Tips Mencegah Bau Mulut

bau mulutOrang paling sering mengeluh jika mulutnya mengeluarkan bau tidak sedap, dan celakanya lagi jika bau mulutnya tidak dia sadari namun orang lain di sekitarnya mengomentari mulutnya yang mengeluarkan bau tidak sedap, bisa-bisa dia kehilangan muka. Nah, bagaimana jika orang itu adalah Anda ?

Namun jangan khawatir, pada bahasan kali ini kita akan kembali meninjau dunia kesehatan mengenai bagaimana mencegah timbulnya bau mulut yang seringkali membuat kita dan orang sekitar kita tidak nyaman.

Sekilas tentang bau mulut

Bau mulut atau halitosis ternyata bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu gejala yang harus diketahui penyebabnya. Beruntung kalau si penderita sadar adanya hawa tidak sedap dari mulutnya dan segera mengunjungi dokter gigi untuk mengatasinya. Jika tidak, bau mulut tersebut akan menimbulkan pengaruh negatif dalam bisnis, pergaulan, bahkan kehidupan perkawinan.

Berdasarkan survey oleh American Dental Association dengan menggunakan telepon diperoleh bahwa 50% pria dan 60% wanita AS memakai produk kosmetik yang bertujuan untuk menyegarkan napas.

Meski begitu, sedikit dokter gigi yang tanggap terhadap perubahan pergeseran tersebut, sehingga pasien yang datang dengan keluhan halitosis tidak diberi pelayanan yang tepat. Keadaan ini menyebabkan kegagalan perawatan, sehingga penderita merasa tidak puas dan kembali mencari pengobatan dengan cara sendiri.

Jika halitosis disebabkan kelainan di dalam mulut, umumnya itu terjadi akibat pembusukan sisa-sisa makanan oleh bakteri. Penimbunan sisa-sisa makanan terjadi karena kebersihan mulut yang buruk, akan diperburuk oleh faktor susunan gigi yang salah posisi seperti misalnya gigi berjejal.

Selain itu, halitosis bisa dicetuskan oleh adanya kelainan-kelainan seperti interdental/papil, resesi ginggiva (terbukanya akar gigi), dan pseudopocket yang berkaitan dengan gigi bungsu.

Penggunaan gigi palsu juga terkadang menyebabkan halitosis. Pemakaian gigi palsu dari logam dan vulganit lebih sering menimbulkan bau daripada yang terbuat dari akrilik, kecuali gigi palsu akrilik itu tidak dipelihara dengan baik. Para pemakai gigi palsu sebaiknya membersihkan gigi palsunya sebagaimana merawat gigi aslinya.

Karies gigi atau gigi berlubang, juga merupakan penyakit yang seringkali luput dari perhatian, memungkinkan tertimbunnya sisa makanan dan hal ini sudah barang tentu merupakan salah satu penyebab halitosis. Penyakit lain, misalnya penyakit pada gusi yang disebabkan oleh bakteri fusospirochaeta, juga menimbulkan bau busuk yang sangat tajam.

Selain itu, bau mulut juga bisa merupakan gejala penyakit tertentu yang mempengaruhi seluruh tubuh, seperti penyakit hati, kencing manis (diabetes) yang tidak terkontrol, penyakit paru-paru atau mulut. Bisa juga disebabkan oleh adanya tumor pada kerongkongan atau lambung yang menghasilkan cairan atau gas berbau busuk, mengalami regurgitasi ke dalam rongga mulut.

Tetapi, halitosis tidak selalu berkaitan dengan penyakit. Pada individu tertentu bau mulut itu normal, misalnya saat baru bangun tidur, saat wanita sedang haid, pada lansia, atau ketika seseorang dalam pengobatan dengan zat tertentu misalnya dimetil sulfida sebagai terapi demam rematik.

Karena itu, penatalaksanaan halitosis tergantung pada penyebabnya. Bila disebabkan oleh kelainan di dalam mulut, bau tidak sedap bisa dikurangi atau dihilangkan sama sekali.

Halitosis akibat pembusukan sisa-sisa makanan bisa ditanggulangi dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi, antara lain dengan menggosok gigi secara teratur dan boleh dianjurkan memakai obat kumur. Perawatan yang sama juga dianjurkan pada pemakai gigi palsu.

Pada umumnya mulut berbau jika:

  • Ada infeksi di rongga mulut, sariawan, gigi keropos atau berlubang, gusi bengkak, karang gigi atau calculus.
  • Lidah meradang, bisa karena kurang vitamin, lidah tergigit, atau tumbuh kanker di sana.
  • Ada infeksi gusi, gusi gampang berdarah, demam, mulut banyak mengeluarkan liur dan badan lemah.

Pencegahan

Berikut ini beberapa cara mencegah timbulnya bau mulut yang menjengkelkan:

  • Pastikan kesehatan dan kebersihan gigi serta mulut dengan menggosok gigi dua kali sehari, pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Jika perlu, berkumurlah dengan cairan antiseptik untuk memastikan bakteri anaerob tak berkembang biak selama Anda beristirahat.
  • Jangan lupa menyikat lidah, permukaan lidah yang tidak rata memungkinkan adanya sisa makanan tersangkut di sana. Usahakan sesering mungkin minum air putih. Hindari minum kopi karena akan memperparah keadaan. Ada baiknya pula untuk mempertimbangkan menghentikan kebiasaan merokok, karena bau racun rokok akan senantiasa menetap.
  • Mengunyah permen karet bebas gula bisa membantu merangsang produksi saliva (air liur), terutama bagi mereka yang memiliki saliva yang kental.
  • Kunjungi dokter gigi. Mungkin ada gigi yang berlubang, ada karang gigi, atau masalah kesehatan mulut dan gigi Anda.

Nah, buat Anda yang punya masalah dengan bau mulut dan buat Anda yang tidak ingin bau mulut menjadi masalah yang mengganggu, semoga artikel ini bisa membantu memberikan solusi. Semoga aktivitas Anda lancar selalu…

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

10 thoughts on “Tips Mencegah Bau Mulut

  • 25 November 2009 at 07:23
    Permalink

    jadi bingung saya bagaimana caranya kalau bau mulut itu langsung ilang padahal sepengetahuan saya sudah gosok gigi tapi tetap aja kalau ngomong bau tidak sedap

    pada Rabu, 25 Nov 2009 11:28:06

    berarti ada masalah di saluran pencernaan pak, karena sebenarnya bau mulutnya sudah hilang dengan gosok gigi tetapi hembusan nafas mendorong gas berbau yang keluar dari saluran pencernaan. Solusi terbaik tentu memperbaiki kondisi saluran pencernaan dulu. Anda bisa mengonsumsi Double Cellulose, Throat Granules, dan Nutrient High Calsium. Silahkan hubungi saya untuk informasi lebih lanjut. Trims.

    Reply
  • 11 December 2009 at 20:52
    Permalink

    Memang betul masalah bau mulut ini sebenarnya menawan dunia kita.
    Kita seperti orang tawanan dlm diri sendiri. Nak ckp pun malu takut orang bau nafas kita yg busuk. SAya dah cuba bermacam ubat dan gigi kerap diperiksa tetapi bau mulut itu seperti bangkai. Boleh doktor beri saya nasihat apa yang harus saya buat. Hidup kita rumahtangga pun jadi masalah.

    pada Jum’at, 11 Des 2009 22:23:40

    Betul sekali itu Mak Cik…jika mulut kita bau seperti bangkai, orang pun tak mau lagi mendekat… Biasanya orang yang mudah sekali terkena bau mulut itu ada masalah dengan sistem pencernaannya, atau masalah pernafasannya. Solusi terbaik yaitu mencari penyebab masalah di kedua sistem tersebut, jika di saluran nafas, tentu harus disembuhkan hingga saluran parunya bersih, biasanya saya sarankan minum Kalsium, Cordysep, dan Beneficial capsul. Tapi jika permasalahan ada di saluran pencernaan, saya sarankan perbaiki dengan Kalsium, Double Cellulose, dan Chitosan. Selain semuanya perlu diatasi juga dengan gosok gigi secara teratur minimum 2 kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Gunakan pasta gigi yang bisa menghancurkan plak sebagai sumber bau mulut, dan mempertahankan hiegine-nya, biasanya saya sarankan untuk menggunakan pasta gigi Tiens Herbal Tooth Paste, sebagai pasta gigi dari herbal atau alami yang mampu mengatasi bau mulut, sariawan, dan menghancurkan plak. Sudah saya buktikan sendiri, dan hasilnya bisa dibanggakan. Sekarang giliran Mak Cik mencoba… 🙂

    Reply
  • 24 July 2011 at 14:26
    Permalink

    Herba ZS, solusi efektif sembuhkan BAU MULUT, baik kronis maupun akut dari sumber penyakit, terjawab solusinya disini!

    Reply
  • 19 August 2011 at 11:11
    Permalink

    saya punya keluhan bau mulut, padahal stiap hari saya sikat gigi 2 kali. pagi dan malam hari sebelum tidur. tetapi tetap saja tidak ada prubahan. stiap kali sikat gigi sebelum tidur malam, bangunnya saya mersakan tidak enk pada mulut saya. bau dan liurnya kental dan juga sy merasakan pahit pada mulut saya. sy sdh mencoba melakukan berbagai macam cara, seperti pergi ke dokter gigi dan beliau menyarankan untuk berkumur dengan obat kumur. setelah saya mncobanya, mulut saya bertambah bau dan kering + pahit :-(, huft, g nyaman banget.
    dan juga setiap kali selesai gosok gigi, saya merasakan mulut saya kerint dan air liur mengental. dan akibatnya mulut bertambah bau..

    minta sarannya donk…

    Reply
    • 19 August 2011 at 13:02
      Permalink

      Saya sarankan Anda berkunjung ke dokter ahli THT, mungkin ada kelainan di bagian sekitar hidung dan tenggorok. Bisa juga bau mulut itu berasal dari perut/lambung yang terus-menerus mengeluarkan gas. Bau mulut juga diakibatkan dari apa yang dimakan dan dicerna di lambung. kalau sudah begini, sikat gigi berapa kalipun belum akan hilang baunya.

      Reply
  • 30 May 2012 at 19:09
    Permalink

    saya pengguna gigi palsu, gimana cara menghilangkan bau mulut ?
    saya sikat gigi 2x sehari pagi n malam , tetapi bau mulut masih saja tidak hilang….
    tolong dbantu…
    tks 🙂

    Reply
    • 31 May 2012 at 09:34
      Permalink

      Untuk penggunaan gigi palsu yang bisa dicopot, Anda bisa mencuci giginya pada cairan khusus. Lalu Anda berkumur dengan cairan antiseptik mulut yang banyak dijual di apotik. Bila gigi palsu Anda tidak bisa dicopot, saya kira Anda Anda tetap harus menyikat gigi secara teratur dua kali sehari dan setelah makan, menggunakan dental floss atau benang gigi, berkumur dengan antiseptik mulut, menghindari makanan-makanan yang menghasilkan bau mulut lebih lama seperti petai, jengkol, dan sebagainya, tidak merokok. Memeriksakan gigi mulut ke dokter gigi secara teratur minimal 6 bulan sekali untuk perawatan gigi akan membantu memelihara bau mulut.
      Semoga bisa membantu. Terima kasih.

      Reply
  • 14 June 2012 at 09:16
    Permalink

    saya mau tanya bagaimana menghilangkan bau mulut pada anak? anak saya perempuan umur 5 tahun. Dalam 1 minggu ini, mulutnya berbau tak sedap, padahal dia rajin sikat gigi dan belum pernah mengeluh sakit di sekitar rongga mulutnya. Saya perhatikan juga giginya tidak ada yg bolong dan dia jarang jajan dan jarang makan yg manis2. Apa ada yang salah ya? Tolong di bantu… terima kasih

    Reply
    • 14 June 2012 at 10:14
      Permalink

      Bau mulut pada anak dapat dipengaruhi oleh pola makan (termasuk apa yang dimakan) dan juga sistem pencernaannya. Bila si Kecil hanya minum susu, pastikan juga kebersihan gigi dan mulut dijaga dengan baik dengan cara mengosok gigi dan lidahnya secara teratur atau minimal berkumur setelah minum susu.
      Jangan lupa pula untuk selalu memperbanyak minum air putih dan makan buah.
      Bila hal diatas sudah dijalani dengan optimal, disarankan Anda untuk membawa putrinya ke Ahli Pencernaan Anak untuk memeriksa lebih lanjut apakah bau mulut anak berasal dari pencernaannya yang bermasalah atau hal lain sehingga Anda dapat menemukan solusi yang tepat.
      Semoga dapat mencerahkan. Terima kasih

      Reply
  • 18 January 2013 at 17:56
    Permalink

    Herba alami sembuhkan bau mulut (halitosis), napas, bau badan akut maupun kronis dari sumbernya, yang dipicu oleh penyakit lain. Dan atasi kurus dan obesitas (kegemukan), garansi. Pengobatan alami aman tanpa efek samping

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...