Saat Alarm Tubuh Berbunyi (bagian ketiga)

Posting bagian 3 dari 5 bagian dalam seri Mengenal Alarm Tubuh

Bagian III (Kaki Kram)

Kaki KramSetelah kita membaca bahwa kedutan pada bagian tubuh seperti pada mata merupakan sebuah sinyal atau tanda bahwa tubuh mengalami gangguan, maka pada pembahasan ketiga dari seri Saat Alarm Tubuh berbunyi, kita akan membahas mengenai kram atau kejang atau tegang pada kaki.

Apakah Anda biasa meregangkan tubuh atau menggeliatkan tubuh pada malam atau pagi hari? Nah, jika dalam beberapa hari belakangan Anda sering mengalami kaki kram, sebaiknya Anda waspada. Ini menandakan bahwa tubuh Anda sedang mengalami dehidrasi, kekurangan kalsium, dan magnesium.

Kram sendiri merupakan kontraksi otot yang memendek atau kontraksi sekumpulan otot yang terjadi secara mendadak dan singkat sehingga menimbulkan nyeri. Namun saat kram muncul, Anda jangan panik. Tarik saja bagian yang kram ke arah berlawanan secara perlahan. Tahan posisi tersebut selama beberapa detik hingga ketegangan otot mengendur.

Setelah sakit reda, lakukan pemijatan sekitar 5-10 menit di area kram untuk mengendurkan otot sekaligus memberikan kehangatan. Untuk mencegah agar kram tidak kembali terulang, sebaiknya Anda minum air putih lebih banyak. Susu berkalsium atau nutrisi berkalsium tinggi sangat disarankan untuk dikonsumsi.

Nah, jika Anda sudah terbebas dari kram, Anda bisa lanjutkan ke bagian 4 mengenai cegukan.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

Series Navigation<< Saat Alarm Tubuh Berbunyi (bagian kedua)Saat Alarm Tubuh Berbunyi (bagian kelima) >>

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...