Protein Babi Dalam Filter Rokok ? Masih Berani Merokok ?

babi Protein Babi Dalam Filter Rokok ? Masih Berani Merokok ?Di awal April ini, banyak peristiwa yang terjadi di negara kita. Ada tawuran antar pelajar, ada Gayus Tambunan yang akhirnya ditangkap di Singapur, dan sebagainya. Tapi yang paling penting adalah, sampai dimana status kesehatan Anda hingga saat ini.

Balik lagi soal komitmen untuk mengkampanyekan anti merokok, baru saja saya baca berita tentang ditemukannya fakta terbaru tentang rokok, yaitu ternyata filter rokok mengandung hemoglobin atau protein darah babi! Benarkah ?

Fakta itu terungkap dari hasil riset peneliti dari Eindhoven, Belanda, Christien Meinderstma, bersama Profesor Kesehatan Masyarakat dari University Of Sidney, Simon Chapman. Dalam riset yang diterbitkan sebuah portal berita dari Australia itu disebutkan, filter rokok dimaksudkan untuk menangkap bahan kimia berbahaya. Padahal seperti yang sudah kita ketahui, jelas di dalam rokok sudah tertimbun banyak sekali bahan kima beracun dan berbahaya bagi tubuh, banyak sekali dampak negatif yang bisa ditimbulkan dari rokok, baik perokok aktif itu sendiri, maupun perokok pasif.

Menurut kedua peneliti, riset itu merupakan bagian dari rahasia bisnis dan dagang. Namun, terlepas dari urusan bisnis dan perdagangan, tetap saja semua bagian rokok mengandung unsur berbahaya sekaligus unsur yang diharamkan oleh semua agama, terutama Islam. Nah, kalo nyata-nyata memang benar, masihkah Anda berani merokok ?

Semoga saja MUI segera mengetahui dan menindaklanjuti kabar mengejutkan ini. Jika saja riset ini benar, didukung oleh penegasan riset oleh Badan POM, bisa saja rumor yang sempat bergulir tentang pengharaman rokok oleh Muhammadiyah beberapa waktu yang lalu, benar-benar bisa dilegitimasi oleh MUI. Tak peduli dengan masih banyaknya orang yang begitu “lapar” dengan rokok di luar sana.

Bagaimana menurut Anda, akankah hasil riset ini berpengaruh pada pola pikir masyarakat kita, terutama yang senang merokok ? Ayo kita diskusikan disini.

6 Responses

  1. Gina says:

    Bagus nih berita disebar luaskan…..hmmm dok, sy mau tempel di mading klinik ahhh…..biar byk yang berhenti merokok:)
    .-= ::> Read Gina´s last blog … Pidato Anak Umur 12 Tahun Bikin Forum PBB Terdiam =-.

    pada Minggu, 4 April 2010 22:30:09

    Wah, siap-siap nunggu royalty aja nih…hehehe…

  2. Deddy Andaka says:

    Pendekatan seperti ini nih yang saya suka :) Kadang pengetahuan tentang bahaya merokok sudah ada. Sikap sih setuju2 aja klo merokok itu berbahaya. Namun perilakunya yang ga bisa ditahan. Hehe…
    .-= ::> Read Deddy Andaka´s last blog … Mantan Blogger =-.

    pada Minggu, 4 April 2010 22:38:14

    Betul dok, padahal menurut teori Bloom, faktor perilaku ini memberi pengaruh paling besar setelah lingkungan. Semoga para perokok menjadi sadar setelah membaca artikel ini. Gak jadi “mantan blogger” kan dok? hehehe…

  3. Puskel says:

    Setiap promosi kesehatan telah gencar menghimbau larangan merokok, namun iklan rokokpun tidak kalah gesitnya. Situasinya serba dilematis antar kepentingan kesehatan ataukah ekonomi. Semoga dengan temuan ilmiah ini, bisa semakin menyadarkan perilaku untuk berhenti merokok secara bertahap.

    pada Selasa, 6 April 2010 08:45:07

    Betul sekali pak, intinya adalah dibutuhkan kesadaran dari perilakunya sendiri, bila perilakunya sudah sadar, mungkin dengan sendirinya industri rokok pun bisa ditekan. Tapi promkes tentang larangan merokok harus tetap dilanjutkan ya pak, ya tentu untuk terus menanamkan bibit2 kesadaran itu. Perlu bersabar sedikit… :)

  4. rumus rubik says:

    untungnya aku udah Berhenti merokok!!
    btw, kira2 rokok yang ada di indonesia pakai darah babi enggak!! tuh kan adanya di luar negeri!!
    .-= ::> Read rumus rubik´s last blog … Rubik’s Cube Solve =-.

    pada Jum’at, 9 April 2010 23:07:02

    Alhamdulillah, pertahankan ya pak, jangan tergoda lagi untuk merokok. Terlepas dari di Indonesia rokoknya pakai darah babi atau tidak, yang jelas bahaya rokok sudah sangat jelas…Mari jauhi!!!
    Trims udah mampir pak :)

  5. bingo uk says:

    Very interesting blog, but you must improve your template graphics.

    pada Kamis, 29 April 2010 00:10:27

    Thanks for your advice. Do you have any ideas for my template? Please contact me by email. I appreciate if you care much more.

  6. binti hajar says:

    makasi infonya dok,mudah2an bs membantu suami sy berhenti merokok..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Back to Top
Berlangganan Gratis
Fanpage Konsul Gratis
Follow Twitter
Follow Twitter
Down
ANDA MUNGKIN PERLU BACA INI !!!close