Kopi Bisa Tingkatkan Kesuburan dan Libido?

kopi dan kesuburanAda-ada saja memang penelitian para ilmuwan, sampai hal yang tampaknya sepele dan nyaris diabaikan oleh orang awam (karena sudah dianggap biasa saja), bisa menghasilkan sebuah hasil riset yang bisa mengubah pandangan orang tentang sesuatu yang tadinya dianggap sepele itu.

Saat ini telah diumumkan hasil riset di Amerika bahwa mengonsumsi kopi secara rutin bisa meningkatkan kesuburan dan libido pada pria dan wanita. Tentu saja hal ini merupakan kabar gembira bagi para penikmat kopi.

Meski demikian, hingga kini belum ada penelitian yang tegas terkait kopi. Penelitian-penelitian yang ada belum mampu membuktikan adanya hubungan kopi dengan tingkat kesuburan. Bahkan, banyak juga penelitian yang justru membantah hal tersebut dan menyatakan bahwa kopi atau zat kafein yang terkandung di dalamnya dapat mengakibatkan penurunan kesuburan. Selain itu, kita sudah mafhum juga bahwa dengan mengonsumsi kopi berlebihan dapat menimbulkan berbagai resiko penyakit, seperti yang pernah saya bahas di baik buruknya minum kopi.

Kepala Klinik Yasmin Kencana RSCM dr. Andon Hestiantoro, SpOG (K) membenarkan hal ini. “Memang ada tulisan-tulisan yang sangat tegas yang mengatakan kopi meningkatkan kesuburan ataupun mengakibatkan penurunan kesuburan. Tetapi penelitian-penelitian yang ada saat ini, belum ada yang sangat sahih,” papar dr. Andon.

Meski demikian, dia menghimbau agar pasangan suami istri di masa subur, mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang wajar. Dibandingkan dengan kopi, menurutnya, merokok telah terbukti mampu menurunkan tingkat kesuburan dan menyebabkan kehamilan. “Tetapi yang jelas rokok jauh lebih berat dibandingkan kopi,” tandasnya.

Nah, bagaimana pendapat Anda jika benar kopi dapat meningkatkan kesuburan dan libido ?

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

3 thoughts on “Kopi Bisa Tingkatkan Kesuburan dan Libido?

  • 26 April 2010 at 20:12
    Permalink

    Wah kalau riset itu memang benar, saya juga mau minum kopi. Tapi untuk saat ini Saya tidak minum kopi karena bila minum perut langsung sakit melilit, apalagi belum makan, kata dokter sih saya punya penyakit maag.
    .-= ::> Read jerawat´s last blog … Cara Mengeluarkan Komedo =-.

    pada Senin, 26 April 2010 20:32:44

    Memang masih perlu banyak riset lagi untuk itu. Trus emang kopi itu pantangan buat sakit maag…

    Reply
  • 29 April 2010 at 12:13
    Permalink

    gimana kalo kopi instan pak dokter?

    saia gag doyan kalo kopi original 😛

    pada Kamis, 29 April 2010 18:43:47

    Ga masalah pak… 🙂 yang penting nikmat…

    Reply
  • 28 November 2011 at 07:39
    Permalink

    Bila kopinya organik saya rasa bisa, apa lag bila kopi yng diminum hasil meracik sendiri. Coba minum kopi Wamena Papua, di jamin mak Yos.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...