Tips Tidur Nyenyak

2007 01 insomnia Tips Tidur NyenyakSaat mengalami sulit tidur, sebaiknya jangan mengonsumsi obat penenang sembarangan. Perlu berkonsultasi dengan ahli, untuk mendeteksi penyebab insomnia. Kalaupun para ahli memberikan obat untuk mengatasi insomnia, biasanya obat golongan sedatif-hipnotik, itu pun benar-benar ketat, untuk menghindari ketergantungan pada penggunaan jangka panjang yang berakibat resisten terhadap insomnia-nya. Pada bahasan kali ini, akan disampaikan beberapa tips bagaimana caranya agar kita bisa tidur dengan nyenyak sehingga kita bisa mendapatkan tidur yang berkualitas dan bermanfaat untuk tubuh.

Beberapa tips tidur nyenyak menurut majalah kesehatan OTC Digest edisi 33 bulan Mei 2009, antara lain:

  1. Perhatikan kebersihan, seperti cuci muka, cuci kaki dan kebersihan bagian tubuh yang lain. Hal ini akan membuat kita merasa nyaman sehingga dapat tertidur dengan nyenyak. Ingat kan pesan ayah ibu kita, “Ayo sikat gigi, cuci tangan, cuci kaki, trus bobo…” :love:
  2. Usahakan menetapkan waktu tidur dan bangun. Tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap hari, juga di hari libur. Biasakan menepati jadwal tersebut, agar pola tidur Anda normal kembali. Jika perlu setelah Anda affirmasi (mensugesti diri sendiri bahwa akan bangun jam sekian), Anda juga bisa menyiapkan weker untuk membantu proses Anda terbangun.
  3. Lakukan olahraga di siang atau sore hari, agar fisik Anda lebih lelah. Hal ini dapat memudahkan istirahat atau tidur.
  4. Hentikan kebiasaan minum kopi, teh, cola dan atau minuman lain yang mengandung kafein (soft drink), terutama di sore dan malam hari.
  5. Hindari konsumsi alkohol berlebihan. Pada awalnya, alkohol akan membuat mengantuk, tapi Anda akan terbangun di tengah malam dan sulit tidur kembali. Demikian juga merokok, sebaiknya hindari merokok sebelum tidur, karena akan membuat sulit tidur, kalaupun akhirnya tertidur Anda pun harus hati-hati karena dapat membahayakan diri dan orang lain (kebakaran misalnya, atau minimal kasur jadi bolong-bolong… :grin:  )
  6. Minum minuman hangat pada jam menjelang tidur. Mungkin air jahe hangat atau bandrek bisa cukup membantu :party:
  7. Hindari makan terlalu kenyang atau terlalu sedikit, karena membuat perut merespon secara tidak normal.
  8. Bila bekerja di sore hari, berhentilah setidaknya 1 jam sebelum tidur.
  9. Pastikan tempat tidur Anda nyaman dan ventilasi kamar tidur cukup baik. Tidak perlu empuk atau mewah, yang penting aman dari hal-hal yang mengganggu seperti suara bising maupun binatang kecil.
  10. Atur cahaya lampu kamar tidur menjadi remang-remang, ketika Anda akan tidur. Hal ini akan merangsang otak memproduksi melatonin, yang membimbing mata untuk trpejam.
  11. Jangan menggunakan obat tidur tanpa anjuran dokter. Jika ini dilakukan, justru insomnia akan tetap resisten. Pemakaian obat tidur seringkali hanya sebagai pereda sementara, sehingga jika habis waktu kerjanya maka akan kembali insomnia.
  12. Pastikan asupan makanan setiap hari mengandung gizi yang cukup terutama untuk kinerja otak dan otot. Beberapa studi yang menunjukkan bahwa asupan magnesium dan kalsium yang cukup dapat menangkal insomnia. Dalam hal ini, magnesium berfungsi merelaksasikan otot sementara kalsium sebagai penenang pikiran. Begitu pula dengan kecukupan asupan karbohidrat, karena karbohidrat terbukti dapat memacu pengeluaran serotonin yang merangsang rasa kantuk. Pastikan mengonsumsi kalsium alami dengan kandungan nutrisi dan mineral lengkap (termasuk magnesium) yang berdaya serap tinggi, dan dapatkan informasi lengkapnya disini.

Ada tambahan tips lainnya ? silahkan sharing disini.

 Tips Tidur Nyenyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Back to Top
Berlangganan Gratis
Fanpage Konsul Gratis
Follow Twitter
Follow Twitter
Down
ANDA MUNGKIN PERLU BACA INI !!!close