Ini Dia Empat Bagian Kulkas Paling Jorok

KulkasSebelumnya saya pernah menulis tentang hati-hati menyimpan makanan di kulkas karena bisa beracun, sekarang saya ingin bagi-bagi info buat Anda yang belum sempat baca sumber infonya dari VivaNews, bisa juga baca disini.

Teman-teman, saya yakin Anda memiliki kebiasaan membersihkan kulkas secara teratur, ya nggak? Hal ini sangat penting karena membersihkan lemari berpendingin ini selalu digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman sehari-hari. Sebagai tempat menyimpan makanan dan minuman, kondisi kulkas harus selalu bersih dan bebas debu. Anda tentu tidak ingin bahan makanan yang disimpan itu terkontaminasi bakteri atau virus bukan? (Baca juga : Influenza Ditularkan Melalui Alat Rumah Tangga).

Ada beberapa bagian dari kulkas yang perlu menjadi perhatian khusus untuk dibersihkan secara teratur, karena bagian-bagian tersebut mudah sekali kotor dan tampak jorok. Silahkan bersihkan bagian-bagian tersebut agar bahan makanan yang tersimpan didalamnya tidak terkontaminasi bakteri.

1. Gagang pintu kulkas
Penelitian tim University of Virginia, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa dua sumber bakteri terbesar di rumah adalah remote kontrol dan gagang pintu kulkas (silahkan baca juga : Sumber Kuman Pegangan Pintu dan Remote TV). Untuk itu bersihkan bagian tersebut secara teratur.

2. Kumparan kondensor
Membiarkan debu menumpuk di kumparan kondensor kulkas (biasanya terletak di bawah atau di belakang lemari es) membuat alat tersebut membakar energi 20 persen lebih banyak dalam setahun, artinya membuat alat tersebut menyedot daya lebih besar dan semakin besar, sehingga Anda akan merasa listrik Anda sangat boros. Copot aliran listriknya dan bersihkan bagian tersebut. Bukan hanya membersihkan kulkas, tetapi Anda juga akan menghemat energi.

3. Rak dan Laci
Rak tempat menaruh telur, harus selalu Anda bersihkan. Telur yang Anda beli biasanya membawa bakteri atau virus yang kemudian mengontaminasi makanan atau minuman di dalam kulkas. Selain membersihkan raknya, bersihkan juga telur sebelum Anda menaruhnya di dalam kulkas. Begitu juga rak dan laci tempat menaruh bahan makanan yang lain perlu dibersihkan, karena terkadang Anda memasukkan bahan makanan beserta wadahnya yang mungkin sudah terkontaminasi. Jika sudah bersih, Anda dapat memasukkan bahan makanan dan menu yang sudah Anda ukur porsinya dengan tangan ke dalamnya. (Baca : Tips Praktis Menakar Porsi Menu dengan Tangan).

4. Karet pintu
Karet gagang kulkas adalah tempat yang mudah ditumbuhi jamur. Jika dibiarkan kotor, jamur bisa menyebar ke dalam kulkas saat dibuka. Jadi pastikan Anda selalu membersihkannya.

Nah, itulah empat bagian dari kulkas yang perlu mendapat perhatian lebih untuk dibersihkan secara teratur, jika Anda tidak ingin bahan makanan Anda terkontaminasi bakteri atau virus.

Anda punya ide tambahan? atau tidak setuju? silahkan tambahkan di kolom komentar.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

6 thoughts on “Ini Dia Empat Bagian Kulkas Paling Jorok

  • 7 October 2010 at 11:48
    Permalink

    Bener sekali, bagian belakang pada kondensor ini terutama yang jarang sekali saya bersihkan pada kulkas di rumah saya. Terima kasih tipsnya, Dok.

    Reply
    • 7 October 2010 at 12:36
      Permalink

      Sama-sama pak. Ayo bersih-bersih pak…sebelum semuanya terlambat…hehehe

      Reply
  • 10 October 2010 at 15:01
    Permalink

    barusan bersihin kulkas Pak 😉 gak jorok-jorok amatlah.. cuma freezernya terlalu beku

    Reply
    • 10 October 2010 at 19:33
      Permalink

      Wah, syukurlah…emang Anda rajin sih, jadi kulkasnya bersih terus. Selamat ya… 🙂

      Reply
    • 22 October 2010 at 09:59
      Permalink

      Mungkin bisa juga, tapi UV yang berlebihan juga bisa merusak jaringan yang sehat, sehingga tidak direkomendasikan oleh pembuat kulkas. Kan tentu pembuat barang elektronik juga sudah berkonsultasi dengan ahli kesehatan yang mereka miliki sebelum menerbitkan ciptaannya.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...