Biasakan Anak Cuci Tangan Sendiri

Mencuci tangan adalah bagian penting untuk mengajari si kecil tentang menjaga kesehatan diri. Anak-anak aktivitas hariannya sangat dekat dengan kegiatan makan dan bermain. Maka mengajari mereka cuci tangan adalah sebuah hal penting, agar selain mendidik hidup sehat dan bersih, anak juga bisa belajar tentang keimanan. Namun bagaimana cara yang baik untuk membiasakan anak mencuci tangan?

Yang pertama sekali adalah orang tua harus memberikan contoh kebiasaan untuk selalu mencuci tangan setiap sebelum makan dan setelah melakukan aktivitas apapun. Hal ini dikarenakan bahwa anak kecil akan selalu meniru apa yang dilakukan orang tuanya. Berikutnya, biasakanlah membawa anak ke westafel untuk mencuci tangan sebelum makan. Biarkan dia mencuci sendiri tangannya dengan menggunakan sabun cair. Anda tidak perlu ikut dalam kegiatan tersebut, cukup memperhatikan saja. Selama anak tidak melalukan sesuatu yang berbahaya, maka biarkan ia mengeksplor keinginannya.

Jika anak malah memainkan air atau sabun cair hingga tumpah dan membasahi lantai. Anda cukup memberinya arahan dan bukan pukulan atau omelan. Pastikan anak tidak shock dengan apa yang anda lakukan.

Kegiatan cuci tangan, bukan hanya diperlukan ketika hendak makan namun setelah makan, ketika ingin tidur dan ketika hendak belajar (agar buku dan perlengkapan belajar tidak terkotori). Ajari cara mencuci tangan yang benar bukan sekedar memainkan air saja.

Langkah-langkah mencuci tangan dengan benar adalah :

  1. Basahi seluruh telapak hingga pergelangan tangan dengan air
  2. Gosok sela-sela jari tangan dan kuku
  3. Pakai sabun cair yang tidak berbahaya bagi anak
  4. Setelah berbusa, bilas tangan dengan air bersih
  5. Keringkan tangan dengan lap tangan atau handuk kecil

Dengan terbiasa melatih anak menjaga kebersihan diri, maka ia akan terbebas dari penyakit dan masalah pencernaan yang menganggu. Cuci tangan juga dapat mengajarkan padanya tentang arti hadits kebersihan sebagian dari iman.

Nah, sudahkah anak Anda diajari mencuci tangan sendiri ?

Dikutip : Dakta.com (dikembangkan)

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...