New Wave Marketing: Live in Networking or Die

Sangat menarik sekali apa yang sering didengung-dengungkan oleh pakar marketing dunia asal Indonesia, Hermawan Kartajaya, yaitu mengenai masa peralihan model pemasaran modern. Beliau menyebutnya dengan New Wave Marketing. Saya mulai berpikir bahwa gagasan ini merupakan hal baru yang memang akan dan sedang terjadi di dunia saat ini. Pemikiran dan penelitian di lapangan yang dilakukan oleh pak Hermawan bersama timnya di MarkPlus inc., membuat pandangan tentang era baru pemasaran dunia semakin terbuka dan semakin memudahkan banyak orang.

Jika saya boleh berpendapat bahwa pengertian marketing disini bukan hanya dalam artian berjualan atau memasarkan produk saja, namun lebih dalam dan luas daripada itu, yaitu bahwa setiap diri manusia adalah sales marketing untuk dirinya. Sebuah kenyataan bahwa setiap manusia ingin populer dan ingin dikenal oleh orang lain, baik itu memperkenalkan dirinya maupun diperkenalkan oleh orang lain, namun tujuannya sama, yaitu memasarkan dirinya kepada orang lain, agar tetap bisa berhubungan dengan orang lain. Lalu apa hubungannya dengan New Wave Marketing ?

Ada satu pemikiran yang sangat menggugah saya dari ide beliau ini, yaitu era dimana kehidupan kita selalu saling terkoneksi satu sama lain. Sebagai makhluk sosial tentunya manusia sudah pasti saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya, namun terkadang hanya terhenti pada tataran saling membutuhkan saja, orang baru akan terkoneksi dengan orang lain hanya pada saat dia butuh orang tersebut dalam hal tertentu, uang misalnya. Itu sudah pasti dialami oleh banyak orang.

Namun di era baru sekarang ini, setiap orang mutlak harus saling terhubung antara satu dengan yang lain, bahkan tanpa kecuali baik dunia nyata maupun dunia maya atau internet. Konsep selalu terhubung ini sudah mulai marak diperlihatkan oleh beberapa website dan blog dengan situs jejaring sosial, semacam facebook. Hingga saya pun mulai ikut mencoba meramaikan kesempatan ini dengan menghubungkan blog ini dengan komunitas facebook dan bahkan saling bertukar link atau backlink atau email dengan pengguna internet lain. Dari internet pula kita bisa bertemu dengan kawan lama bahkan relasi bisnis baru, yang kemudian bisa dirintis pertemanan lebih lanjut baik di dunia internet maupun dunia nyata.

Di dunia nyata pun, sudah menjadi hal yang sangat lumrah jika sales marketing atau pengusaha selalu mempunyai hubungan baik dengan costumer, pelanggan atau nasabahnya. Seorang karyawan jika ingin status pekerjaannya naik, sangat membutuhkan koneksi, bukan saja dengan orang lain yang selevel, tapi juga dengan orang yang punya “jalur khusus” di posisi lebih atas. Kalau perlu sikut kiri sikut kanan, tendang sini tendang sana, jilat atas sodok bawah, yang penting koneksi didapat. Itulah pentingnya konektivitas dan networking dan membangun kepercayaan antara satu dengan yang lain.

Kakak kelas saya pernah bilang, kalau kamu mau dapat status yang lebih baik dalam pekerjaanmu, kelihaianmu dalam hal menuangkan ide/gagasan, kelihaian bicara, latar belakang keluarga, dan sebagainya tidak akan berpengaruh apa-apa jika kamu tidak memiliki koneksi dan networking yang kuat. Tanpa kekuatan networking, potensi diri yang sudah baik akan seperti dikebiri dan akhirnya mati. Jika seseorang sudah punya kendali dalam hal networking, misalnya sudah pegang nomor handphone-nya, tahu emailnya, tahu nickname facebooknya, dan sebagainya, orang bisa bilang: Dunia dalam Genggamannya.

Jadi, dengan adanya peluang pasar global dan era baru dalam hal pemasaran, manusia akan selalu saling terhubung dan seolah-olah hidup dalam sebuah jaringan laba-laba atau networking yang sudah pasti saling membutuhkan satu sama lain, tanpa memperhatikan dimensi ruang dan waktu. Ibaratnya segala permasalahan bisa diselesaikan hanya dengan sistem “satu klik” saja. Siapapun yang mengabaikan konsep ini, sudah bisa dipastikan namanya akan mati dan terkubur dengan cepat tanpa orang tahu bahwa dia pernah ada disana.

Sudah siapkah Anda ?

Siap atau pun tidak, era ini telah datang.

Selamat datang di era baru, era networking!

*Artikel ini ditulis sebagai bentuk partisipasi dalam acara Bloggers @ MarkPlus Conference 2010* atas ajakan sejawat dr. Dedy Andaka (trims dok).

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

2 thoughts on “New Wave Marketing: Live in Networking or Die

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...