I’m Panic… My WordPress is Blank

“I am panic ?” Wah keren ya judulnya ? Eh, tapi ini bener-bener kejadian lho. Halaman utama blog ini yang kebetulan berbasis WordPress, tiba-tiba lenyap!!! Tidak ada gambar, tidak ada log error, tidak ada aktivitas apapun, sepi…sangat sepi…karena tulisan pun sama sekali tidak ada. Bahkan lucunya, saya coba klik kanan “View Page Source” juga ikutan blank, sama sekali tidak ada kode apapun. Mungkin karena kesibukan saya mengurusi bisnis offline, demi masa depan, urusan ngeblog jadi terbengkalai (lama tidak posting dan otak-atik admin), dan memang saat ini itu cuma jadi sampingan saja, sekedar melampiaskan hobi begitu… Jadi blog yang saat ini mengalami kenaikan traffic (alhamdulillah) pun agak terbengkalai.

Awalnya, saya kedatangan email peringatan dari support system DuoserversIndonesia, tempat dimana saya menitipkan aset blog ini. Begini bunyinya :

mail-1

Nah, ngeri banget ga sih ? masa blog kesayangan begini tiba-tiba ada lonjakan beban yang akibatnya merusakkan akun lain. Bisa-bisa jadi biang kerok nih… Apalagi begitu dibaca file yang dilampirkan, memang luar biasa, ada aktivitas yang sangat masif disana. Pusing, stres, memang sempat hinggap di hati saya, karena memang tidak mengerti permasalahannya. Ada apa ini ?

Tapi saya lalu mencoba mengontak salah satu costumer care dengan layanan Yahoo Messenger, dan chatting lah saya dengan mereka. Namun sekali lagi, mereka hanya bisa membuka proses yang terjadi di dalamnya dan tidak bisa menemukan apakah ada script yang salah atau tidak efisien yang digunakan di blog ini, setidaknya begitulah ucapan mereka. Namun obrolan itu tidak berlangsung lama, karena modem saya tiba-tiba disconnect. Dan karena sudah terlalu malam, kuatir tidak bisa bangun sahur, obrolan itu akan saya lanjut keesokan harinya.

Besoknya (yaitu hari ini), saya coba kirim tiket pertanyaan ke support seperti ini :

mail-2Huh, saking paniknya bilang gitu. Lalu tidak berapa lama, dapat jawaban begini :

mail-3Wah, untunglah mereka memberikan link untuk solusi mengatasi halaman blog wordpress saya yang hilang entah kemana itu. Langsung saya meluncur ke silentbits dan webnya Ivan Kristianto, serta coba googling dengan parameter ini. Akhirnya kutemukan solusinya, seperti berikut :

  1. Non-aktifkan semua plugin.
  2. Ganti theme wordpress dengan theme yang default.
  3. Lalu, buka Cpanel File Manager, cari file .htaccess, lalu hapus semuanya atau sisakan untuk script yang dimulai dengan # BEGIN WORDPRESS.
  4. Setelah itu, refresh halaman utama blog. Seharusnya sudah normal kembali.
  5. Lalu cek satu persatu plugin dengan mengaktifkannya satu persatu, lalu halaman utama refresh lagi, hingga ditemukan adanya plugin yang membuat masalah ini (baca: biang kerok). Sebaiknya plugin yang bikin masalah ini didelete saja, karena scriptnya ini membuat daya loading menjadi sangat lambat dan memperberat kerja server.
  6. Jika sudah normal, silahkan kembali ke theme semula yang Anda sukai.

Kira-kira demikian, breaking news tentang kisah kepanikan saya dan solusi atasnya. Semoga solusinya bermanfaat.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

3 thoughts on “I’m Panic… My WordPress is Blank

  • 6 October 2009 at 07:45
    Permalink

    Saya juga punya masalah yang sama..

    yang jadi pertanyaan :

    1. Bagaimana cara meng nonaktifkan plugin sementara website nya blank sama sekali..
    2. gmn juga cara ganti themes.. masuk admin panel aja gag bisa…? thankz..

    pada Selasa, 6 Okt 2009 10:25:23

    Turut berduka pak Nico…:(
    Alhamdulillah masalah ini bisa saya atasi, karena sebenarnya yang blank hanya homepagenya saja atau halaman depan jika kita membuka situs. Sementara halaman admin masih bisa terbuka, karena memang tidak menggunakan plugin tambahan untuk wordpress. Karena halaman admin masih bisa terbuka, ya otomatis semua plugin bisa saya non-aktifkan dan themes bisa diganti dulu ke default. Permasalahan yang saya alami ternyata sangat umum dan mudah karena sumbernya hanya crash antara plugin Wp-SuperCache dengan plugin WebOptimize yang ternyata memiliki cara kerja yang relatif sama, jadi ya rebutan bandwidth dan rebutan file…akibatnya halaman tidak bisa ditampilkan karena kerja sistem tidak sempurna. Begitu kira-kira analisis orang awam seperti saya setelah baca petunjuk dari masternya…:)

    Reply
  • 27 February 2011 at 08:26
    Permalink

    mas sya juga punya msalah yg sama nih…. saya coba ikuti semua langkah diatas mas, sampai di langkah nomor 3 trus refresh blog, masih ga terjadi apa2 mas, alias masih blank, yang lebh para nih mas kok smua plug in yang saya non aktifkan jadi ilang smua padahal nggak sy delete… waduh gimana nih mas… sedikit panik gag papa kan mas.. ??? 🙂

    Reply
    • 2 March 2011 at 12:04
      Permalink

      sedikit aja ya paniknya…hehe
      coba berkomunikasi dulu deh sama costumer care hostingnya, minta dicarikan permasalahan yang menimpa blogmu, trus tanya juga solusinya yang terbaik gimana. Karena mungkin perlakuan tiap server hosting berbeda, jadi mesti berbeda juga penanganannya.
      Met mencoba ya…

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...