Cara Alami Mengatasi Sulit Tidur

Tidur berkualitas merupakan kondisi istirahat yang diidamkan setiap orang. Namun, di tengah kesibukan dan rutinitas bekerja, jam tidur kerap berkurang dan tidur tidak nyenyak. Efeknya, ketika bangun pagi badan terasa kurang fit, sering merasa mengantuk di siang hari, sulit berkonsentrasi dan mudah pusing. Lalu bagaimana cara mengatasinya ?

trans Cara Alami Mengatasi Sulit TidurSebenarnya, waktu ideal untuk tidur sebanyak 6-8 jam sehari. Namun, seiring bertambahnya usia biasanya menjadi 4 jam sehari dan tingkat pulasnya pun dapat berkurang. Hal ini masih normal terjadi dan belum tentu dikategorikan sebagai insomnia.

Tidak hanya faktor usia, sulit tidur juga dapat disebabkan oleh efek samping obat. Misalnya, akibat mengonsumsi obat anti hipertensi, obat steroid, dan yang mengandung kafein. Jika harus mengonsumsi obat-obatan tersebut secara rutin, Anda dapat mengganti obat dari golongan berbeda tetapi memiliki manfaat serupa, tanpa ada efek samping sulit tidur.

Untuk membantu mengatasi masalah sulit tidur, ada baiknya jika dimulai dengan mengatur hidup yang sehat. Keseimbangan antara olahraga teratur dan pola makan sehat serta lingkungan tempat tidur mempengaruhi kualitas istirahat di malam hari.

Olahraga diperlukan untuk menjaga stamina tubuh. Olahraga sebaiknya dilakukan secara rutin, di pagi atau sore hari, dapat dimulai dengan olahraga sederhana, seperti jalan kaki.

Jika harus membawa pekerjaan kantor ke rumah, sebaiknya berhentilah bekerja minimal satu jam sebelum tidur. Berikan tubuh dan pikiran Anda relaksasi barang sejenak agar tidur terasa lebih nyenyak.

Di samping itu, jam makan pun dapat mengganggu kualitas tidur. Usahakan makan setidaknya 4 jam sebelum tidur dan kendalikan porsi makannya agar tidak terlalu kenyang. Sebaliknya, tidur dengan perut lapar pun tidak disarankan karena kadar gula akan turun yang mengakibatkan efek pusing saat bangun di pagi hari.

Hindari pula makanan yang mengandung kadar lemak tinggi, gula, dan protein di jam-jam menjelang tidur malam. Sebaliknya, untuk membuat tubuh terasa lebih relaks, cobalah menyeruput minuman hangat, seperti teh, susu, atau segelas air hangat yang dicampur madu dengan takaran 2 sendok makan.

Terakhir, faktor lain yang juga mempengaruhi kualitas tidur Anda adalah lingkungan tempat Anda tidur. Usahakan tempat tidur Anda nyaman dan kamar tidur berventilasi baik dan bersih.

Ada baiknya juga jika mengonsumsi nutrisi penambah oksigen dalam darah, seperti Renuves Capsules atau Beneficial Capsules, yang akan mengembalikan kadar oksigen di dalam darah, sehingga tubuh akan menjadi lebih relaks saat tidur dan saat bangun pagi akan terasa lebih segar dan berseri. Serta konsumsi kalsium dan nutrisi lengkap yang berfungsi untuk menenangkan kerja persyarafan otak dan kontraksi otot, seperti Nutrient High Calsium.

Nah, bagaimana cara Anda mengatasi sulit tidur ? Mari sharing bersama disini…

You may also like...

17 Responses

  1. silmie aqueena nazila ramadani says:

    dok…saya wanita berusia 30th, sudah 2 malam ini saya susah banget buat tidur penyababnya adalah jantung saya seperti kedutan dan serseran setiap saya berbaring. yang ingin saya tnyakan apakah saya mengalami gangguan jantung, dan apa solusinya? terimakasih…..

    • dr. Nasir says:

      Jika gangguan jantung itu adalah penyebab Anda sulit tidur, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apa masalah yang menimpa jantung Anda. Namun jika gangguan jantung itu muncul setiap Anda akan berbaring, mungkin Anda bisa mencoba berbaring dengan posisi berbeda.

  2. pulsa says:

    saya sulit sekali tidur walaupun badan terasa cape..dan saya tidak bisa hilangkan ke biasaan minum kopi..

  3. ida says:

    nama saya ida saya berusia 32 tahun mengalami susah tidur selama hampir 3 tahun dan saya sekarang sedang pengobatan dok psikiatri dan dua tahun saya sudah komsumsi obat dari dok tsb.yang ingin saya tayakan mengapa saya jd ketergantungan obat tsb.dan bagaimana untuk memberintikannya.tks

    • ida says:

      oya dok setiap kali saya mau tidur jantung saya selalu terasa detaknya dan itu yg paling besar pemicu saya tidak bs tidur.padahal saya uda cek ke dok saya nggak ada gangguan pada jantung.tks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Back to Top
Berlangganan Gratis
Fanpage Konsul Gratis
Follow Twitter
Follow Twitter
Down
ANDA MUNGKIN PERLU BACA INI !!!close