Cara Ingin Cepat Punya Anak

Posting bagian 6 dari 12 bagian dalam seri Kehamilan dan Problematikanya

ingin cepat punya anakBeberapa hari belakangan, saya sering mendapat pasien baik melalui konsultasi online maupun di tempat praktek saya, yang mengonsultasikan tentang keinginannya untuk segera punya anak. Mereka meminta saran bagaimana agar bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berhubungan suami istri dan bagaimana pula asupan makanan yang harus dipenuhi.

Sebenarnya terus terang saya ini dokter umum yang pengetahuannya tentu masih harus banyak belajar lagi dari para guru-guru dan spesialis. Tapi saya coba untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang hal ini, tentang bagaimana cara cepat untuk bisa punya anak, tentu terlepas apakah nantinya anak laki-laki ataukah perempuan, itu perlu kajian lebih spesifik 🙂

Kesulitan untuk mendapatkan momongan dalam waktu segera setelah menikah memang banyak dialami oleh sekitar 15% pasangan suami istri, dan ini bisa menjadi masalah tersendiri dalam kehidupan berumahtangga. Sementara penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa dari pihak wanita maupun pria, bahkan seringkali tidak dapat ditentukan penyebabnya.

Secara umum, saya bisa mengajukan saran berikut ini untuk pasangan yang memiliki keinginan untuk cepat punya anak, yang intinya adalah bagaimana cara meningkatkan faktor kesuburan suami dan istri.

Cara ini saya sebut dengan 3P (3 Pola) :

1. Pola Hidup, yaitu memperbaiki pola hidup yang dapat mempengaruhi kesuburan kedua pasangan suami-istri. Seperti :

2. Pola Makan. Sebenarnya tidak ada yang spesifik untuk jenis makanannya. Namun, beberapa saran umum ini bisa dilakukan, seperti :

  • Kurangi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh. Karena jenis makanan ini bisa membuat peningkatan kadar radikal bebas dalam tubuh dan kadar kolesterol darah meningkat. Contoh sederhana; makanan yang digoreng dengan minyak goreng yang sudah dipakai berulang-ulang.
  • Kurangi makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Ini bisa mengundang penyakit diabetes untuk hinggap di tubuh Anda.
  • Meningkatkan konsumsi sayuran lebih banyak dari pada konsumsi daging.
  • Meningkatkan konsumsi serat baik dari sayuran maupun buah-buahan.

3. Pola Pikir. Pola ini berhubungan dengan asupan nutrisi non fisik ke hati dan otak Anda, agar Anda tetap dapat berpikir secara jernih dan selalu bisa mengontrol Pola Hidup dan Pola Makan Anda diatas. Cara yang bisa dilakukan antara lain:

  • Selalu berkonsultasi secara tatap muka dan berdiskusi secara intensif dengan seorang dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang memang ahli mengenai kesuburan. Jika perlu untuk asupan gizi, boleh juga berkonsultasi dengan ahli gizi.
  • Selalu saling mengkomunikasikan keinginan dan harapan antara suami dan istri, serta saling mendukung apapun upaya yang dilakukan kedua pasangan. Hal ini dilakukan sebagai wujud bahwa Anda berdua siap untuk memiliki anak.
  • Mulai membaca-baca buku tentang cara merawat bayi, dan persiapan-persiapan ala kadarnya dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan mengenai kebutuhan anak.
  • Ini yang paling penting, mendekatkan diri kepada Allah SWT. (atau Tuhan Anda) dengan bermunajat, memohon ampun, serta mengajukan pengharapan dan doa yang tulus. Karena bagaimana pun usaha yang telah kita lakukan, tidak akan berhasil tanpa campur tangan dari Tuhan Yang Maha Menguasai Kehidupan.

Itu dulu saran dan tips dari saya mengenai cara ingin cepat punya anak, saya nantikan komentar Anda. Nantikan tips dan informasi berikutnya dari blog ini. Semoga bermanfaat.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!
Series Navigation<< Menghitung Masa Subur dengan Ovulation Calculator5 Tanda Wanita Sedang Dalam Masa Subur >>

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

104 thoughts on “Cara Ingin Cepat Punya Anak

  • 10 February 2010 at 18:34
    Permalink

    Mungkin tambahan pola lagi 1 dok. Pola (periode) menstruasi agar dicatat biar lebih mudah memprediksi masa suburnya 🙂

    pada Kamis, 11 Feb 2010 09:55:10

    Mmm…boleh juga tuh dok, tapi bisa juga masuk ke bagian Pola Hidup dan Pola Pikir.

    Reply
  • 11 February 2010 at 00:39
    Permalink

    sep dok ….
    tokcer neh, buat sy sbg pngtahuan krn blom menikah 🙂

    pada Kamis, 11 Feb 2010 10:13:30

    Nyiapin bekel dulu ya mas? hehehe

    Reply
  • 2 May 2010 at 12:34
    Permalink

    saya sdh menikah 7 th,istri saya sempat hamil dua kali tapi keguguran dan kemudian hamil lg smpai usia kandungan normal 9 bulan sepuluh hari dan melahirkan tp karena terlambat keluar akhirnya anak saya meninggal namun sempat hidup sekitar 3-4 jam saja

    pada Senin, 03 Mei 2010 22:44:42

    Wah, saya turut berduka atas musibah bapak tersebut, semoga Tuhan/Allah menggantikan dengan yang lebih baik dan sempurna. Amien.

    Reply
  • 28 June 2010 at 10:53
    Permalink

    saya bernikah hampir 2tahun,lum punyai anak lagi,,saya perlukan hikmat nasihat utk cepat dpat baby,,,tolong bntu sy sis,,plsss,,,

    Reply
  • 11 July 2010 at 21:43
    Permalink

    Saya Menikah sudah 6 tahun, sampai saat ini saya belum memiliki momongan, mohon doa restunya dari semua pembaca, mudah – mudahan informasi diatas dapat memudahkan saya memiliki momongan, terima kasih

    pada Senin, 12 Juli 2010 15:31:31

    Insya Allah pak, semoga Allah memberikan kemudahan dan kesabaran untuk bapak dan istri. Amien.

    Reply
  • 18 October 2010 at 13:45
    Permalink

    pa gmn cara menghtung masa subur sedangkan menstruasi saya ga teratur….sy dan suami pingin bangt cepat dpt momongan

    Reply
  • 30 October 2010 at 11:43
    Permalink

    Saya sudah nikah 3 thun lamanya.., tapi sampi saya sekarang belum dikaruniai momongan…, hidup kami jadi terasa sepi tanpa jeritan dan tangisan bayi/anak..,
    kami mohon hal2 yang bisa menunjang dan membantu (baek nutrisi, vitamin, gaya sex yg benar, dsb..) untuk segera punya anak dikrim ke email kami..,
    teims
    salam dari kami berdua

    Reply
    • 1 November 2010 at 09:02
      Permalink

      Salam juga dari saya, semoga Anda diberikan kesabaran ya, karena anak memang sekedar titipan yang diberikan Allah/Tuhan kepada kita, tidak bisa dipaksa2 apalagi dikeluhkan. Jika pun kita berusaha, saya lebih menyarankan 80% memperdalam pendekatan secara rohani. Secara lahiriahnya mungkin Anda bisa memperhatikan masa subur, nutrisi Anda berdua. Kalo gaya tidak terlalu berpengaruh, yang penting sel sperma ketemu dengan sel telur sudah pasti akan jadi. Untuk masa subur, Anda bisa baca di Cara Mengetahui dan Menentukan masa subur.
      Saya doakan agar Anda segera diberikan momongan ya… 🙂

      Reply
  • 29 November 2010 at 18:57
    Permalink

    apa dengan cara2 seperti itu bisa memudah kan mempunyai ank,
    saya uudah 2thn menikah tapi belum mempunyai keturunan ,saya takut mandul
    sebagai seorng istri q merasa sedih belum bisa mengasi keturunan,,,,

    Reply
    • 30 November 2010 at 14:54
      Permalink

      Sudahkah Anda periksakan kandungan Anda ke dokter spesialis kandungan? Jangan lupa periksakan juga pasangan Anda, karena bisa jadi faktor kemandulan itu juga karena pasangannya. Jadi jangan buru-buru menyalahkan diri sendiri, tetapi kedua pasangan perlu saling introspeksi. Belum dikaruniai anak juga kan bisa jadi karena memang belum dipercaya oleh Tuhan mungkin, atau rezekinya belum tiba, atau usahanya seperti pada artikel di atas belum maksimal, atau juga doanya kurang yakin. Setidaknya cara-cara di atas merupakan salah satu usaha saja, karena Tuhanlah yang memberikan karunia anak pada kita, bukan pada caranya bagaimana. Setuju? 🙂

      Reply
  • 21 December 2010 at 09:33
    Permalink

    Trimakasih tipsnya……

    Reply
  • 10 January 2011 at 17:10
    Permalink

    sy ibu rumahtangga pernikahan umur 2th..sgala usaha tlah d coba,tp blm dpt keturunan.udh dpriksa k dokter kandungan hasilnya baik, td nya sempet KB pake pil..apakah penyebabnya itu dok? mohon dblz k email kami segera. trimakasih

    salam:
    suami n istri
    ::> Postingan terakhir munaw … Kaleidoskop Blogging 2010 dan Target 2011My Profile

    Reply
    • 11 January 2011 at 15:44
      Permalink

      Bisa saja penyebabnya pil KB tersebut, cuma sudah berapa lama Anda menggunakan pil KB itu? jika sudah lama berhenti, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter kandungan Anda, apakah masih ada pengaruh hormon dari pil KB tersebut, jika nihil, mungkin memang harus berusaha sambil lebih banyak berpasrah/berdoa kepada Allah Sang Pemilik Jiwa. Semoga Allah menunjukkan cara yang terbaik untuk Anda berdua.

      Reply
  • 22 January 2011 at 21:06
    Permalink

    saya dah 10 tahun belum punya momongan usia saya skarang 32 th dan istri 29, sy ingin sgra puya momongan ! mhon saran yg paling tepat dok,

    Reply
    • 23 January 2011 at 14:59
      Permalink

      Bagaimana dengan saran saya dalam artikel di atas? apakah sudah dicoba?

      Reply
  • 26 January 2011 at 14:03
    Permalink

    dok..saya sudah nikah 1.5 tahun..tp blom mempunyai momongan…sempat terlambat haid tp hasilnya negatif…blom pernah KB…tapi kalo haid perit saya sakit bget apakah itu berpengaruh juga ke kandungan dok…trims

    Reply
    • 27 January 2011 at 11:51
      Permalink

      Ada satu lagi yang kurang; bagaimana frekuensi berhubungan Anda? dan bagaimana juga pola hidup Anda? apakah sudah mendukung untuk dipersiapkan memiliki momongan?
      Haid terlambat bisa saja karena kelelahan atau stres, atau gangguan hormonal, bila ini terjadi sangat dimungkinkan perut terasa sakit.

      Reply
      • 4 March 2011 at 12:36
        Permalink

        dok,,suami saya ingin skli mempunyai ktrunan atau anak…kami sering mlkukan hbngan intim,sbnr’a itu bgus atau tdak???
        dan apa bener kalau haid sakit itu susah memiliki momongan???

        Reply
  • 4 February 2011 at 14:33
    Permalink

    dok saya dan suami ingin punya anak ke 2.kebetulan saya ikut KB mandiri dengan pilKB setelah 3bulan saya g minum tp kok tak kunjung ada janin dalam rahim saya

    Reply
    • 4 February 2011 at 16:07
      Permalink

      Mungkin memang belum saatnya bu. KB hormonal bisa saja mengendap dan tersisa dalam darah beberapa bulan setelah berhenti mengonsumsi/menggunakan. Saran saya, teruslah berusaha dan jangan putus asa. Jika menstruasi ibu sudah kembali normal siklusnya sehingga bisa diketahui masa suburnya, kualitas sperma juga dalam kondisi prima, dan frekuensi serta cara berhubungan juga teratur dan baik, serta yang paling penting dibantu oleh kehendak Yang Maha Kuasa, insya Allah tidak akan lama lagi anak ke-2 hadir. Amien.

      Reply
  • 21 February 2011 at 14:42
    Permalink

    Dok saya sudah menikah selama 11 bulan tapi sampai saat ini belum di karuniai seorang anak, yang ingin saya tanyakan apakah orang yang akan hamil setiap berhubungan sperma akan masuk semua???
    karena yang saya alami setiap berhubungan sperma itu keluar lagi, gimana solusinya dok agar saya bisa cepat mendapatkan baby?

    Reply
    • 23 February 2011 at 09:10
      Permalink

      Sekali sperma yang dikeluarkan mengandung sel spermatozoa lebih dari 2 juta sel yang akan berlomba-lomba berenang-renang mencari sel telur. Kemungkinan ada yang gagal masuk jelas besar, karena selain sel ada cairannya juga. Untuk mendapatkan kehamilan, tidak harus sperma masuk semua, hanya satu sel spermatozoa yang akan berhasil menembus/membuahi sel telur. Ada beberapa trik sebenarnya agar sperma tidak banyak yang tumpah dari vagina, diantaranya posisi berhubungan man on top dan ada bantal yang diselipkan di bawah pantat istri agar posisi pantat lebih tinggi dari perut.
      Semoga segera mendapatkan baby ya…

      Reply
  • 25 February 2011 at 15:42
    Permalink

    Dok…enam bulan lalu say melahirkan SC karena bayi meninggal didalam (39minggu)…sy sdh menikah 8th,dan 1x abortus komplit…kapan saya bs hamil lg dok? untuk informasi menstruasi sy tdk teratur, 2x hamil tanpa tahu kpn terakhir Mensnya. Saya ingin sekali punya anak Dok mengingat usia sdh 33th suami 36th

    Reply
    • 2 March 2011 at 12:09
      Permalink

      Saya mau tanya, apakah sudah pernah memeriksakan diri (dalam keadaan tidak hamil) secara lengkap terkait hormon reproduksi dan kemungkinan adanya infeksi yang berhubungan dengan organ reproduksi? Jika belum, saya sarankan segera lakukan pemeriksaan TORCH dan hormon-hormon reproduksi lainnya. Saya khawatir kasus ini berhubungan dengan adanya infeksi TORCH dalam diri Anda. Jangan lupa periksakan pula kualitas sperma suami Anda agar sama-sama tahu apa yang terjadi dalam tubuh Anda berdua. Semoga bermanfaat.

      Reply
  • 9 March 2011 at 14:32
    Permalink

    Dok..sy mau tanya, bulan februari kmrn sy menstruasi tgl.11 februari sdgkn untuk bln maret perhitungan sy tgl.4 karena tgl.menstruasi maju tp smpai tgl.9 maret ini lum dpt menstruasi jg sedangkan sy tes ttp msh negatif, yang ingin sy tanyakan harus brapa lama waktu untuk tes kembali untuk mengetahui positif atau tidaknya? sedangkan sy merasakan perbedaan d’tubuh sy seperti mual,payudara sakit,d’bawah perut kadang terasa kencang, apakah itu tanda2 kehamilan atau bukan????????

    Reply
    • 12 March 2011 at 21:49
      Permalink

      Jika Anda tes kehamilan dengan menggunakan testpack, biasanya baru didapatkan hasil positif setelah lebih dari 2 minggu. Silahkan diulangi lagi ya…

      Reply
  • 12 March 2011 at 12:09
    Permalink

    saya sudah menikah 8 tahun, 1 tahun kemudian buah hati lahir! kami tidak ikut program KB dan stlh umur 2 tahun kami ingin punya anak, tp sampai sekarang belum tercapai harapan itu! Padahal waktu konsultasi dokter semua sehat! faktor apa ya kira-kira dok? trim sarannya

    Reply
    • 12 March 2011 at 21:43
      Permalink

      Jika Anda sudah memenuhi semua saran di artikel di atas yang merupakan faktor ikhtiar/berusaha, maka faktor utama yang lain adalah faktor kekuasaan Sang Pencipta. Mungkin Allah belum akan memberikan anak kedua Anda tahun ini, mungkin nanti. Pasti dibalik itu semua ada hikmahnya. Faktor keikhlasan bersyukur juga memainkan peranan penting lho pak, karena anak adalah rizki, maka jika kita pandai mensyukurinya, mungkin Allah segera menambahkan lagi rizkinya. Insya Allah.
      Semoga bermanfaat pak. Terima kasih sudah mampir.

      Reply
  • 15 March 2011 at 12:04
    Permalink

    dok seperti cerita sy yg di atas, kmrn tgl.11 sore sy pipis mengeluarkan darah tp setelah itu berenti smp mlm kmudian mengeluarkan darah kental trz smp bsknya msh mengeluarkan drh tp sdikit2&smp saat ini sy msh ngeflek..pa ini drh menstruasi/yg lain dok? tp ini beda dgn menstruasi sy yg biasanya..stiap hr aq krj bw motor,ketika sy konsultasi k’dktr sy d’suruh tespack ja, bsknya sy tespack tp msh negative..pa kemungkinan sy msh bs tes kembali smbil menunggu 2 minggu lg???????????

    Reply
  • 30 March 2011 at 08:30
    Permalink

    dok, tolong saya,,
    saya sudah menikah selama 7 bulan lamanya belum dikaruniai anak,,
    berbagai cara sudah saya coba, tetapi belum berhasil… bagaimana dok supaya cepat hamil? apa keputihan itu berbahaya ya dok? keputihan saya berwarna putih susu tidak gatal dan berbau.. apakah keputihan itu membuat saya susah hamil ya dok?
    trimakasih dan mohon bantuannya.

    Reply
    • 3 April 2011 at 06:10
      Permalink

      Sebenarnya pasangan suami istri normal yang disebut infertil atau kurang subur itu setelah satu tahun pernikahan dengan frekuensi senggama yang teratur, jadi Anda masih tetap harus bersabar. Lakukan saja sesuai tips-tips yang saya tulis di web ini, mudah-mudahan terwujud segera.
      Tentang keputihan, belum tentu berbahaya, bergantung pada penyebabnya. Sebaiknya periksakan dulu ke dokter untuk diketahui penyebabnya.
      Semoga bermanfaat.

      Reply
  • 23 April 2011 at 09:00
    Permalink

    Insya Alloh saya akan coba, terima kasih

    Reply
  • 12 May 2011 at 19:24
    Permalink

    ass> dok saya sudah menikah selama satu tahun lebih tapi sampai saat ini kami belum di percaya untuk punya momongan padahal kami sangat berharap cepat punya momongan untuk mengisi hari2 kami . saya dan suami pun pernah di pertiksa ke dokter kandungan dan minta obat penyubur tapi belum kelihatan hasil sampai sekarang , itu saja dok tolong segera di jawab terimakasih

    Reply
    • 13 May 2011 at 07:45
      Permalink

      Jika Anda percaya pada Allah yang dapat menciptakan dan memberikan momongan untuk Anda, maka tunggu dan berpasrah saja pada-Nya. Selain itu, usaha lahir harus tetap dilakukan, salah satunya silahkan baca artikel : Anda bisa hamil, jika….
      Semoga bermanfaat.

      Reply
  • 26 May 2011 at 14:06
    Permalink

    ass.dok saya menikah masih blm lama sih,,msh 7 bln.tapi blm d karuniai anak,,dulu prnh keguguran.apa mgkn itu bs jg mnjdi pnyebab saya blm d karuniai anak..??
    bagaimana caranya agar saya segera d karuniai anak dok,suami saya pgn cpt pnya momongan,krn mrsa kspian.
    trz jg pas dtg bln prut saya skt bgt,,knp y dok..??
    smntra itu sj dlu,tlg segera d jwb y dok.trima kasih

    Reply
  • 8 June 2011 at 12:25
    Permalink

    Tipsnya bagus sekali dr. Nasir… Semoga bermanfaat buat yang ingin punya momongan…

    Sebagai tambahan, bagi yang ingin punya momongan dengan bantuan krim herbal, silakan kunjungi http://sehatdanharmonis.wordpress.com/
    Ada krim yang bisa membantu memudahkan pasutri yang ingin punya momongan hanya dengan dioles saja . Sudah banyak yang membuktikan, bahkan yang pernah keguguran berkali-kali, pernah kena kista, kanker, juga yg indung telurnya tidak normal. Semoga bermanfaat….
    Terima kasih untuk dr. Nasir pemilik web ini 😀

    Salam,
    Tika
    ::> Postingan terakhir Tika … BAHAYA RADIASI HPMy Profile

    Reply
  • 10 June 2011 at 11:19
    Permalink

    as,,dok saya sudah menikah 4 bulan,tapi belum juga mempunyai momongan sedangkan mertua saya sudah membicarakan cucu trus sehingga membuat saya tertekan,,,,tolong ya dok,

    Reply
  • 13 June 2011 at 15:29
    Permalink

    as…dok saya minta sarannya,saya habis quret bln oktober it dalam kehamilan 2bln.nah sekarang saya pengen cepat hamil lagi.tapi setelah quret saya sudah minum vitamin buat kesuburan kandungan.tapi sampai saat ini,bulan ini juga saya belum juga hamil.sebaiknya gimana cara yang terbaik y dok???…..tolong sarannya ya dok

    Reply
  • 6 July 2011 at 16:06
    Permalink

    asskum dok…
    saya sudah menikah 4 bulan,tpi sampai saat ini saya belum hamil…
    bulan kemarin saya telat 1 minggu,saya test trnyata negatif n gak lama kemudian sya mens…
    tolong sarannya dok,cz klwrga sya pngen sya pnya anak…
    trimakasih sblumnya…

    Reply
    • 6 July 2011 at 23:31
      Permalink

      Yang sabar bu, saya hanya bisa menyarankan kepada Anda untuk lebih bersabar dan tetap berusaha sebaik-baiknya disertai berdoa bersama suami. Terkadang ada keluarga yang cepat sekali dikaruniai anak ada juga yang terlambat. Usia pernikahan Anda baru saja 4 bulan, untuk itu masih banyak kesempatan untuk memperbaiki pola hubungan suami-istri menjadi lebih baik. Keinginan punya anak juga jangan sampai karena adanya paksaan dari pihak lain, niatkan dengan tulus ikhlas bahwa Anda berdua memang menginginkan anak sehingga pada saat berhubungan intim sebagai sarana “membuat” anak akan lebih khidmat dan dinikmati oleh Anda berdua. Pola pikir yang disertai dengan pola/gaya hidup yang baik sangat mempengaruhi stabilitas hormon baik pada Anda maupun suami, hal yang pertama agar punya anak adalah menjaga stabilitas itu. Baru akan dikatakan infertil atau kurang subur jika sudah satu tahun pernikahan dengan hubungan intim teratur, namun belum ada tanda-tanda kehamilan yang pasti.
      Jadi, tetaplah berusaha dan berdoa, OK?! Yakinlah Allah selalu memberikan yang terbaik di saat yang terbaik… Wallahu a’lam

      Reply
  • 25 July 2011 at 12:58
    Permalink

    ass,dok pernikahan saya sudah berjalan hampir 2 thn.awal menikah saya ikut KB suntik yg 1 bulan sekali selama 1 thn,kemudian diganti dengan pil KB selama 2 bln krna saya berencana ingin punya momongan,saat ini sudah 6 bulan dari lepas KB saya belum hamil,mhon saran dokter.apa ini karna saya memakai KB suntik awalnya,sehingga menyulitkan saya tuk mempunyai momongan?terima kasih

    Reply
  • 27 August 2011 at 10:36
    Permalink

    ass…..
    dok saya menikah sudah hampir 1tahun tapi belum hamil padahal saya tidak ikut KB apa-apa ,padahal saya dah suami pengen banget punya momongan.mahon sarannya ia dok…..
    terima kasih

    Reply
  • 4 September 2011 at 22:28
    Permalink

    ass….
    mlm dok..saya and suami pengen sekali pnya anak..tapi saya liat setiap kali berhubungan sperma suami g kok gak bisa masuk malahan keluar semua. apakah itu masalah saya ya?

    Reply
    • 5 September 2011 at 10:37
      Permalink

      Mungkin masalahnya ada pada posisi berhubungan. Coba dulu posisi misionari dimana istri dibawah dengan pantat agak dinaikkan (bisa diganjal dengan bantal).

      Reply
      • 27 September 2011 at 16:19
        Permalink

        setelah berhubungan supaya cepat hamil pantat agak dinaikan berapa lama dok?

        Reply
  • 6 September 2011 at 11:09
    Permalink

    ass…..
    dok saya menikah sudah 15 bulan tapi sampai saat ini saya belum juga hamil, ada yang menyarankan saya harus minum jus kecambah dan itu sudah saya lakukan, saya juga tidak ikut KB, saya & suami ingin sekali cepat punya anak. mohon sarannya ya dok..
    terima kasih.

    Reply
  • 6 September 2011 at 21:45
    Permalink

    aq seorng ibu anak 1,anak qu usia ny kini 4thn,sy ingin punya anak lg tp koq ssh bgt ny,sy udh hmpir 10bln lps KB tp ga da tanda2 hamil,,,,

    Reply
  • 7 September 2011 at 13:31
    Permalink

    ass….
    Slamat Siang Dokg ..Kami sdh punya anak wanita (umur 8th) dan skrg saya pengen sekali pnya anak..tapi saya liat setiap kali berhubungan sperma suami g kok gak bisa masuk malahan keluar semua (cair) apakah itu masalah saya ya? dan dimana bisa saya Konsultasi atau periksa Trima Kasih Dok

    Reply
  • 12 September 2011 at 11:15
    Permalink

    pagi dok. sya ingin skali cepat pya ank,setiap berhubungan knp perih ya dok, bgm cara menentukan spy cpt pny anak, apa minum obat, atau posisi saat bersenggama atau apa dok, mksh

    Reply
  • 17 September 2011 at 05:42
    Permalink

    Shalom dok… Saya mau tanya, sebelumnya saya menunda momongan selama 7 bulan. Setelah itu saya serius ingin membuat anak. Selama satu bulan saya mulai membuat anak. Namun ternyata saya menstruasi. Apa yang harus saya lakukan? Padahal 1 bulan saya fokus membuat anak. Makasih. Tuhan memberkati

    Reply
    • 19 September 2011 at 10:37
      Permalink

      Mungkin pada satu bulan tersebut spermanya belum tepat bertemu dengan sel telur, silakan mencoba lagi di bulan berikutnya.

      Reply
  • 29 September 2011 at 17:08
    Permalink

    sore ….dok!
    Dok ,sya pernah mengalami keguguran,tp dulu tdk dkuret cm d UGS dokter’y blng n udah bersih,trs dsranin KB dlu slma 2 bln tp,sya g…krna pngn cpt hamil lagi.
    Tp,smpai skrang sya blm hamil2 pdhl kta udh berusaha.

    Reply
    • 1 October 2011 at 08:02
      Permalink

      Sebenarnya saran dokter untuk ber-KB dulu adalah untuk mengistirahatkan rahim yang sempat trauma karena keguguran. Namun jika Anda lebih menginginkan untuk tidak ber-KB, sebaiknya Anda memperbanyak mengonsumsi makanan bergizi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan reproduksi, dan mengubah pola perilaku sehat agar terhindar lagi dari keguguran. Tetap berusaha dan bersabar.

      Reply
  • 4 October 2011 at 15:15
    Permalink

    dok…vitamin apa ya agar bisa cepat hamil ??? sya sudah 1 tahun lum dikaruniai anak…menurut dokter tempat saya konsultasi kita berdua baik-baik aja…

    Reply
    • 5 October 2011 at 08:14
      Permalink

      Jika yang Anda maksud vitamin, coba Vitamin E setiap hari 1 kapsul. Sangat berguna sebagai antioksidan dan memperbaiki sel telur dan rahim. Namun sebaiknya, jangan hanya Anda yang minum, suami Anda juga harus ikut minum, untuk memperbaiki fungsi spermanya. Semoga bermanfaat.

      Reply
  • 5 October 2011 at 20:46
    Permalink

    Ass. Met mlm Dok. Kami sudah bertahun-tahun menikah, tapi blum jga di karuniai momongan, berbagai usaha telah kami lakukan, cek ke segala tempat sudah dilakukan, tapi blum jg membuahkan hasil. sekarang kami harus kyak mana dok ?

    Reply
  • 6 October 2011 at 14:20
    Permalink

    bagaimana cara mudah dan gampang dan tidak banyak cara nya ?

    Reply
  • 31 October 2011 at 14:11
    Permalink

    dok….
    saya dah 3 tahun menikah tapi juga belum punya anak,dan saya juga agak malas-malasan melayani suami saya,bagai mana solusinya….

    Reply
    • 1 November 2011 at 12:47
      Permalink

      Faktor psikis seperti melayani suami dengan baik adalah salah satu faktor kuat yang mempengaruhi terbentuknya janin. Karena biasanya tanpa pelayanan yang baik, maka komunikasi antara suami-istri tidak bisa terjalin dengan baik pula. Maka saran saya, perbaiki dulu jalinan komunikasi Anda dengan suami.

      Reply
  • 12 November 2011 at 17:14
    Permalink

    sore dok saya mau tanya, selama satu bulan istri saya mengkonsumsi vitamin E dan obat bio atp. dan sampai sekarang istri saya sudah telat sekitar 10 hari. saya tes pakai tespek hasilnya negatif, jadi bagaimana itu dok.
    atas jawabannya saya ucapkan banyak terima kasih.

    Reply
  • 12 November 2011 at 17:23
    Permalink

    sore dok. saya mau tanya, selama satu bulan ini istri saya mengkonsumsi vitamin E dan obat bio atp dan istri saya sudah telat 10 hari sampai sekarang. tapi setelah sya tes pakai tespek hasilnya negatif.bagaimana itu dok. atas jawabannya saya ucapkan banyak terima kasih

    Reply
  • 30 November 2011 at 12:05
    Permalink

    izin copas artikelnya pak dokter untuk kepentingan bisnis suami istri yang ada di seluruh indonesia

    Reply
  • 11 December 2011 at 10:18
    Permalink

    Pagi dok …
    Sya jo,
    Sya mau tanya kenpa ya sya belum punya anak ..
    Sya nikah sudah hampir 2thn …
    Trims

    Reply
  • 21 December 2011 at 17:25
    Permalink

    ea dok,,ak sebenarnya ingin banget punya ank,dlu ak sempat hamil tp keguguran dn ak gx tau kenpa bsa keguguran mungkin karna faktor pikiran..dan ak skrng tau bagaimana caranya,insyaAllah ak kan turuti saran dri dokter,trimssss

    Reply
  • 3 January 2012 at 19:54
    Permalink

    hiii dok….
    saya udah hampir 1th blum pya anak, terkadang istri saya ga M dalam 1 bulan. kok bisa gt dok.
    bls trims

    Reply
  • 6 January 2012 at 15:26
    Permalink

    Salam kenal semua,
    saya punya artikel pembanding dalam rangka ingin punya momongan. Silahkan berkunjung ke:
    http://genghiskhun.com

    trims

    Reply
  • 15 January 2012 at 07:22
    Permalink

    ass…dok,saya dah nikah slm 3th,mengalami keguguran dah 2x d curet,alsan keguguran karena saya positip Rubella igg&cmv igg nya.dok apa ini perlu pengobatan terlebih dahulu?skrang sy lg program punya anak dah 2th kosong blm ada tanda2 khamilan.menstruasi lancar tiap bulan namun kadang tanggal nya maju ato mundur.tp bulan kemarin bulan desember g menstruasi.sekarang bulan januari menstruasi tanggal 15 januri 2012.masa subur nya kira2 kapan ya dok…mksih atas jawaban nya d tunggu ya…

    Reply
    • 15 January 2012 at 13:50
      Permalink

      Saran saya; segera hubungi dokter ahli kandungan Anda untuk dilakukan pengobatan terhadap infeksi Rubella dan Citomegallo Virus, karena selama virus ini masih aktif maka kehamilan Anda akan sulit dipertahankan. Mengenai masa subur, coba Anda hitung dengan siklus terpendek dan terpanjang selama setahun ya. Semoga membantu.

      Reply
  • 17 January 2012 at 15:05
    Permalink

    ass,dok utk pnya momongan,dlm berhubungn dg istri pa hrs lama?minimal brp menit.mks.wasalam

    Reply
    • 17 January 2012 at 23:28
      Permalink

      Tidak ada referensi batas waktu minimal berhubungan suami istri agar punya momongan, yang penting jika sperma sudah diyakinkan bisa masuk ke dalam rahim sebanyak apapun (walau sedikit), peluang untuk terjadi kehamilan sudah ada. Walaupun hanya semenit, kalau ada sperma yang tumpah dekat dengan liang senggama (vagina) istri dan memungkinkan ada yang masuk setetes saja, peluangnya sudah bisa dihitung. Tinggal memastikan faktor pendukung lainnya apakah bisa meningkatkan peluang kehamilan atau tidak. Silakan baca artikel serialnya atau yang berhubungan dengan ini. Terima kasih

      Reply
  • 23 January 2012 at 21:36
    Permalink

    Ass.mat dok,says mau konsiltasi dok.saya udah berobat kedokter ahli kandungan blm juga Ganda punya momongan dok.cara pengen saran dn apa yg harus dilakukan dok.thank

    Reply
    • 25 January 2012 at 10:43
      Permalink

      Silakan Anda telusuri dulu tips-tips saya seputar kehamilan ya. Jika ada hambatan terkait masalah fisik, silakan Anda hubungi dokter ahli kandungan terdekat. Yang harus ditekankan adalah bahwa kehamilan adalah anugrah, sehingga tidak bisa dipaksakan ataupun ditahan.

      Reply
  • 26 January 2012 at 14:21
    Permalink

    ass,dok mau tnya mslh kejiwaan apkah bs mereferensikan sy hrs tnya ke mana ato dokter sendiri jg bs membantu,mks wasalam

    Reply
    • 29 January 2012 at 02:18
      Permalink

      Silakan Anda tulis dulu masalah Anda di rubrik konsultasi atau konsultasi khusus, atau Anda bisa langsung mengunjungi Psikiater atau Psikolog. Terima kasih.

      Reply
    • 29 January 2012 at 02:16
      Permalink

      Yang jelas bila ingin mempunyai anak, Anda harus memastikan agar sperma bisa bertemu dengan sel telur (proses pembuahan). Salah satunya adalah melakukan konsepsi atau berhubungan suami istri. tidak mungkin ada kehamilan hanya dengan saling menelepon apalagi hanya berkirim pesan melalui SMS.

      Reply
  • 2 February 2012 at 08:14
    Permalink

    ass,mat pg dokter saya sudah 2 tahun lebih blm lagi dikaruniai anak lg dok tp sebelm itu saya sudah pernah hamil tapi meninggal didalam kandungan dok,jadi saya minta saran dari dokter bagaimana untuk mendapatkan anak lg dok…………

    Reply
  • 5 February 2012 at 12:43
    Permalink

    ass ,,,,,,,,,dmet ziankkk dokter saya sudah 8thn blm dikaruniai anak jadi saya minta saran dari dokter

    Reply
  • 10 March 2012 at 10:50
    Permalink

    saya senang membaca artikel anda.saya ingin bertanya,saya sudah 1 tahun menikah tp belum punya anak,berbagai cara sudah dilakukan mulai dr dokter sampai alternatif. dokter bilang rahim saya smua sehat dan ukurannya pun normal kalau di tempat alternatif katanya telur rahimnya belum bersar jd masih agak lama.dan saya punya maslah keputihan..saya ingin saran anda agar saya bisa cepat hamil.
    terima kasih

    Reply
    • 15 April 2012 at 17:39
      Permalink

      dok saya suda menikah selama 3 tahun tapi saya belum punya anak yang ingin saya tanyakan setiap kali saya berhubungan seks dengan suami saya merasa kesakitan dan setelah selesai berhubungan air mani keluar dari vagina saya apa penyebab semua itu dan apakah itu yang membuat saya tidak bisa hamil dok? tolong penjelasannya trimakasih.

      Reply
  • 12 April 2012 at 12:21
    Permalink

    dok saya sudah satu tahun nikah dan sudah melakukan HSG hasilnya :
    melalui Cervix Adapter dimasukkan cairan kedalam Canalis Cervicalis. Cavum uteri ukurannya normaldengan pinggiran yang rata dan tidak tampak filling deftects. Tuba Fallopii kiri dan kanan kalibernya masih normal dan tampak peritoneal spill kiri dan kanan.Conci.Patency dari kedua tuba fallopii.
    saya juga telah menanyakan kepada alternatif katanya rahim saya agak keras dan memang saat berhubungan rahim saya kadang kadang terasa sakit.
    yang saya tanyakan bagaimanakah keadaan rahim saya dok??
    apakah rahim saya sehat dan normal dok???
    mohon bantuannya ya dok….

    Reply
    • 14 April 2012 at 09:43
      Permalink

      Apakah kondisi rahimnya juga sudah diperiksa dengan USG? Jika berharap momongan, kondisi saluran falopiinya cukup baik.

      Reply
  • 15 April 2012 at 14:52
    Permalink

    Apa kabar Dok? saya juga sudah 1 1/2 tahun belum punya anak, sempat bulan maret 2011 sudah 2 bulan, tapi mau menginjak 3 bulan keguguran, kata dokter BO. samapi sekarang belum isi juga. sudah 1/2 tahun ini keputihannya seperti tepung basah. Dimohon balasannya Dok. saya tunggu. Terima kasih.

    Reply
  • 5 July 2012 at 15:17
    Permalink

    sore dok,saya inging punya anak tapi sampai sekarang tdk ada hasilnya,sudah 11 bulan perkawinan kami.

    Reply
  • 9 July 2012 at 22:02
    Permalink

    mlm Dok..
    saya sudah menikah 1 thn 7 bln,,ingin sekali mempunyai keturunan,,
    setelah menikah 5 bln saya hamil,,tp setelah usia kehamilan 2 bulan,saya kgu2ran,tp tidak di kuret,karena keluar dgn sendiriny,,setahun kemudian saya konsultasi dgn dokter kandungn,setelah 6hr selesai haid,beliau memeriksa rahim saya dgn USG dan dinyatakan normal,kemudian beliau memberikan obat penyubur (clovertile) 6 tablet+vitamin,,3hr kemudian diperiksa lg,alhmdulillah sel telurny besar2 dan harus d pecahkan,,kemudian dokter memberi obat pemecah sel telur,tp br 2 kali minum (1/4 tablet x 1 hr),krasa mual+sesak,dan saya coba berhentikn minum obat itu,,
    terus periksa lg k dokter,sel telurnya belum pecah,,harus d suntik,tetapi obatnya susah didapatkan,jd g d suntik,nunggu sampai pecah sendiri,sampai sekarang hari demi hari menunggu hasilnya positif,,lumayan gelisah juga,,mohon sarannya via email,,makasih

    Reply
  • 11 July 2012 at 14:54
    Permalink

    sore dokter…saya sudah 3 tahun menikah blm punya anak,saya minta saran dari dokter terima kasih.

    Reply
  • 2 August 2012 at 10:49
    Permalink

    siang dok,
    Kenapa saya pada saat setelah selesai berhubungan, saya merasakan tembakan sperma saya tidak kuat ataupun boleh dibilang hanya netes…
    mohon saranya dok untuk memperbaiki ini. saya sudah 1,5 tahun menikah tapi tetap seperti itu. mohon penjelasannya dok dan solusi yang tepat.

    Reply
    • 2 August 2012 at 11:35
      Permalink

      Coba Anda melakukan abstinensia (tidak melakukan hubungan intim) selama 3 hari, sambil meningkatkan asupan makanan yang bergizi, berolahraga secukupnya, jika perlu minum suplemen atau multivitamin, usahakan tidak berhubungan intim dalam kondisi lelah. Mudah-mudahan jadi solusi.

      Reply
  • 30 September 2012 at 16:47
    Permalink

    mat sore DR.sya sdah menikah sdah @ thn tpi sya belum dikaruniai momongan.tlong bnatuanx

    Reply
  • 3 October 2012 at 11:51
    Permalink

    siang dok…. saya sudah hampir setahun berumah tgga tp lum ada tnda kehamilan,,, n klo dlam berhubungan saya sring buang air kcil,,,,apa itu pengaruh dok ????saya sring telat berapa hari dtg bln tp y gak positf hamil dok,,, tlg bantuan a y dok,,,,

    Reply
    • 12 March 2013 at 23:33
      Permalink

      malam dok,saya pasangan suami istri sudah 11 th belum dikaruniai momongan, saya tidak pernah putus asa untuk berusaha dan berdoa.sampai-sampai bln ini telat sampai 1 minggu saya kira sudah positif, ternyata juga belum,saya setelah saya test malah besoknya haid
      Bagaimana solusinya y dok

      Reply
  • 25 November 2012 at 07:47
    Permalink

    Bagai mana tntang istri saya kpengen punya kturunan tapi dia gk haed apakah bisa di usahakan?

    Reply
  • 26 December 2012 at 20:21
    Permalink

    malam dok…?sya mau tanya sama dokter saya menikah sudah hampir 2 tahun tapi belum dikasih momongan..saya sudah ke dokter katanya tidak ada masalah begitupun dengan suami saya ..dia tidak merokok dll..apakah ada obat penyubur gitu dokter dan namanya apa?terima ksih

    Reply
    • 27 December 2012 at 08:22
      Permalink

      Maksudnya tidak ada masalah itu apakah sudah diperiksa keseluruhan mbak? Seperti pemeriksaan fisik dan laboratorium baik suami maupun istri. Bukan hanya dilihat dari kebiasaan hidup seperti tidak merokok saja, tetapi ada pemeriksaan lain yang perlu dilakukan untuk memutuskan apakah seorang pasangan bisa punya anak atau tidak. Sementara obat penyubur yang Anda tanyakan, akan diberikan setelah diketahui hasil pemeriksaan tadi dan dosisnya diberikan sesuai hasil tersebut.

      Reply
  • 7 March 2014 at 10:00
    Permalink

    siang dok, kenapa ya dok udah hampir satu tahun saya belum memiliki momongan, saya dan
    suami pengen banget cepat cepat punya momongan, gimana ya dok agar cepat punya momongan?????

    Reply
    • 15 March 2014 at 20:12
      Permalink

      Dear Bu Syieda, bersabarlah ya bu. Terkadang ada yang langsung diberikan momongan segera seelah menikah, namun ada juga yang agak terlambat. Jika Anda mengatakan hampir satu tahun belum dikaruniai momongan, saya kira ini masih wajar dan Anda belum bisa disebut tidak subur, karena batasan sepasang suami istri dikatakan tidak subur adalah jika setelah setahun menikah dan berhubungan intim secara teratur, belum juga dikaruniai momongan. Jadi, saya sarankan Anda ikuti dulu program yang saya tuliskan dalam beberapa artikel sejenis di blog ini, setelah setahun belum dikaruniai momongan, dengan senang hati saya membantu Anda. Namun jika Anda ingin mencoba berikhtiar lain, saya siap membantu juga, silakan berkirim email ke saya melalui kolom konsultasi khusus.
      Terima kasih

      Reply
  • 25 November 2014 at 16:10
    Permalink

    Selamat sore dok .. saya ikke mau tanya .. saya sudah menikah kurang lebih 6 bulan lama nya , tapi sampai sekarang saya belum mempunyai keturunan dan ada tanda” hamil , bulan kemaren saya sempat telat selama 9 hari , bagaimana cara nya biar saya bisa cepat hamil ??
    mohon saran nya yaa dok .. makasih banyak yaa dok

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...