PDUI Siap Adakan IGP Exco 2010 (Perdana)

Rekan-rekan sejawat dokter umum sekarang tampaknya bisa merasa berbangga dan lebih semangat lagi dalam menjalankan profesinya di masyarakat Indonesia. Pasalnya, setelah Muktamar IDI yang berlangsung mulai 18–22 November yang lalu di Hotel The Aryaduta, Palembang, berhasil mengukuhkan lahirnya sebuah perhimpunan bagi dokter umum se-Indonesia, dan diberi nama Perhimpunan Dokter Umum Indonesia dan disingkat menjadi PDUI. Lalu apa yang melatarbelakangi terbentuknya PDUI dan bagaimana rencana krjanya untuk para dokter umum ?

PDUI yang dibentuk dalam kerangka presidium dari pusat hingga wilayah, memiliki peran utama untuk menaungi dan memfasilitasi kepentingan Dokter Umum. PDUI dibentuk sebagai jawaban atas kebutuhan akan fasilitasi keperluan pengembangan profesi, perjuangan kesejahteraan, membangun kolegalitas dan keberpihakan terhadap isu-isu terkini terkait dokter umum. Termasuk di dalamnya adalah, perumusan konsep kegiatan atau cara dokter umum untuk mencapai pra-syarat Standar Kompetensi Dokter yang ditetapkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia, khususnya dokter umum. Silahkan download Standar Kompetensi Dokter disini.

Saya ingat ketika masih kuliah, waktu itu saya berpikir bahwa semua kolegium dan perhimpunan dokter spesialis nyaris lengkap. Namun saya selalu bertanya-tanya, kapan dokter umum ini bisa mempunyai wadah sendiri. Wadah perhimpunan yang bisa menampung aspirasi dokter umum dan segala macam kebutuhan profesi dokter umum, sebagai salah satu profesi kesehatan yang selalu berdiri di garda terdepan permasalahan kesehatan (pelayanan kesehatan primer). Setelah dibentuknya PDUI ini diharapkan bisa menjadi alat bantu bagi komunikasi dan informasi kesejawatan dokter umum. Lampiran Susunan Kepengurusannya bisa didownload disini.

Seperti yang sudah dikatakan bahwa PDUI merupakan wadah dan lembaga yang memfasilitasi dokter umum, maka seyogyanya partisipasi aktif dari seluruh dokter umum untuk bergabung dalam satu wadah menjadi suatu hal yang mutlak. Apalah fungsinya suatu wadah jika tidak ada diisi dan diberdayakan. Oleh karena itu, saya mewakili rekan-rekan pengurus yang lain mengajak rekan-rekan sejawat dokter umum untuk bergabung bersama dalam Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) untuk mewujudkan visi Dokter Umum yang Profesional, Bermartabat dan Sejahtera. Untuk bergabung silahkan kunjungi websitenya di http://www.pdui.org, melalui menu Keanggotaan kemudian isi seluruh kolom yang ada (jangan dikosongkan walaupun hanya sekedar tanda strip). Sedangkan informasi secara realtime bisa di pantau melalui Group Facebook PDUI. Jangan ketinggalan informasi lagi, segera bergabung dan ikuti informasi terkini melalui Group PDUI.

IGP Exco 2010

IGP Exco 2010 adalah Indonesian General Practioners Exhibition and Conference Tahun 2010. Suatu perhelatan kegiatan ilmiah yang digelar oleh Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) sebagai upaya memfasilitasi rekan-rekan sejawat Dokter Umum untuk mendapatkan penyegaran ilmu kedokteran terkini, perolehan SKP untuk proses re-Registrasi STR, membuka wawasan pengembangan ilmu dan media kesejawatan.

PDUI akan menggelar 1st IGP-Exco 2010, pada 12-14 Maret 2010 di JCC Jakarta. Dalam arena Indonesia General Practitioners bertema : Peran Dokter Umum di Masa Datang akan diisi dengan Wahana, Plenary Seminar, Simposium, Pameran dan berbagai kursus singkat lain. Fasilitas yang bisa didapatkan oleh rekan-rekan sejawat selain refreshing keilmuan, tentunya adalah silaturahmi antar sejawat dan akreditasi IDI hingga 25 SKP. Menarik bukan ?

Wahana adalah model baru dalam penyelenggaraan pelatihan dengan menyediakan semua media dalam satu rangkaian, meliputi : penyegaran teoritis, praktek pemeriksaan dengan alat/tanpa alat, clinical mentoring, tatalaksana terkini dan informasi terkait lain. Semuanya dalam satu kali putaran. Diharapkan rekan-rekan sejawat akan mendapatkan comprehensiveness dalam mendapatkan penyegaran keilmuan.

Topik-topiknya beserta deskripsi singkat materi akan diinformasikan segera kepada rekan-rekan sejawat sekalian pada informasi IGP-Exco 2010 berikutnya baik melalui website PDUI maupun realtime melalui Group di Facebook. Jadi, jangan sampai ketinggalan lagi, segera bergabung ya.

Untuk contact person dan pendaftaran kegiatan IGP Exco 2010 ini, silahkan hubungi nomor 0217985908, atau sdri Tissa 085711168758. Atau bisa daftar secara kolektif melalui saya di email dr [dot] nasseer [at] gmail [dot][com].

Rekan-rekan udah pada daftar belum ?

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

One thought on “PDUI Siap Adakan IGP Exco 2010 (Perdana)

  • 11 March 2010 at 12:45
    Permalink

    Saya dr palembang tp blm daftar…
    bs daftr skr g?

    pada Kamis, 11 Maret 2010 16:50:23

    bisa banget pak, silahkan akses ke http://www.pdui.org, klik keanggotaan, trus isi kolom-kolomnya dan jangan sampai ada yang terlewat satu pun, walaupun hanya sekedar tanda strip (-). OK, selamat bergabung dengan perhimpunan pak

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...