Jelajahi Dunia dengan Google Earth

Tahukah Anda apa yang disukai banyak orang ? Ya, jalan-jalan… Oh, atau ada yang berpendapat berbeda ? Silahkan sumbangkan ide Anda di kolom komentar di bawah ya…

Begini, iseng-iseng waktu saya browsing mencari-cari beberapa software asyik buat HP saya yang berbasis Symbian OS, saya ingin sekali mempunyai software Google Maps di HP, sehingga bisa akses peta untuk wilayah manapun tanpa perlu bawa-bawa peta kertas, ribet kan? Apalagi Nokia E51 sudah dilengkapi kemampuan menjelajah dan update lokasi keberadaan kita melalui fasilitas GPS yang terkoneksi dengan GPRS/3G.

Nah, keisengan itu mengantarkan saya pada temuan bahwa ada software jelajah dunia yang juga canggih dari Google yang bisa diinstal di PC atau Laptop kita, yaitu Google Earth. Mungkin terlambat saya menulis testimoni tentang ini, tapi sungguh, software ini asyik banget, makanya saya sangat antusias menuliskan hal ini. Entah nanti Anda butuh atau tidak, tapi saya cuma pengen sharing bahwa ada lho software yang sangat simpel jika kita pengen menjelajah dunia. Lanjut…!!!

google-earthSetelah software tersebut saya download secara gratis dari Google Earth (download disini), langsung saya jalankan, ternyata untuk instalasinya masih harus dikoneksikan dengan internet sehingga aplikasi yang diinginkan terdownload semuanya. Proses instalasi selesai, saya coba, ternyata asyik juga.

Di aplikasi ini kita bisa mencari lokasi yang kita ingin ketahui, tinggal masukkan datanya meliputi nama jalan, kota, dan negara. Kalo itu merupakan nama gedung yang cukup besar, misalnya gedung atau kantor pemerintahan atau kedutaan, maka Google Earth akan mencari lokasinya lengkap secara tiga dimensi (3D). Bahkan jika kita mau memanfaatkan fungsi direction, kita bisa mengetahui arah jalan yang bisa ditempuh dari alamat tertentu ke alamat yang kita inginkan, nanti pada peta akan muncul garis yang menghubungkan kedua titik tersebut lengkap dengan pencitraan nama jalan yang kita lalui beserta lokasi tempat-tempat tertentu yang mungkin famous atau terkenal. Bahkan keterangan arah belokan jalan pun hingga masuk dan keluar tol mana akan diuraikan secara lengkap di guide sebelah kiri.

Pada intinya fungsi Google Earth hampir sama dengan Google Maps, bahkan bisa lebih lengkap lagi. Jadi akan sangat berguna buat siapapun yang suka jalan-jalan dan ingin tahu posisi lokasi tertentu secara detil sebelum datang ke lokasi sesungguhnya. Nah, buat Anda yang tertarik…silahkan download aja, gratis kok… Semoga bermanfaat.

Reblog this post [with Zemanta]
Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

3 thoughts on “Jelajahi Dunia dengan Google Earth

  • 28 April 2010 at 09:38
    Permalink

    software ini bisa kerja secara off line ngk? kaya nokia maps, di download peta sekali saja. Ngk perlu makan pulsa terus.

    pada Rabu, 28 April 2010 17:36:04

    Wah, kalo yang ini belum pernah dicoba. Kayaknya kalo ngeliat filenya yang kecil, dia cuma software aja, ga nyimpen database peta sedunia. Jadi kayaknya masih perlu OL. Atau ada yang punya pengalaman lain?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...