Citra PNS Menurut Anda

Lamaaaaaa banget saya ga melakukan posting artikel baru, apapun bentuknya. Mungkin 2 minggu lebih. Pasalnya 2 minggu kemarin saya baru menyelesaikan Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan CPNS di lingkungan Kementerian Kesehatan RI, bertempat di Gedung Pusdiklat PPSDM Kesehatan, Hang Jebat Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Walaupun begitu sempat juga sih nulis artikel bertemakan tentang Kematian Dini akibat Kurang Tidur, tapi setelah itu, bener-bener tidur lama dari dunia posting. Tahu ga imbasnya apa? Ya, Alexa kedua blog saya benar-benar drop menuju titik nadir kebuntuan saya…hahaha… tapi tidak apalah, toh itu tidak terlalu berpengaruh terhadap kunjungan teman-teman ke blog kesayangan saya ini kan? (Narsis dikit gapapa lah…hehehe)

OK, tapi kali ini bukan itu yang ingin saya bahas. Terlintas beberapa materi yang sempat disajikan pada waktu Diklat kemarin, yaitu mengenai apa dan bagaimana citra PNS menurut pandangan umum. Memang waktu itu kami semua mengajukan beberapa opsi, bahwa menurut pandangan umum, PNS itu begini dan begitu. Tapi rasanya tidak fair, karena semua yang ada disana sudah berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, artinya mereka sudah masuk ke dalam lingkungan PNS itu sendiri.

Mengapa saya coba lontarkan lembali ini di komunitas publik, karena banyak pandangan publik yang kami dengar, walaupun mungkin selentingan, banyak sekali yang bernada negatif. Sehingga sudah selayaknya para kaum muda yang memutuskan bergabung sebagai aparat pemerintah ini melakukan evaluasi diri, bermawas diri dan berhati-hati agar tidak kembali melakukan kesalahan yang sama. Jangan pernah lagi ikut mencoreng noda di dahi Korps Pegawai Republik Indonesia, cukuplah para senior yang melakukan kesalahan, itupun tetap perlu diperbaiki, agar tidak bertumpuk baju kotor yang perlu dicuci oleh generasi muda.

Nah, untuk menjawab perbaikan citra ini, tentu diperlukan penilaian yang sifatnya terbuka, konstruktif, dan semangat kebersamaan yang datangnya dari luar lingkungan PNS. Dalam hal ini, karena saya punya komunitas unik disini, maka diharapkan teman-teman sudi menorehkan komentarnya yang berisi kritik, penilaian, evaluasi, dan saran yang membangun bagi citra PNS di masa mendatang. Intinya, apa dan bagaimana citra PNS menurut Anda deh… Mohon dijawab ya!!!

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

3 thoughts on “Citra PNS Menurut Anda

  • 1 June 2010 at 17:51
    Permalink

    Ketika PNS itu bercitra “negatif”, kenapa antrian untuk menjadi PNS sangat panjang dan bahkan akhir-akhir ini lebih panjang lagi? Tidak dapat dipungkiri, yang menyebabkan citra “negatif” tersebut adalah sebagian PNS (perlu dipertanyakan, bagaimana cara ybs menjadi PNS…?), dan pasti ini masuk ke kelompok kecil tetapi berdampak besar, lalu kemudian disebut oknum, lalu dibiarkan…(rewards dan funishment, masih langka dan selalu tak berimbang). Kalau mau memutus matarantai “borok” dalam citra PNS? Batas generasinya sudah kabur: generasi lama dan baru sudah bukan hitam dan putih, melainkan abu-abu. Kemudian PNS itu di institusi yang mana? Lalu, materi uji dalam seleksinya…mengungkap kompetensi, mengungkap mentalitas yang amanah, atau sekedar pengetahuan umum yang mudah diakses soal-soalnya dengan persiapan menghapal kunci jawaban. Tak kalah pentingnya, adakah materi yang mengungkap secara objektif motivasi seseorang yang ingin menjadi PNS? Mengapa uji kepatutan hanya untuk jabatan tertentu saja? Jadi kalau mau berbicara citra “positif” PNS harus mulai dari sekarang atau tidak samasekali, mulai dengan sistem rekruitmen yang dapat menghasilkan CPNS kualifaid…(Aduh Mas, cukup sekian dulu…maaf apabila komentarnya tidak relevan…)

    pada Rabu, 2 Juni 2010 08:38:28

    Wah, trims berat atas sharingnya pak. Berguna sekali untuk perbaikan internal.

    Reply
  • 9 July 2014 at 20:07
    Permalink

    (Srimuliani Handoyokusumo; LULUS PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

    Reply
    • 10 July 2014 at 09:10
      Permalink

      Apakah ini maksudnya menawarkan calo PNS? wah rupanya ada calo PNS di BKN ya?

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...