Hati-hati Broken Links

broken link reportMenjelajah dari satu blog ke blog lain memang menyenangkan, selain bisa menambah wawasan dan pengetahuan, juga bisa memperpanjang tali silaturahim. Ibarat tali, jika ingin selalu berhubungan, tentu tali itu perlu selalu dicek persambungannya, masih kuat ataukah sudah terputus. Begitu pun di dunia maya, link-link yang saling terhubung dan kuat membuktikan bahwa sifat pertemanan dan komunikasi antar sesama interneter, baik blogger maupun non-blogger, sangat kuat. Bahkan link yang saling terhubung kuat tanpa adanya broken links, kabarnya bisa meningkatkan citra dan nama baik website tersebut di mata mesin pencari atau search engine, terutama mbah Google. Hadiahnya sudah barang tentu diberikan kenaikan peringkat, dan tidak ketinggalan Tante Alexa pun menghadiahi pengempisan angka ranking untuk website tersebut. Mau PR dan Alexa meningkat kan? Oleh karena itu, Anda perlu hati-hati jika ada broken links.

Omong-omong soal broken links, saat saya blogwalking ke blognya mas Lukito, disitu diungkapkan bagaimana mengecek link yang rusak atau patah atau putus (istilah kerennya : broken links). Bahwa pengecekan link dengan menggunakan linkchecker dari submit express, bisa menemukan berbagai link yang rusak dari halaman-halaman blog kita. Tapi sekedar kritik, jika alamat URL yang kita masukkan adalah halaman depan atau homepage blog kita, link yang diperiksa hanya dari halaman statis homepage saja. Tentu cara ini menjadi kurang praktis, apalagi jika sudah banyak halaman atau postingan kita di blog tersebut. Perlu satu persatu dong mengeceknya. Apa ga ribet ? Gimana menurut Anda ?

Nah, kemarin saya ingat, bahwa ada satu plugin bagus yang bisa mengecek broken links blog kita (khusus untuk platform wordpress), namanya Broken Link Checker. Begitu saya pasang di blog ini, trus diklik Tool Broken Links melalui halaman admin, dari ribuan link yang terdata, 20% diantaranya dinyatakan broken links. Disitu dituliskan, link yang rusak tidak hanya external link atau outbound link atau link ke luar blog, tapi internal link juga ada. Bahkan hebatnya bisa mendeteksi kehilangan image (kebetulan saya tidak menyimpan image di server sendiri demi penghematan bandwidth dan space, tapi menyimpannya di Imageshack atau dari halaman website yang saya kutip). Tanda yang diberikan pada link atau image yang missing itu adalah berupa kalimat yang dicoret atau image yang tidak muncul. Makanya dalam 2 hari kemarin, di sela-sela kesibukan kerja dan mengurus istri dan anak yang lagi sakit, saya sempatkan memperbaiki dan mencari letak-letak kesalahan dan kerusakan link-link tersebut.

hati-hati broken link

Enaknya dengan plugin ini, Anda bisa membatalkan hubungan dengan link terkait (klik Unlink), mengedit posting yang ada broken linknya, mengedit link lalu me-save-nya kembali, dan sebagainya. Bagusnya sih dicoba aja, ga ada ruginya kan kalo kita rutin mengecek ada tidaknya broken link ? Apalagi kalo pengen meningkat PR dan Alexanya, bener kan? Kalo pengen coba langsung, silahkan download pluginnya disini.

Update 24 Februari 2010: Anda juga bisa langsung menghapus semua broken links yang ditemukan dengan plugin Broken Links Remover. Pluginnya bisa didownload disini.

Bagaimana dengan blog Anda ? Ada berapa broken links yang Anda temukan ? Saya yakin Anda lebih ahli dalam hal ini, jika ada cara mengecek keberadaan broken link yang lebih baik daripada plugin di atas, dimohon partisipasi Anda untuk sharing disini.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

12 thoughts on “Hati-hati Broken Links

  • 23 February 2010 at 18:56
    Permalink

    info berharga makaci pak dok

    pada Rabu, 24 Feb 2010 09:14:19

    Siiip…sama-sama…

    Reply
  • 23 February 2010 at 19:07
    Permalink

    apa kabar pak dokter
    wowowo mantab tipsnya
    makaci ya
    .-= ::> Read shalimow┬┤s last blog … Uang Hasil Dari Bisnis Online di Indolawcenter =-.

    pada Rabu, 24 Feb 2010 09:16:09

    Alhamdulillah kabar baik, tapi lagi agak sedikit flu nih…
    Gimana kabarnya nih mas? makin maju aja nih bisnisnya…hehehe

    Reply
  • 23 February 2010 at 22:45
    Permalink

    kok nggak ada isinya downloadnya pak???

    pada Rabu, 24 Feb 2010 09:17:09

    O iya mas, agak error download managernya, tapi sekarang udah diperbaiki kok. Silahkan didownload kembali.

    Reply
  • 24 February 2010 at 10:59
    Permalink

    saya pernah pake broken link pak ….
    tp plugin ini bagusnya hanya untuk pengecekan saja …
    jadi suka install-uninstall …. krn mungkin bagi saya plugin ini memakan source memory yang cukup besar ­čÖé
    .-= ::> Read afwan auliyar┬┤s last blog … Google Buzz, untuk wordpress =-.

    pada Rabu, 24 Feb 2010 13:00:56

    Oh, gitu ya mas? saya kira memang tugasnya kan broken link checker seperti namanya. kalo sampe makan source besar, wah, ga tau tuh. soalnya kemarin pas saya cek, tidak ada peningkatan berarti dalam system, atau saya yang ‘oon ya…hi hi hi

    Reply
  • 24 February 2010 at 11:43
    Permalink

    jangan sampai broke gan!!!

    pada Rabu, 24 Feb 2010 13:01:29

    SIAP gan…hehehe

    Reply
  • 24 February 2010 at 14:23
    Permalink

    broken link itu maksudnya link-nya ga ada kalo di klik? seperti akibat salah ketik?

    pada Rabu, 24 Feb 2010 15:22:13

    betul sekali pak, bisa karena salah ketik, atau domain expired, atau linknya dihapus. Pokoknya link itu kalo dicari ga ketemu pak, di tong sampah sekalipun…hehehe

    Reply
  • 26 February 2010 at 19:04
    Permalink

    gak pernah ngecek broken link, dok…pasrah aja deh mbah google mo kasih apa juga saya terima ­čÖé

    pada Jum’at, 26 Feb 2010 22:24:03

    Ga masalah bro, yang penting keep writing. Kalo dipikirin malah stres, ya ga? hehehe…

    Reply
  • 4 March 2010 at 11:16
    Permalink

    bagus juga pluginnya, tapi saya takut nambah berat nih, kapan2 aja deh saya install
    .-= ::> Read imadewira┬┤s last blog … Terima Kasih Tuhan =-.

    pada Kamis, 4 Maret 2010 17:06:26

    pengalaman saya sih ga berat kok bli, coba aja, lumayan efektif buat jaga-jaga…

    Reply
  • 10 March 2010 at 16:41
    Permalink

    Kalau saya pakai LinkTiger karena kebetulan blognya pakai engine blogspot, untuk mengecek Broken Link. Caranya dengan memasang script HTML LinkTiger di sidebar blog dan secara berkala LinkTiger akan menginformasikan ada atau tidak broken link di blog kita lewat email.

    Hem, tapi pluginnya boleh juga dicoba buat blog saya yang lain, yang pakai engine WP
    .-= ::> Read joko┬┤s last blog … Mudahnya daftar Paypal tapi makin sulit daftar di eBay =-.

    pada Rabu, 10 Maret 2010 17:50:06

    Tapi LinkTiger kalo pengen semua link dicek harus bayar ya mas?

    Reply
  • 4 April 2010 at 20:05
    Permalink

    selamat malem dok, terima kasih atas sharingnya, pengen coba juga ah … salam kenal dari jogja

    pada Minggu, 4 April 2010 22:45:12

    Sama-sama pak…salam kenal kembali, terima kasih sudah mampir. Smeoga bermanfaat

    Reply
  • 21 May 2010 at 10:15
    Permalink

    Saya juga dapat masalah dengan broken link pak. Saya cek di webmastertools ternyata cukup banyak. Semua berawal dari pegantian struktur permalink saya. Saya pernah ganti permalink ke /%postname%/.html. Tp ternyata ini tidak jalan di blog sya. dua hari link blog saya menggunakan struktur ini tidak bisa diakses sehingga trafik anjlok. Akhirnya saya hilangkan ‘,html’ nya. Dan semua lancar. Tapi ternyata link yang pake html itu sdah diindex google, jadi banyak ‘not found 404’. termasuk kategori juga begitu. Tapi semua masih diarahkan ke sitemap blog saya. Ada saran pak dokter?
    .-= ::> Read andika┬┤s last blog … National Intelligence Director Dennis Blair to Resign =-.

    pada Sabtu, 22 Mei 2010 22:54:55

    Wah, awalnya blog ini juga punya permalink dengan struktur tanpa .html, tapi setelah posting sampe 100an, saya coba rubah ke .html, awalnya emang kacau, tapi setelah saya ubah .htaccess-nya (lupa lagi gimana cara ngubahnya), trus tetep aktif posting supaya keindeks lagi sama google, akhirnya aman deh sampe sekarang.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...