Tips Sederhana Berhenti Merokok

Kesadaran masyarakat terhadap bahaya rokok sudah semakin meningkat. Ini terbukti dengan banyak orang yang ingin berhenti merokok, beberapa diantaranya pasien yang mendatangi tempat saya praktek. Namun, mereka selalu mengeluh betapa sulitnya berhenti merokok, dan memang berhenti merokok itu tidak mudah. Bahkan, yang awalnya sudah berjanji meninggalkan rokok kembali merokok lagi, janji tinggallah janji, dengan berbagai alasan dan dalih. Lantas, bagaimanakah agar niat berhenti merokok dapat dilalui dengan mudah ? Tentu diperlukan tips yang sederhana saja, walaupun sebelumnya saya pernah menulis bagaimana cara berhenti merokok. Mari kita bahas disini…

Sekitar 75-80% perokok menyatakan ingin berhenti merokok. Namun, menurut Dr. Tribowo T. Ginting, SpKJ hanya sedikit yang berhasil. Hal tersebut dikatakannya karena pengaruh nikotin/zat adiktif pada rokok yang menyebabkan para perokok ketagihan. Bahkan, berbagai alasan akan keluar bagi pecandu rokok, seperti tidak merokok menyebabkan mudah marah, tergoda untuk merokok lagi setelah mencoba berhenti, mulut terasa pahit bila tidak merokok, dan lain-lain. Lucunya, pada bulan puasa ini pun, seseorang yang benar-benar pecandu rokok bisa tampak gelisah bila menjelang buka puasa. Begitu terdengar adzan maghrib, langsung dia ambil sebatang rokok dan dinyalakan. Katanya, “alhamdulillah akhirnya bisa merokok juga”. Aneh ya ?!

SEDERHANA SEKALI: INGIN STOP, YA STOP AJA !!!

Merokok memang menjadi sebab berbagai penyakit. Jadi jika Anda peduli dengan kesehatan, berhentilah merokok. Namun, jika Anda sudah berkeinginan berhenti merokok tapi masih saja gagal, maka Anda bisa mencoba tips bebas rokok dari dr. Bowo berikut ini untuk menyempurnakan niat Anda terbebas dari cengkeraman rokok.

  1. Mantapkan niat untuk segera berhenti merokok. Agar lebih membantu, catat apa saja akibat negatif dari merokok dan catat juga nilai positif yang dapat diraih dari berhenti merokok. Jika perlu, Anda bisa membuat sumpah atau janji atau ikrar atas nama Tuhan agar bisa lebih termotivasi untuk berhenti merokok.
  2. Atur waktunya. Tak perlu menunggu bulan depan, atau tahun depan karena orang cenderung akan mengulur waktu. Berhentilah mulai saat ini juga.
  3. Hindari perokok. Hindari teman-teman yang merokok, dan banyaklah bergaul dengan bukan perokok atau mantan perokok.
  4. Buang semuanya. Pindahkan rokok, asbak, bekas rokok dan korek api dari tas, kamar, mobil, atau kantung baju. Buang semuanya, sebaiknya dibuang ke tempat yang sekiranya tidak akan diambil lagi seperti ke dalam tong sampah.
  5. Sampaikan kepada keluarga. Katakan kepada keluarga, teman-teman, atau rekan kerja bahwa Anda berencana berhenti merokok. Minta mereka memberikan dukungan pada Anda.

Ada yang mau menambahkan tips diatas ? Silahkan tambahkan dengan klik disini.

Demikian sedikit tips sederhana mengenai cara berhenti merokok, terutama bagi yang merasa kesulitan berhenti merokok dengan berbagai alasan. Semoga bermanfaat dan sukses.

Jika masih saja belum berhasil, silahkan kembali menguatkan tekad pada tips no.1, yaitu niatkan dengan mantap. Insya Allah berhasil.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

2 thoughts on “Tips Sederhana Berhenti Merokok

  • 26 February 2010 at 14:35
    Permalink

    coba kau terus pikirkan bahwa merokok hanyalah membakar uang sendiri thank you vey much

    Reply
  • 2 July 2010 at 09:41
    Permalink

    Setuju, karena merokok sangat berbahya bagi diri sendi dan orang disekitar kita..
    saya juga sudah berhenti semenjak 21 juli 09
    sebelumnya saya termasuk perokok berat dengan konsumsi 2 bungkus rokok keretek sehari.

    pada Minggu, 4 Juli 2010 06:35:42

    Alhamdulillah, semoga konsisten ya pak…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...