Waspada Gejala Flu Babi (Swine Flu)

Hingga hari ini, Meksiko mencatat telah 1.614 orang tertular flu babi dan 149 diantaranya meninggal dunia. Penyakit ini sangat mirip dengan gejala influenza biasa pada manusia. Beberapa tandanya kini harus menjadi perhatian penting.

child got flu imageSetelah Amerika Utara, Selandia Baru, Kanada, Spanyol, Perancis, Israel, Jepang, dan Korea, kini wabah flu babi mulai merapat ke Australia. Lima orang di New South Wales (NSW), Australia, telah diperiksa untuk mengetahui apakah mereka terserang influensa babi, dan hasilnya diperkirakan diperoleh akhir pekan ini.

Menurut Kerry Chant, Kepala Dinas Kesehatan NSW kepada para wartawan di Sydney, mereka akan segera mengisolasi para pasien ini jika terbukti tertular virus H1N1.

Satuan-satuan kesehatan masyarakat telah memusatkan perhatian pada penduduk Australia yang telah mengunjungi Amerika Serikat, Kanada dan Mexico dalam tujuh hari belakangan dan mereka yang telah terserang penyakit mirip flu.

Tanda-tanda Utama Terserang Flu Babi
Menurut pusat penelitian di Amerika, flu babi adalah sejenis penyakit yang berasal dari virus H1N1. Virus H1N1 adalah virus influenza tipe A, yang biasa menyerang saluran pernapasan pada ternak babi dan merupakan jenis yang mirip dengan virus flu burung (H5N1).

Kini virus telah bermutasi menjadi virus turunan flu yang bisa menyerang manusia. Dikatakan, penularannya pun bisa antar manusia dengan hewan, manusia dengan manusia, dan mediumnya pun bisa melalui udara. Sejauh ini, flu babi dinyatakan sebagai penyakit yang mematikan.

Terhadap bahaya virus H1N1, Menkes RI, Siti Fadilah Supari menyatakan, “Masyarakat Indonesia tak perlu terlalu khawatir, karena virus H1N1 hanya berkembang biak di negara dengan 4 musim. Biasanya, di musim dingin. Namun, masyarakat kita tetap harus waspada.”

Masyarakat diminta untuk tidak menganggap remeh jika sedang terserang influenza. Disarankan untuk segera memeriksakannya ke Puskesmas atau dokter terdekat. Karena beberapa gejala flu babi sangat mirip dengan gejala influenza biasa.

Waspadai beberapa gejala serangan flu babi, berikut ini:

  • demam yang muncul tiba-tiba,
  • batuk,
  • nyeri otot,
  • sakit tenggorokan,
  • hidung basah (pilek parah),
  • kelelahan yang berlebihan,
  • muntah-muntah, dan
  • diare.

Saat ini, Depkes RI telah menyiapkan antisipasi penanganan wabah flu babi, dengan menyediakan 100 rumah sakit rujukan, termasuk stok obat Tamiflu yang telah siap di beberapa rumah sakit.

Menkes RI juga menghimbau agar semua orang segera melakukan kebiasaan hidup bersih, mencuci tangan dengan sabun anti bakteri tiap sebelum makan, tidak sesering mungkin bersentuhan akrab dengan orang asing, serta menggunakan penutup hidung dan mulut jika sedang terserang influenza.

Mari kita selalu berupaya untuk selalu membiasakan diri hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit aneh yang akhir-akhir ini selalu datang menyapa dan menyebabkan kerugian pada manusia.

Sumber: IndoFamily dan King5.com

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

4 thoughts on “Waspada Gejala Flu Babi (Swine Flu)

  • 8 September 2009 at 04:30
    Permalink

    trims ats infonya

    pada Selasa, 8 Sept 2009 10:20:05

    Sama-sama mas 🙂

    Reply
  • 23 October 2010 at 16:04
    Permalink

    Long time reader / first time poster. Really enjoying reading the blog, keep up the good work. Will definitely start posting more in the near future.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...