Saat Alarm Tubuh Berbunyi (bagian keenam-habis)

Posting bagian 5 dari 5 bagian dalam seri Mengenal Alarm Tubuh

Bagian VI (Tinnitus atau Telinga Berdenging)

telinga berdengingBagian keenam dan terakhir dari seri Saat Alarm tubuh berbunyi ini juga masih seputar alarm tubuh yang seringkali diabaikan, yaitu telinga berdenging. Barangkali Anda pernah mengalaminya, perlu sekali untuk mempelajari lebih lanjut.

Sering terdengarnya suara berdenging di telinga, yang dikenal dengan istilah tinnitus, bisa jadi tanda adanya gangguan di telinga. Karena itu segera cari tahu penyebabnya agar Anda tidak terus tersiksa oleh suara tersebut. Dengan mengetahui penyebab pastinya, gangguan yang Anda alami tentu akan lebih mudah ditangani.

Kerusakan Telinga

Di telinga bagian dalam terdapat ribuan sel sel auditori yang permukaannya dilapisi rambut rambut yang bergerak sesuai dengan tekanan dari gelombang suara yang masuk. Gerakan itulah yang kemudian memicu sel sel auditori untuk mengantar sinyal ke otak yang diinterpretasikan sebagai bunyi.

Jika rambut rambut sel auditori itu rusak atau patah, gerakannya menjadi tidak terarah sehingga diinterpretasikan oleh otak bukan sebagai bunyi, melainkan suara bising. Kerusakan rambut rambut itu sendiri bisa terjadi karena berbagai sebab, misalnya faktor bertambahnya usia yang biasanya dimulai pada usia 60 tahun serta kerusakan di telinga bagian dalam yang mempengaruhi fungsi pendengaran.

Beberapa faktor pemicu lain adalah pengunaan obat tertentu dalam waktu lama, kafein, alkohol, gangguan persendian di daerah dagu, tulang tulang di bagian tengah telinga yang kaku, serta cedera di daerah kepala atau leher. Selain itu adanya penumpukan cairan di telinga serta infeksi telinga dan adanya lubang di gendang telinga juga bisa menjadi penyebab munculnya suara berdenging di telinga. Penyebab penyebab lainnya yang tak kalah serius adalah pengerasan pembuluh darah, tekanan darah tinggi atau darah rendah, diabetes, tumor atau gangguan kelenjar tiroid.

Tidak Berbahaya

Meski telinga yang berdenging bisa disebabkan berbagai penyebab serius, gangguan ini umumnya tidak berbahaya. Tapi, segeralah hubungi dokter jika gangguannya terus berlanjut dan semakin parah, bahkan disertai juga dengan sakit kepala dan hilangnya pendengaran. Pastikan dokter mengetahui kondisi kesehatan Anda, termasuk penyakit yang mungkin diderita.

Biasanya dokter akan memeriksa kondisi telinga Anda untuk melihat adanya penumpukan cairan telinga atau infeksi serta tingkat keparahannya. Kemudian, dokter juga akan mencoba mendengarkan suara berdenging itu. Jika suara tersebut tidak dapat didengar dokter, itu pertanda gangguan terletak pada telinga bagian dalam. Tapi, jika suara tersebut sampai terdengar juga oleh dokter melalui stetoskop yang diletakan di kepala atau leher, penyebabnya bisa jadi faktor yang lain.

Menangani Telinga Berdenging

Untuk menangani telinga berdenging ini, disesuaikan dengan penyebabnya. Jika gangguan tersebut karena usia, maka tidak ada yang dapat dilakukan untuk menanganinya. Yang bisa dilakukan mungkin hanya mengurangi tingkat keparahan atau mencoba mengatasi sendiri gangguan tersebut.

Tapi jika telinga berdenging dipengaruhi faktor lain, ganguan tersebut bisa ditangani. Misalnya dengan menghilangkan cairan telinga yang berlebih atau mengatasi infeksi dan berbagai cara lain. Nah, untuk mengurangi tingkat keparahan suara berdenging dan menyesuaikan diri pada suara suara tersebut, jika memang sudah tidak bisa teratasi bisa ditempuh cara cara berikut.

  • Menghindari pemicunya, seperti menghindari suara suara terlalu keras, nikotin, kafein, alkohol serta aspirin berlebihan.
  • Menghilangkan suara berdenging dengan cara memasang kipas angin atau musik lembut dalam ruangan yang sepi.
  • Jika tak bisa mendengar dengan jelas, penggunaan alat bantu pendengaran bisa digunakan, sehingga suara berdenging tak terlalu jelas terdengar.
  • Mengelola stres dengan baik untuk mengurangi tingkat keparahan.

Demikianlah akhir dari serial Saat Alarm Tubuh berbunyi, walau mungkin masih banyak Alarm tubuh yang bisa membantu mendeteksi penyakit kita, tetapi semoga ilmu dan tipsnya bermanfaat buat semuanya. Akhirnya kita mengetahui ternyata tubuh pun akan mengluarkan sinyal kepada kita bahwa di dalamnya terdapat gangguan yang harus segera diperbaiki dan dipenuhi, agar tubuh kita tetap sehat dan bisa mencegah tubuh kita dari sakit lebih parah yang masih bisa kita antisipasi sebelumnya.

Tetap semangat…belajar…sehat selalu…

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

Series Navigation<< Saat Alarm Tubuh Berbunyi (bagian kelima)

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...