Apa Penyebab Stres Nomor Satu ?

Coba ingat-ingat lagi, hal apa yang membuat Anda merasa sangat stres menjalani hidup? Sebuah poling internasional pun dilakukan oleh para peneliti untuk mengetahui faktor apa yang paling membuat manusia di seluruh belahan dunia merasa sangat stres.

Sebanyak 150 partisipan dari 16 negara di dunia diminta untuk memilih diantara 3 faktor yang paling membuat mereka stres, yaitu uang, keluarga atau kesehatan. Dan ternyata, faktor pertama yang menempati urutan teratas penyebab stres adalah uang. Mengapa uang menjadi faktor utama penyebab stres ?

Partisipan yang mewakili sebagian besar warga di dunia sepakat, uang memang alasan nomor satu sumber stres. Mereka mengaku, dibanding masalah keluarga atau kesehatan, uang jauh lebih besar menyebabkan stres. Hasil poling menunjukkan, bahwa partisipan lebih khawatir dan stres ketika memiliki masalah keuangan.

Hasil poling yang dikutip dari Glamour, Minggu (1/11/2009) pun menyebutkan negara-negara yang merasa stres karena uang dan juga yang tidak. Menurut poling, negara yang merasa paling stres karena uang adalah Malaysia (58%), diikuti China dan Singapura (55%) sedangkan di urutan ketiga ada Amerika (48%).

Sementara itu, negara yang sedikit mengkhawatirkan dan tidak dibikin stres oleh uang adalah Rusia (15%), Perancis (18%) dan Italia (19%). Ketiga negara tersebut lebih stres ketika masalah keluarga dan kesehatan muncul daripada soal uang.

Uang ternyata menjadi hal yang sangat ditakutkan setiap orang. Uang memang tidak bisa lepas dari kehidupan. Bahkan ada pepatah yang mengatakan uang bukanlah segalanya tapi dengan uang segalanya akan lebih mudah. Uang mempengaruhi hampir semua faktor kehidupan, termasuk kesehatan fisik, mental dan juga masalah keluarga. Bahkan sampai bisa koma bahkan kehilangan nyawa hanya gara-gara uang.

“Jika sedang sakit, butuh uang untuk berobat ke dokter. Untuk makan makanan bergizi dan enak pun dibutuhkan uang. Dan untuk jalan-jalan dengan keluarga, uang juga harus ada. Jadi semua hal memang berkaitan dengan uang,” ujar Kathleen Fifield, seorang partisipan yang mengikuti poling tersebut.

Meskipun hasil poling mengatakan bahwa uang adalah penyebab stres nomor satu, tapi bukan berarti tidak bisa diatasi. Bersyukur dengan apa yang sudah dimiliki, terus berusaha jalani hidup dengan tekun dan sabar, serta tetap berpikir positif adalah kunci mengatasi segala jenis stres.

Nah, jika Anda stres, apakah penyebabnya ? apakah uang juga menjadi penyebab utama stres Anda ? bagaimana menurut Anda ?

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

9 thoughts on “Apa Penyebab Stres Nomor Satu ?

  • 3 November 2009 at 16:50
    Permalink

    lah,,kok pendek?yaitu apa Mas?

    Reply
  • 3 November 2009 at 16:53
    Permalink

    buka aja link-nya…silakan baca kelanjutannya…

    Reply
  • 3 November 2009 at 16:53
    Permalink

    buka aja link-nya…silakan baca kelanjutannya…

    Reply
  • 3 November 2009 at 19:24
    Permalink

    Mas Nasir, kalau aku sih jangan sampai stress dech, jalani saja hidup ini seperti air mengalir, yang penting, sabar, narimo ing pandum, bersyukur dan ikhlas.

    Reply
  • 3 November 2009 at 19:25
    Permalink

    he he he…so pasti lah bu..ini kan cuma share sama yang laen…

    Reply
  • 3 November 2009 at 19:25
    Permalink

    he he he…so pasti lah bu..ini kan cuma share sama yang laen…

    Reply
  • 22 December 2010 at 18:25
    Permalink

    bner jg…
    gw strees gara2 uang…

    Reply
  • 16 April 2012 at 15:21
    Permalink

    menurut axw bukan hanya uang dan keluarga bisa buat orang stres tapi ada factor lain,contoh kebencian terhadap seseorang yang berlebihan….

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...