdaun. Dan untuk menakar satu sendok saus, gunakan panjang ibu jari Anda sebagai panduan.

Takaran porsi buah
Bila Anda mencari tahu berapa banyak buah berry yang harus Anda tumpuk di atas yoghurt di pagi hari, takar jumlah buah segar dengan kepalan tangan kanan.

Takaran minyak
Hal ini harus benar-benar diwaspadai. Lemak memang tidak perlu dimusuhi, tapi pastikan Anda memilih lemak sehat dan dalam jumlah yang tepat. Mengonsumsi minyak berlebih bisa membahayakan kesehatan. Untuk mentega dan minyak, gunakan ibu jari Anda sebagai ukuran.

Demikian panduan yang mungkin bisa diterapkan oleh Anda di rumah. Barangkali Anda mempunyai tips tambahan untuk menakar porsi menu Anda, ayo silahkan share disini…

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...