Nyamuk Lebih Suka Menggigit Perempuan?

nyamuk menggigitNyamuk bisa menemukan seseorang yang lebih enak untuk digigit dibandingkan orang lain, kabar yang beredar adalah nyamuk lebih suka menggigit perempuan. Benar ga kabar tersebut? Atau percayakah Anda?

Rumor tersebut berawal dari gagasan, mengapa nyamuk lebih suka menggigit kaum perempuan karena perempuan memiliki rasa yang lebih manis, apalagi yang digigit adalah perempuan yang cantik. Mmm… Hal ini diyakini akibat hormon estrogen yang dimiliki oleh perempuan merupakan daya tarik yang kuat. Tapi tahukah Anda, ada fakta lain yang lebih masuk akal terungkap disini, mengapa nyamuk lebih suka menggigit perempuan?

Seperti dikutip dari New York Times hari ini, ternyata pemikiran orang selama ini bahwa jenis kelamin berpengaruh pada lokasi hinggap dan gigitan nyamuk pada manusia tidaklah benar.

Berdasarkan salah satu laporan dari Annals of Internal Medicine menunjukkan bahwa laki-laki memang lebih mungkin diserang karena memiliki ukuran tubuh yang lebih besar. Tapi efek yang sama juga terlihat pada perempuan. Ketika para ilmuwan membandingkan antara ibu hamil dengan perempuan yang tidak hamil, didapatkan nyamuk lebih tertarik dua kali lipat terhadap perempuan hamil.

Dikatakan bahwa kecenderungan nyamuk lebih tertarik pada orang yang memiliki ukuran tubuh lebih besar kemungkinan karena orang-orang ini relatif memiliki suhu tubuh lebih panas atau mengeluarkan karbon dioksida lebih banyak.

Penelitian mencatat bahwa perempuan hamil mengembuskan karbon dioksida lebih banyak dan suhu tubuh lebih tinggi, sehingga lebih mudah bagi nyamuk untuk mendeteksi. Hasil ini dilaporkan dalam study Lancet tahun 2000.

Bahkan Dr Clifford W Basset dari Allergy and Asthma Care of New York mengatakan bahwa selain karbon dioksida, asam laktat juga termasuk daya tarik yang kuat bagi nyamuk. Itu sebabnya orang akan lebih mudah untuk diserang nyamuk ketika berada di luar ruangan dan berkeringat. Kalau kasusnya begini, bisa jadi orang-orang yang mengalami obesitas pun menjadi media yang sangat disenangi nyamuk.

Dr Basset menambahkan hewan nyamuk bisa merasakan suatu bahan kimia yang ada di kulit hingga jarak 30 meter tapi tidak tergantung pada jenis kelamin orang tersebut. Karena faktor yang mempengaruhi seberapa sering nyamuk menggigit seseorang adalah ukuran tubuh, suhu tubuh serta banyaknya karbon dioksida yang dikeluarkan.

Nah, apakah Anda termasuk orang yang disenangi sama nyamuk?

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

4 thoughts on “Nyamuk Lebih Suka Menggigit Perempuan?

  • 18 June 2010 at 23:19
    Permalink

    Kalau lebih suka menggigit perempuan berarti ya cowok nyamuknya. Lol.
    Tapi kalau lebih suka menggigit orang yang bertubuh besar, sepertinya ini yang lebih masuk akal karena orang yang badanya besar pasti lebih mudah gigitannya

    pada Sabtu, 19 Juni 2010 22:34:42

    orang yang badannya besar, wilayah gigitannya juga banyak ya pak, apalagi kalo cewe yang badannya besar…wooo nyamuk makin ganas tuh…hehehe

    ::> Postingan terakhir Joko … Saran Saya: “Berhentilah Ngeblog!”My Profile

    Reply
  • 1 July 2010 at 09:16
    Permalink

    wah mau langganan artikel nih dok daftar dulu lah…

    pada Sabtu, 3 Juli 2010 14:24:01

    Silahkan pak, terima kasih banget udah mau daftar. Mohon masukan dan saran ya pak 😉

    Reply
  • 3 July 2010 at 00:52
    Permalink

    Ya ampuuun, Dok.. Dari zaman bahula sampe zaman edan, sebelum Helda gemuk gini, nyamuk pada seneng banget sama Helda. Adek Helda yg cewek jg ajah yg lebih gemuk, kaga dideketin tuh amah nyamuk (nakal). Xixixixi..

    pada Minggu, 4 Juli 2010 06:38:42

    Wah, kalo ini anomali dong mbak, nyamuknya lebih doyan sama yang langsing, mungkin nyamuk cowok kali mbak, lebih doyan ma cewek cakep dan langsing? Hehehe

    ::> Postingan terakhir Remaja Helda … Mama Meninggal-My Profile

    Reply
  • 5 August 2010 at 18:47
    Permalink

    apa benar kalau kita kebanyakan makan-makanan yang pahit tidak akan digigit nyamuk?
    ex. makan daun pepaya.
    thanks atas jawabannya.

    pada Kamis, 12 Agustus 2010 15:44:31

    Sebenarnya ga begitu ngaruh ya, karena nyamuk kan tidak tahu kalo kita udah makan apa sebelumnya. Cuma saja nyamuk kurang begitu suka jika aroma badan kita wangi. Kira-kira begitu.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...