Cara Ingin Cepat Punya Anak

Posting bagian 6 dari 12 bagian dalam seri Kehamilan dan Problematikanya

ingin cepat punya anakBeberapa hari belakangan, saya sering mendapat pasien baik melalui konsultasi online maupun di tempat praktek saya, yang mengonsultasikan tentang keinginannya untuk segera punya anak. Mereka meminta saran bagaimana agar bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berhubungan suami istri dan bagaimana pula asupan makanan yang harus dipenuhi.

Sebenarnya terus terang saya ini dokter umum yang pengetahuannya tentu masih harus banyak belajar lagi dari para guru-guru dan spesialis. Tapi saya coba untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang hal ini, tentang bagaimana cara cepat untuk bisa punya anak, tentu terlepas apakah nantinya anak laki-laki ataukah perempuan, itu perlu kajian lebih spesifik 🙂

Kesulitan untuk mendapatkan momongan dalam waktu segera setelah menikah memang banyak dialami oleh sekitar 15% pasangan suami istri, dan ini bisa menjadi masalah tersendiri dalam kehidupan berumahtangga. Sementara penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa dari pihak wanita maupun pria, bahkan seringkali tidak dapat ditentukan penyebabnya.

Secara umum, saya bisa mengajukan saran berikut ini untuk pasangan yang memiliki keinginan untuk cepat punya anak, yang intinya adalah bagaimana cara meningkatkan faktor kesuburan suami dan istri.

Cara ini saya sebut dengan 3P (3 Pola) :

1. Pola Hidup, yaitu memperbaiki pola hidup yang dapat mempengaruhi kesuburan kedua pasangan suami-istri. Seperti :

2. Pola Makan. Sebenarnya tidak ada yang spesifik untuk jenis makanannya. Namun, beberapa saran umum ini bisa dilakukan, seperti :

  • Kurangi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh. Karena jenis makanan ini bisa membuat peningkatan kadar radikal bebas dalam tubuh dan kadar kolesterol darah meningkat. Contoh sederhana; makanan yang digoreng dengan minyak goreng yang sudah dipakai berulang-ulang.
  • Kurangi makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Ini bisa mengundang penyakit diabetes untuk hinggap di tubuh Anda.
  • Meningkatkan konsumsi sayuran lebih banyak dari pada konsumsi daging.
  • Meningkatkan konsumsi serat baik dari sayuran maupun buah-buahan.

3. Pola Pikir. Pola ini berhubungan dengan asupan nutrisi non fisik ke hati dan otak Anda, agar Anda tetap dapat berpikir secara jernih dan selalu bisa mengontrol Pola Hidup dan Pola Makan Anda diatas. Cara yang bisa dilakukan antara lain:

  • Selalu berkonsultasi secara tatap muka dan berdiskusi secara intensif dengan seorang dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang memang ahli mengenai kesuburan. Jika perlu untuk asupan gizi, boleh juga berkonsultasi dengan ahli gizi.
  • Selalu saling mengkomunikasikan keinginan dan harapan antara suami dan istri, serta saling mendukung apapun upaya yang dilakukan kedua pasangan. Hal ini dilakukan sebagai wujud bahwa Anda berdua siap untuk memiliki anak.
  • Mulai membaca-baca buku tentang cara merawat bayi, dan persiapan-persiapan ala kadarnya dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan mengenai kebutuhan anak.
  • Ini yang paling penting, mendekatkan diri kepada Allah SWT. (atau Tuhan Anda) dengan bermunajat, memohon ampun, serta mengajukan pengharapan dan doa yang tulus. Karena bagaimana pun usaha yang telah kita lakukan, tidak akan berhasil tanpa campur tangan dari Tuhan Yang Maha Menguasai Kehidupan.

Itu dulu saran dan tips dari saya mengenai cara ingin cepat punya anak, saya nantikan komentar Anda. Nantikan tips dan informasi berikutnya dari blog ini. Semoga bermanfaat.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!
Series Navigation<< Menghitung Masa Subur dengan Ovulation Calculator5 Tanda Wanita Sedang Dalam Masa Subur >>

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...