Upgrade WordPress 3.0 dan Mystique Bermasalah?

Saya mulakan dulu dengan ketawa dan malu sendiri. Bagaimana sikap Anda kalo menemukan Upgrade blog Anda tiba-tiba bermasalah? Sementara sudah diutak-atik tidak menemukan inti permasalahannya sama sekali. Inilah yang sempat terjadi pada saya dan blog saya tercinta ini beserta blog kesehatan saya yang satu lagi, yang kebetulan pakai theme dan platform yang sama. Padahal beberapa waktu yang lalu, masalahnya pernah lebih parah lagi, yaitu blank sama sekali alias tidak ada tulisan apapun dan pesan Error 403 Forbidden. Nah lho!

Teman-teman sudah tahu kan bahwa WordPress sudah meningkatkan performa-nya menjadi WordPress 3.0? Nah, siapa yang belum upgrade? Download aja disini atau upgrade otomatis dari dashboard. Tapi hati-hati, jangan sampai timbul masalah seperti berikut ini.

Ceritanya, seperti biasa saya adalah termasuk orang yang cukup responsif akan hal-hal baru dalam dunia internetan. Setiap ada sesuatu software yang update, segera saya upgrade. Kata orang sih, ikuti update setiap sofware atau program apapun di internet, karena biasanya setiap kali update, ada saja ditemukan celah bug atau celah keamanan yang lemah dan mudah ditembus oleh hack, virus, dan sebagainya.

Demikian pula dengan platform wordpress ini. Ketika muncul pemberitahuan bahwa telah dirilis wordpress 3.0, segera saya cari tahu apa saja keuntungan dan kelemahannya. Dari beberapa informasi sih, katanya “maknyus”. Coba pelajari sendiri deh di wordpress.org.

Setelah saya yakin semuanya sudah OK, segera saja saya klik upgrade otomatis pada dashboard admin. Saat itu tidak segera terlihat perubahannya pada halaman muka, karena memang tidak segera saya buka. Saya cuma berapresiasi, mantap sekali tampilannya (pada halaman admin). Jadi lebih lembut.

Selanjutnya, saya masuk ke Theme Editor, dimana saya coba kopi satu persatu modifikasi theme yang saya gunakan. Kebetulan saya menggunakan theme bernama Mystique, sementara ada pemberitahuan bahwa ada juga update theme Mystique ke versi lebih baru yaitu Mystique 2.4.2. Maka dari itu saya segera bersiap-siap untuk mengupgradenya juga.

Langsung saja saya gunakan upgrade otomatis lagi untuk perbarui theme. Lalu segera saya lihat tampilan blognya. Dan wussss….. Kaget saya setengah mati karena semua konten pada halaman index atau halaman depan tidak muncul kecuali judul, tag, tanggal, dan lainnya masih normal. Saya cek halaman My Profile, Konsultasi, Konsultasi Khusus, Download, Who’s Online, Gallery, Backlinks dan Shop Online. Sungguh di luar dugaan, karena semua isinya hilang tanpa ada bekas sama sekali. Padahal judul, tanggal, tag, komentar-komentar, dan lainnya muncul dengan normal. Saya cek lagi halaman postingan, ternyata yang ini tidak ada masalah.

Bingung banget, kenapa? Analisa saya, jika memang saya tidak membackup databasenya, dan databasenya raib, tentu judul, tanggal dan komentar pun tidak ada, padahal di halaman posting, semuanya muncul tak terkecuali secara normal.

Tahu apa yang saya lakukan? Saya coba reinstal WordPress 3.0 kembali. Cek ulang, tetep aja tidak ada perubahan. Cek script di dalam theme yang sudah dikembalikan script modifikasinya barangkali di halaman yang dimaksud script “the_content” hilang, ternyata masih nongkrong disana dengan manisnya.

Akhirnya setelah seluruh script diobrak abrik dan saya menyerah, saya tuangkan kegelisahan saya di status facebook, siapa tahu ada yang bisa bantu. Alhamdulillah setelah “nyambat” para pakar seperti mas Sandi, mas Arif, dokter Deddy, dan mbak Isnuansa, solusi pun akhirnya ditemukan.

  1. Menurut mas Sandi, masalah mungkin ada pada plugin yang tidak kompatibel dengan WP 3.0. Caranya, non aktifkan dulu semua plugin yang digunakan. Cek hasilnya, jika ada perubahan membaik, berarti memang biang keroknya ada pada plugin. Setelah itu, silahkan diaktifkan kembali satu persatu sambil mencoba hasilnya, jika pada saat plugin tersebut, muncul error, kemungkinan plugin itulah biang keroknya. Disarankan jangan dulu digunakan sampai ada pemberitahuan pembaruan plugin. Alhamdulillah saya sukses pada tahap ini. Dan akhirnya blog ini pun kembali berjaya. Gara-gara saya bermasalah ini, mas Sandi pun sampai baru mengujicoba mengupgrade blog miliknya, dan tidak ada masalah.
  2. Kalo mas Arif beda lagi, beliau menyarankan, “coba download wp 3, dok. trus extrak di lokal komputer. habis itu upload kembali menggunakan FTP. pertama coba dulu upload taxonomy.php ke dalam …/wp-includes/taxonomy.php. kalau langkah ini tidak menyelesaikan masalah, coba upload semua, amankan dulu wp-config.php nya. Kalau tetap gagal di downgrade saja.” (ini saya salin saja dari obrolan di wall facebook). Untunglah saya tidak sampai tahap ini. Kalo iya, pasti ribet banget kan? BTW, makasih atas pencerahannya mas.
  3. dr. Deddy berpendapat, tidak ada masalah saat blognya diupgrade. Artinya yang bermasalah ada di dalam blog saya, bukan WP 3.0-nya.
  4. Berikutnya, mbak Isnuansa malah bermain save, dia lebih nyaman mengupgrade sesuatu yang berhubungan dengan sistem blogging, sampai benar-benar yakin tidak ada yang komplain dari para blogger.

Nah, saya ambil kesimpulan dari kasus ini adalah, bagaimana yang mesti dipersiapkan pada saat ingin mengupgrade platform blogging, dalam hal ini wordpress, agar tidak timbul masalah fatal, diantaranya:

  • Jangan pernah lupa untuk membackup database sebelum diupgrade. Anda bisa menggunakan plugin backup database yang tersedia.
  • Lakukan upgrade secara bijaksana, maksudnya pelajari dulu keuntungan dan kelemahan dari proses upgrade dan program upgradenya bagaimana. Seperti halnya mbak Isnuansa, beliau meneliti dulu kabar dari para blogger berpengalaman.
  • Jika terjadi masalah setelah upgrade seperti kasus saya di atas, hal pertama yang dilakukan adalah curigai dulu plugin. Karena biasanya plugin adalah supporting dari pihak ketiga di luar WordPress, dan belum tentu script-nya ikut diupgrade juga alias belum kompatibel. Caranya adalah, deaktifasi semua plugin. Lakukan uji coba, jika kembali normal, Anda bisa kembali mengaktifkan plugin satu persatu hingga terbentur pada satu plugin penyebab masalah, maka sebaiknya plugin itu tidak usah dipergunakan dulu.
  • Jika setelah dinon-aktifkan masih bermasalah, kemungkinan besar ada pada instalasi wordpress-nya yang tidak sempurna. Kalo upgrade otomatis gagal, sebaiknya Anda menggunakan upgrade manual. Caranya bisa Anda lakukan sesuai saran mas Arif di atas.
  • Soal upgrade theme, kalo memang themenya sudah tidak kompatibel dengan WP terbaru, ganti saja dengan theme yang lain yang lebih bagus. Gitu aja kok repot…ya ga? Hehehe…

OK gitu aja ceritanya, semoga ada manfaatnya.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

7 thoughts on “Upgrade WordPress 3.0 dan Mystique Bermasalah?

  • 24 June 2010 at 14:25
    Permalink

    PERTAMAXXX PLUS YESSSS πŸ˜€
    lama nih gk komen di blog teman. maklum uadh lama gk jalan2 πŸ™‚ senang rasanya bisa membantu pak dokter πŸ™‚

    pada Kamis, 24 Juni 2010 15:03:37

    wah, iya nih mas. Makasih banget lho…nanti kalo ada masalah lagi, kutanya lagi ya mas πŸ™‚

    ::> Postingan terakhir tipis … Saatnya punya Credit CardMy Profile

    Reply
  • 1 July 2010 at 15:59
    Permalink

    pak saya mau tanya nih tema mystique ini loadnya cepat apa lambat ya kata temen sih load nya sedikit lambat menurut bapak gimana???mohon pencerahannya pak

    pada Minggu, 4 Juli 2010 06:34:39

    Wah, kalo menurut saya sih, Mystique itu udah SEO friendly, jadi biasanya loadingnya bisa lebih cepat, bergantung contentnya. Kalo terlalu banyak gambar bisa jadi berat juga. Jadi mungkin mesti lebih bijak saat pengaturan tampilan blog. Kata masternya sih begitu, saya cuma ngutip…hehehe

    Reply
    • 28 December 2010 at 10:46
      Permalink

      Coba antum cek lagi option-nya, mungkin belum dicentang disana.

      Reply
      • 28 December 2010 at 17:30
        Permalink

        udah ana centang tapi masih blom bisa…kira2 knp ea ??
        btw artikel terkait yang ada di thema itu berdasarkan katgori atau apa ??
        btw agan pke plugin apa, kok komen ana masuk email ana ??
        ::> Postingan terakhir bahasa arab … Bahasa IslamMy Profile

        Reply
        • 28 December 2010 at 19:27
          Permalink

          Waduh, kalo gitu, ane kurang faham deh. Sekarang juga ane udah ga pake theme itu karena dirasa terlalu rame. Kalo ga salah sih artikel terkait disana berdasarkan keyword atau title. Ane pake plugin WP Comment Auto Responder buat membalas komentar biar langsung masuk ke email.

          Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...