Cara Ingin Cepat Punya Anak

Posting bagian 6 dari 7 bagian dalam seri Kehamilan dan Problematikanya

bumil Cara Ingin Cepat Punya AnakBeberapa hari belakangan, saya sering mendapat pasien baik melalui konsultasi online maupun di tempat praktek saya, yang mengonsultasikan tentang keinginannya untuk segera punya anak. Mereka meminta saran bagaimana agar bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berhubungan suami istri dan bagaimana pula asupan makanan yang harus dipenuhi.

Sebenarnya terus terang saya ini dokter umum yang pengetahuannya tentu masih harus banyak belajar lagi dari para guru-guru dan spesialis. Tapi saya coba untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang hal ini, tentang bagaimana cara cepat untuk bisa punya anak, tentu terlepas apakah nantinya anak laki-laki ataukah perempuan, itu perlu kajian lebih spesifik icon smile Cara Ingin Cepat Punya Anak

Kesulitan untuk mendapatkan momongan dalam waktu segera setelah menikah memang banyak dialami oleh sekitar 15% pasangan suami istri, dan ini bisa menjadi masalah tersendiri dalam kehidupan berumahtangga. Sementara penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa dari pihak wanita maupun pria, bahkan seringkali tidak dapat ditentukan penyebabnya.

Secara umum, saya bisa mengajukan saran berikut ini untuk pasangan yang memiliki keinginan untuk cepat punya anak, yang intinya adalah bagaimana cara meningkatkan faktor kesuburan suami dan istri.

Cara ini saya sebut dengan 3P (3 Pola) :

1. Pola Hidup, yaitu memperbaiki pola hidup yang dapat mempengaruhi kesuburan kedua pasangan suami-istri. Seperti :

2. Pola Makan. Sebenarnya tidak ada yang spesifik untuk jenis makanannya. Namun, beberapa saran umum ini bisa dilakukan, seperti :

  • Kurangi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh. Karena jenis makanan ini bisa membuat peningkatan kadar radikal bebas dalam tubuh dan kadar kolesterol darah meningkat. Contoh sederhana; makanan yang digoreng dengan minyak goreng yang sudah dipakai berulang-ulang.
  • Kurangi makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Ini bisa mengundang penyakit diabetes untuk hinggap di tubuh Anda.
  • Meningkatkan konsumsi sayuran lebih banyak dari pada konsumsi daging.
  • Meningkatkan konsumsi serat baik dari sayuran maupun buah-buahan.

3. Pola Pikir. Pola ini berhubungan dengan asupan nutrisi non fisik ke hati dan otak Anda, agar Anda tetap dapat berpikir secara jernih dan selalu bisa mengontrol Pola Hidup dan Pola Makan Anda diatas. Cara yang bisa dilakukan antara lain:

  • Selalu berkonsultasi secara tatap muka dan berdiskusi secara intensif dengan seorang dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang memang ahli mengenai kesuburan. Jika perlu untuk asupan gizi, boleh juga berkonsultasi dengan ahli gizi.
  • Selalu saling mengkomunikasikan keinginan dan harapan antara suami dan istri, serta saling mendukung apapun upaya yang dilakukan kedua pasangan. Hal ini dilakukan sebagai wujud bahwa Anda berdua siap untuk memiliki anak.
  • Mulai membaca-baca buku tentang cara merawat bayi, dan persiapan-persiapan ala kadarnya dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan mengenai kebutuhan anak.
  • Ini yang paling penting, mendekatkan diri kepada Allah SWT. (atau Tuhan Anda) dengan bermunajat, memohon ampun, serta mengajukan pengharapan dan doa yang tulus. Karena bagaimana pun usaha yang telah kita lakukan, tidak akan berhasil tanpa campur tangan dari Tuhan Yang Maha Menguasai Kehidupan.

Itu dulu saran dan tips dari saya mengenai cara ingin cepat punya anak, saya nantikan komentar Anda. Nantikan tips dan informasi berikutnya dari blog ini. Semoga bermanfaat.

Series Navigation<< Menghitung Masa Subur dengan Ovulation Calculator5 Tanda Wanita Sedang Dalam Masa Subur >>

105 Responses

  1. siti aisyah says:

    siang dok…. saya sudah hampir setahun berumah tgga tp lum ada tnda kehamilan,,, n klo dlam berhubungan saya sring buang air kcil,,,,apa itu pengaruh dok ????saya sring telat berapa hari dtg bln tp y gak positf hamil dok,,, tlg bantuan a y dok,,,,

    • edi says:

      malam dok,saya pasangan suami istri sudah 11 th belum dikaruniai momongan, saya tidak pernah putus asa untuk berusaha dan berdoa.sampai-sampai bln ini telat sampai 1 minggu saya kira sudah positif, ternyata juga belum,saya setelah saya test malah besoknya haid
      Bagaimana solusinya y dok

  2. abdul rohman says:

    Bagai mana tntang istri saya kpengen punya kturunan tapi dia gk haed apakah bisa di usahakan?

  3. nuraini says:

    malam dok…?sya mau tanya sama dokter saya menikah sudah hampir 2 tahun tapi belum dikasih momongan..saya sudah ke dokter katanya tidak ada masalah begitupun dengan suami saya ..dia tidak merokok dll..apakah ada obat penyubur gitu dokter dan namanya apa?terima ksih

    • dr. Nasir says:

      Maksudnya tidak ada masalah itu apakah sudah diperiksa keseluruhan mbak? Seperti pemeriksaan fisik dan laboratorium baik suami maupun istri. Bukan hanya dilihat dari kebiasaan hidup seperti tidak merokok saja, tetapi ada pemeriksaan lain yang perlu dilakukan untuk memutuskan apakah seorang pasangan bisa punya anak atau tidak. Sementara obat penyubur yang Anda tanyakan, akan diberikan setelah diketahui hasil pemeriksaan tadi dan dosisnya diberikan sesuai hasil tersebut.

  4. syieda says:

    siang dok, kenapa ya dok udah hampir satu tahun saya belum memiliki momongan, saya dan
    suami pengen banget cepat cepat punya momongan, gimana ya dok agar cepat punya momongan?????

    • dr. Nasir says:

      Dear Bu Syieda, bersabarlah ya bu. Terkadang ada yang langsung diberikan momongan segera seelah menikah, namun ada juga yang agak terlambat. Jika Anda mengatakan hampir satu tahun belum dikaruniai momongan, saya kira ini masih wajar dan Anda belum bisa disebut tidak subur, karena batasan sepasang suami istri dikatakan tidak subur adalah jika setelah setahun menikah dan berhubungan intim secara teratur, belum juga dikaruniai momongan. Jadi, saya sarankan Anda ikuti dulu program yang saya tuliskan dalam beberapa artikel sejenis di blog ini, setelah setahun belum dikaruniai momongan, dengan senang hati saya membantu Anda. Namun jika Anda ingin mencoba berikhtiar lain, saya siap membantu juga, silakan berkirim email ke saya melalui kolom konsultasi khusus.
      Terima kasih

  5. whoah this blog is magnificent i love studying your posts.
    Stay up the great work! You recognize, a lot of people are looking around for
    this info, you can aid them greatly.
    ::> Postingan terakhir Buku Ingin Cepat Punya anak … Buku Ingin Cepat Punya anakMy Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Back to Top
Berlangganan Gratis
Fanpage Konsul Gratis
Follow Twitter
Follow Twitter
Down
ANDA MUNGKIN PERLU BACA INI !!!close