Cegah Arteriosclerosis Sedini Mungkin

ressd5 Cegah Arteriosclerosis Sedini MungkinDi zaman hidup yang serba modern sekarang ini, dimana manusia lebih cenderung memilih gaya hidup praktis dan instant, membuat gaya hidup manusia pun berubah. Lebih sedikit melakukan aktivitas fisik, malas berolahraga. Lebih memilih makanan yang enak daripada yang sehat seperti gorengan atau daging berlemak tinggi daripada buah dan sayuran. Bahkan ada yang bilang, “Yang penting kenyang, gizi belakangan“.

Belum lagi polusi lingkungan yang memicu stres. Semua membuat manusia lebih rentan mengidap penyakit seperti darah menjadi kental, kolesterol meningkat, lemak darah dan trigliserida tinggi, yang pada akhirnya dapat menyumbat pembuluh darah arteri di dalam tubuh. Bila gejala ini yang Anda alami, maka bersiaplah karena penyakit arteriosclerosis sedang mengintai Anda.

Sebenarnya Apa sih penyakit Arteriosclerosis itu?

arteriosclerosis Cegah Arteriosclerosis Sedini Mungkin

Gambaran Arteriosclerosis, lihat penebalan pada penampang arteri sebelah kiri

Penyakit ini ditandai dengan penebalan dan hilangnya elastisitas dinding arteri atau biasa dikenal dengan istilah penyempitan atau penyumbatan pada pembuluh darah arteri. Bila terjadi di otak, akan menimbulkan serangan stroke. Bila terjadi di jantung akan menimbulkan penyakit jantung koroner. Penyakit ini akan lebih parah bila diiringi dengan hipertensi (penyakit darah tinggi).

Bila gejala jantung koroner dapat diketahui sejak awal, maka pencegahan dini dapat dilakukan tanpa melakukan tindakan medis. Namun, bila serangan berat sudah terjadi pada jantung Anda misalnya, maka biasanya tindakan medis yang harus diambil adalah pembedahan jantung (bypass) atau pemasangan stent (cincin) pada bagian pembuluh darah yang menyempit. Tindakan ini jelas akan memakan biaya yang sangat mahal. Jika hal ini tidak ingin terjadi pada diri Anda, maka segera atasi sedini mungkin.

Bagaimana Cara Pencegahannya?

Untuk menghindari terjadinya arteriosclerosis yang parah hingga dilakukan tindakan medis, tentu kita harus memiliki gaya hidup yang sehat dan selalu menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Bila Anda telah terdeteksi mengidap gejala penyakit arteriosclerosis, maka Anda harus mulai menerapkan pola makan dan hidup yang baik. Mulai rajin berolahraga kembali, paling tidak 5 kali seminggu (tidak perlu berolahraga berat, cukup jalan kaki santai atau cepat, berenang, senam, dan sebagainya).

Hindari makanan berlemak tinggi, seperti gorengan, santan, masakan daging berlemak, dan sebagainya. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran yang berserat tinggi. Selain itu periksakan kadar lemak darah Anda untuk memantau profil lipid baik HDL, LDL, maupun Trigliserida.

Hindari juga kebiasaan hidup yang memicu stres, sebaiknya jalani hidup ini dengan lebih banyak bersyukur dan pasrah kepada Tuhan. Walaupun terkadang target yang ditetapkan pada pekerjaan menuntut kita lebih serius yang akhirnya memicu stres, Anda hanya perlu mengubah pola pandang Anda terhadap pekerjaan tersebut, jika berhasil biasanya Anda akan lebih santai namun tetap terpola.

Merokok pun akan sangat memperburuk kondisi tubuh yang sudah terkena gejala arteriosclerosis. Racun di dalam rokok bisa mengikat lemak secara berlebihan, membuat darah lebih kental, sehingga bisa mempercepat terjadinya sumbatan dalam arteri. Maka jauhi rokok sekarang juga.

Dianjurkan juga untuk mengonsumsi beberapa suplemen kesehatan yang telah terbukti mampu membantu mencegah dan mengatasi masalah penyakit ini, misalnya Nutrient High Calsium Powder, Renuves, Grape Extract atau Fish Oil for Cardio.

Untuk hasil yang maksimal, minumlah produk tersebut secara teratur setiap hari disertai pola makan sehat dan gaya hidup terjaga, maka Anda akan merasakan hasilnya. Jantung akan kuat, otak segar, tubuh bugar sehingga Anda dapat terhindar dari penyakit tersebut dan Anda pun dapat menikmati hidup lebih lama.

Bagaimana dengan tubuh Anda? Sudahkah Anda periksakan kadar lemak dalam darah Anda? Waspada arteriosclerosis ya…

1 Response

  1. iyandri says:

    untung saya tidak merokok setidaknya bisa mengurangi resiko penyakit ini. Trimakasih mas artikelnya lumayan bisa bwat penyadaran
    .-= ::> Read iyandri´s last blog … Membasmi Virus Sality Dengan Sality Killer =-.

    pada Senin, 22 Feb 2010 10:11:03

    Sama-sama, semoga selalu konsisten dan tetap sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Back to Top
Berlangganan Gratis
Fanpage Konsul Gratis
Follow Twitter
Follow Twitter
Down
ANDA MUNGKIN PERLU BACA INI !!!close