Bolehkah Olahraga Ketika Sedang Flu ?

walk exerciseMusim penghujan kembali datang, berbagai penyakit yang biasa muncul pada saat musim ini mulai bermunculan, diantaranya penyakit flu. Penyakit flu sering hadir di cuaca dingin seperti musim hujan sekarang ini. Agar kita dapat terhindar dari penyakit flu musiman, olah raga bisa jadi merupakan salah satu kuncinya. Olah raga yang seperti apa?

Banyak pasien saya yang datang dengan keluhan flu bertanya, apakah pada saat flu kita boleh berolahraga? Bukankah penderita flu itu diharuskan untuk beristirahat? Lalu bagaimana bentuk olahraga yang dianjurkan pada saat kita terserang flu?

Juru bicara dari American College of Sports Medicine, David Nieman, mengatakan penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang berolah raga paling sedikit 45 menit sebanyak empat hari atau lebih dalam seminggu ternyata mengambil waktu cuti sakit lebih sedikit 25 sampai 50 persen. Ternyata memang benar bahwa dengan berolahraga yang teratur cukup dapat mengurangi resiko terkena penyakit. Biasanya kalau pun sakit, proses penyembuhannya akan berlangsung lebih cepat, karena tubuh sudah dibiasakan untuk tetap bugar setiap saat.

Namun, bagaimana apabila kita sudah terlanjur terserang flu? Haruskah kita tetap berolah raga di saat sedang sakit ini? Nieman memberikan anjuran berikut:

  • Apabila flu hanya menyerang kepala dan belum sampai ke dada, Anda bebas untuk berolah raga seperti biasa.
  • walk exerciseJangan memaksakan diri Anda. Tidak perlu jogging, berjalan kaki saja juga sudah cukup. Penelitian menunjukkan olah raga moderat atau tingkat sedang tidak baik jika dilakukan ketika sedang flu.
  • Jika gejala flu yang ada lebih dari sekedar pilek, tetaplah berada di tempat tidur untuk beristirahat.
  • Jangan terburu-buru untuk berolah raga selama masa pemulihan dari sakit. Ambil waktu selama beberapa minggu baru Anda kembali berolah raga seperti biasa.

Nah, jadi sudah tahu ya, bahwa pada saat kita terserang flu pun masih dapat melakukan olahraga seperti biasa namun jangan memaksakan diri. Disarankan sebaiknya untuk beristirahat yang cukup dulu dengan asupan nutrisi atau gizi yang cukup serta suplemen yang seimbang dengan tujuan pemulihan kekebalan tubuh yang optimal.

Istirahat disini bukan diartikan sebagai tidur saja seharian, tetapi boleh saja beraktivitas ringan yang tidak menguras terlalu banyak tenaga dan pikiran. Terkadang jika istirahat diartikan sebagai tidur saja seharian, yang muncul malah rasa malas untuk melakukan apapun, bawaannya ngantuk terus. Tidur sejenak dan lelap juga sudah cukup jika begitu bangun tidur badan terasa lebih segar.

Bagaimana dengan cara Anda mengatasi flu ? Silahkah sharing disini dan semoga bermanfaat.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...