Gejala Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Penyakit jantung kini kembali ngetrend di semua kalangan, tidak peduli latar belakang dan kondisi perekonomian. Ada orang kaya, pejabat tinggi, karyawan, polisi, dan sebagainya hingga kalangan menengah ke bawah pun bisa dihinggapi penyakit jantung dan pembuluh darah. Pokoknya semua yang merasa mempunyai jantung sebagai alat untuk memompa darah ke seluruh tubuh, punya potensi terkena penyakit jantung. Masalahnya adalah, bagaimana kita mendeteksi gejala-gejala adanya gangguan jantung sejak dini, karena jika kita bisa mengetahui gejalanya sejak awal, tentu penanganan sekaligus pencegahan bisa dilakukan lebih dini, dan tentu saja cost yang dikeluarkan pun akan lebih ringan. Beberapa gejala mungkin sempat saya utarakan di blog ini, namun seiring semakin banyaknya orang yang terkena serangan jantung dengan keluhan awal yang beragam, termasuk beberapa pasien saya, maka ada baiknya saya sharingkan kembali beberapa gejala yang bisa jadi -walaupun tidak selalu- merupakan beberapa gejala adanya gangguan pada jantung, di antaranya:

  1. Nyeri, jika otot tidak mendapatkan cukup darah (suatu keadaan yang disebut iskemi), maka oksigen yang tidak memadai dan hasil metabolisme yang berlebihan menyebabkan kram atau kejang. Seperti yang pernah saya sampaikan pada posting yang lalu, angina merupakan perasaan sesak di dada atau perasaan dada di diremas-remas, yang timbul jika otot jantung tidak mendapatkan darah yang cukup, jenis dan beratnya nyeri atau ketidaknyamanan ini bervariasi pada setiap orang. beberapa orang yang mengelami kekurangan aliran darah bisa tidak merasakan nyeri sama sekali (suatu keadaan yang disebut silent ischemia). Jika darah yang mengalir ke otot yang lainnya (terutama otot betis) terlalu sedikit, biasanya penderita akan merasakan nyeri otot yang menyesakkan dan melelahkan selama melakukan aktivitas (klaudikasio).
  2. Sesak nafas, gejala yang biasa ditemukan pada gagal jantung, merupakan akibat masuknya cairan ke dalam rongga udara di paru-paru (kongesti pulmoner atau edema pulmoner). Pada stadium awal dari gagal jantung, penderita merasakan sesak nafas hanya selama melakukan aktivitas fisik. Sejalan dengan memburuknya penyakit, sesak akan terjadi ketika melakukan aktivitas yang ringan, bahkan ketika penderita sedang beristirahat (tidak melakukan aktivitas). Sebagian besar penderita merasakan sesak nafas ketika sedang berada dalam posisi berbaring karena cairan mengalir ke jaringan paru-paru. Jika duduk, gaya gravitasi menyebabkan cairan terkumpul di dasar paru-paru dan sesak akan berkurang. Sesak nafas pada malam hari (nocturnal dispneu) adalah sesak yang terjadi pada saat penderita berbaring di malam hari dan akan hilang jika penderita duduk tegak. Sesak nafas tidak hanya terjadi pada penyakit jantung, sesak nafas bisa juga dialami pada penderita penyakit paru-paru, penyakit otot-otot pernafasan atau penyakit sistem saraf yang berperan dalam proses pernafasan.
  3. Kelelahan atau kepenatan, yaitu jika jantung tidak efektif memompa, maka aliran darah ke otot selama melakukan aktivitas akan berkurang, menyebabkan penderita merasa lemah dan lelah. Gejala ini seringkali bersifat ringan. Untuk mengatasinya, pnderita biasanya mengurangi aktivitasnya secara bertahap atau mengira gejala ini sebagai bagian dari penuaan. (“Maklum lah sudah tua…,” katanya).
  4. Palpitasi (jantung berdebar-debar), biasanya seseorang tidak memperhatikan denyut jantungnya, tetapi pada keadaan tertentu (misalnya jika seseorang yang sehat melakukan olah raga berat atau mengalami hal yang dramatis), dia bisa merasakan denyut jantungnya. Jantungnya berdenyut dengan sangat kuat atau sangat cepat atau tidak tratur. Dokter bisa memperkuat gejala ini dengan meraba denyut nadi dan mendengarkan denyut jantung melalui stetoskop. Palpitasi yang timbul bersamaan dengan gejala lainnya (sesak nafas, nyeri, kelelahan, kepenatan, atau pingsan) kemungkinan merupakan akibat dari irama jantung ayang abnormal atau penyakit jantung yang serius.
  5. Pusing dan pingsan, karena penurunan aliran darah, denyut atau irama jantung yang abnormal atau karena kemampuan memompa yang buruk, bisa menyebabkan pusing dan pingsan. Gejala ini bisa juga disebabkan oleh penyakit otak atau saraf tulang belakang, atau bisa tanpa penyebab yang serius. Emosi yang kuat atau nyeri (yang mengaktifkan sebagian dari sistem saraf), juga bisa menyebabkan pingsan.

Demikian beberapa gejala yang bisa jadi merupakan gejala adanya gangguan pada jantung. Untuk menghindari keluhan yang berlanjut dari gejala tersebut, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter terdekat, jika diperlukan dilakukan tindakan pemeriksaan berkaitan dengan jantung seperti rekam irama jantung dengan EKG (Elektrokardiografi). Selanjutnya Anda dapat melakukan terapi-terapi yang bersifat pencegahan yang dianjurkan dokter, seperti sedapat mungkin segera berhenti merokok, mengurangi konsumsi junk-food atau makanan dengan kolesterol tinggi, perbanyak olahraga, perbanyak minum air putih, dan mengonsumsi nutrisi yang baik untuk jantung dan pembuluh darah (sangat direkomendasikan menggunakan nutrisi yang alami agar baik juga untuk hati dan ginjal).

Nutrisi Alami yang direkomendasikan

Nutrient High Calcium;

Kalsium merupakan mineral yang paling dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk jantung. Untuk mengembang dan mengempis, otot jantung membutuhkan kalsium sebagai tenaga penggeraknya. Kekurangan kalsium akan melemahkan kemampuan otot jantung untuk mengembang dan mengempis sehingga menyebabkan berbagai penyakit jantung. Beberapa test membuktikan ketika kita memberikan ion kalsium kepada jantung yang lemah, jantung secara bertahap akan mendapatkan kembali tenaganya, sehingga ini menunjukkan betapa pentingnya kalsium dalam menjaga detak jantung. Diperlukan nutrisi kalsium khusus yang berdaya serap tinggi (95%) yang aman bagi ginjal (tidak menyebabkan pengapuran atau batu ginjal), memiliki kadar kalsium yang tinggi yang diekstrak dengan biotknologi modern dari sumsum tulang sapi segar yang bebas polusi sehingga kandungannya per 400mg sama dengan 40 kali lipat dari susu sapi segar. Selain itu dilengkapi dengan nutrisi pelengkap yang bisa membuat tubuh lebih segar dan sehat.

Grape Extract Capsules;

Atau disebut juga Vigor Rousing, merupakan mekana kesehatan generasi ketiga yang memperoleh predikat The Best Food Suplement di China tahun 2001.  Diekstrak dari saripati anggur merah, mengandung resveratrol yang bermanfaat:

  • Nutrisi ampuh untuk mengatasi dan menyembuhkan semua penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah sehingga mencegah dan membantu pemulihan penyakit jantung.
  • Menormalkan tekanan darah, mnurunkan kolesterol tinggi, menurunkan kadar lemak tinggi dalam darah, mengontrol dan mencegah terjadinya plak dalam darah.
  • Memperlancar aliran darah ke otak sehingga mempu mencegah dan memulihkan stroke terutama akibat penyempitan pembuluh darah.
  • Mengendalikan tumbuh dan berkembangnya sel-sel kanker, mematikan sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel sehat dalam tubuh, serta mempercepat pemulihan penyakit kanker termasuk kanker darah (leukemia), kanker payudara, dsb.
  • Anti oksidan anggur merah selain alami, juga sangat efektif mengatasi radikal bebas.

Muncord Capsules (Cordyceps Mycellium);

Mengandung Cordyseps fermented mycelium powder yang merupakan resep China kuno yang bermanfaat sebagai:

  • Untuk paru-paru, bermanfaat untuk mengatasi berbagai gangguan sistem pernafasan seperti batuk, napas pendek, asma, TBC dan penyakit paru-paru lainnya.
  • Bagi jantung dan pembuluh darah, mampu memperbesar pembuluh darah dan meningkatkan pasokan darah ke paru-paru. Menambah volume aliran darah pembuluh jantung, menyeimbangkan zat kalsium dan phosphorisasi. Menekan terjadinya penumpukan trombosit hingga (>48%) dan merupakan anti pembkuan darah dalam pembuluh darah jantung.
  • Nutrisi ini juga brmanfaat untuk kesehatan ginjal, hati, limpa, dan daya tahan tubuh.

Jiang Zhi Tea (Antilipemic Tea);

Merupakan sajian teh hijau sehat yang racikannya ditambahkan herbal gymnostemma, daun teratai dan herbal penting lainnya. Gymnostemma dikenal sebagai “herbal ajaib” yang merupakan minuman para kaisar di masa China kuno. Tianshi telah mengembangkan teh kaisar ini untuk masyarakat umum yang juga menginginkan hidup sehat. Beberapa manfaat Jiang Zhi Tea:

  • Membantu mengatasi asam urat dan rematik.
  • Membantu membersihkan darah dari lemak dan trigliserid, menurunkan kadar lemak dan kepekatan darah, mnurunkan index pengerasan pembuluh darah, meningkatkan kadal HDL sbagai kolesterol baik dan mengatur jumlah protein lemak.
  • Membantu mencegah penyakit jantung.
  • Mencegah kanker, memperkuat hati, membantu mencegah penyakit otak, dan membantu mencegah gigi cepat/mudah tanggal.
  • Karena bisa melebur lemak, maka Jiang Zhi Tea juga mampu memberikan efek penurunan berat badan/melangsingkan tubuh, secara sehat dan alami.

Chitin Chitosan Capsules;

Chitosan atau butylosar diekstrak dari zat kerak (crust) binatang yang berkulit keras (seperti kepiting, udang) yang bermanfaat antara lain:

  • Mencegah penumpukan kolesterol jahat pada hati.
  • Menurunkan hipertensi (darah tinggi) dan mnkan penyerapan kolestrol tinggi dan menstabilkan tekanan darah.
  • Menekan penyebaran sel kanker dan tumor.
  • Memperkuat fungsi hati dan mengurai racun.
  • Berdaya rekat tinggi, sehingga bisa melapisi saluran usus dan mengurangi penyerapan usus terhadap glukosa. Chitosan ini sangat bagus untuk penderita diabetes (kencing manis).
  • Zat kerak (crust) mengaktifkan sel-sel tubuh agar berfungsi menambah daya kekebalan tubuh.
  • Mengharmoniskan organ tubuh.
  • Mempercepat penyembuhan luka, baik yang berada di luar tubuh maupun di dalam tubuh.

Untuk mengetahui lebih lanjut serta mendapatkan nutrisi-nutrisi terbaik dunia tersebut, Anda bisa segera menghubungi saya di dr.nasseer@gmail.com Nah, sudahkah Anda periksakan kondisi jantung Anda ? Jika ditemukan salah satu dari gejala di atas, segera cek ke dokter terdekat dan menghubungi saya untuk pencegahan dengan nutrisi alami.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

33 thoughts on “Gejala Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

  • 24 August 2009 at 10:57
    Permalink

    tolong dong dikirim ke emailku info seputar penyakit jantung, thanks

    pada Senin, 24 Agt 2009 11:59:55

    Untuk mengikuti informasi lengkap dari blog ini, silahkan masukkan alamat email Anda di kotak “Get Latest Info For Free”, klik subscribe, ikuti petunjuk, lalu verifikasi melalui email Anda. Insya Allah informasi kesehatan termasuk tentang jantung akan langsung Anda terima di email Anda. Terimakasih. 🙂

    Reply
  • 29 August 2009 at 15:34
    Permalink

    saya sangat suka postingan masalah penyakit jantung dan saya akan menjaga jantung saya.

    pada Minggu, 30 Agt 2009 06:46:35

    Terima kasih atas kunjungan, semoga Anda selalu sehat. 🙂

    Reply
  • 1 September 2009 at 13:20
    Permalink

    Assalamu’alaikum. .

    Wah, terimakasih banyak artikelnya Pak !! 🙂
    Saya sering sekali mengalami nyeri dada disertai linu pada tangan kiri dan sesak serta detak jantung yg terasa berdebar-debar keras. . 😥
    Awalnya saya cuek, tapi karena sakit ini berkelanjutan, saya jadi mulai khawatir. . 😕
    Sampai akhirnya saya googling dan mendapatkan artikel Bapak. .
    Saya jadi sadar 😯 , saya harus segera berobat walaupun saya kurang menyukai kegiatan periksa ke dokter atau sejenisnya. .hehe 😀
    Sekali lagi saya ucapkan terimakasih banyak. .

    Wassalam.

    pada Selasa, 1 Sept 2009 14:38:45

    Terima kasih kembali atas kunjungannya, saya sangat senang jika pekerjaan saya ternyata bermanfaat untuk banyak orang 🙂
    Semoga lekas sembuh ya…

    Reply
  • 28 September 2009 at 19:11
    Permalink

    Assalamualaikum dokter…
    Sebelumnya saya tdk pernah berpikir ttg penyakit jantung utk diri saya, karena bawaan saya nda kagetan cenderung tenang/stabil scr emosi 😐 . tapi belakangan saya sering di malam hari tiba2 terbangun dan sesak dan stlh duduk agak tenang kmd tidak bs tidur, juga sering merasa tiba2 tratapan (istilah jawa), apakah ini gejala jantung dokter, terus 🙁 bgm mengatasinya

    pada Selasa, 29 Sept 2009 10:12:53

    Tampaknya ibu harus berkunjung ke dokter ahli jantung untuk memeriksakan diri atas kondisi ibu tersebut, jangan sampai kejadian tersebut selalu berulang, karena bisa jadi itu merupakan pertanda penyakit jantung akut. Tapi bisa juga ibu menderita suatu sindrom psikis yang disebut neurosis atau gangguan kecemasan, yang bisa diakibatkan oleh aktivitas ibu yang terlalu berat akhir2 ini dan adanya gangguan pikiran yang terlalu berat, sehingga muncul gejala atau keluhan demikian. Coba ibu ingat-ingat apa masalah yang akhir2 ini mengganggu pikiran ibu…:)
    Semoga bermanfaat…

    Reply
  • 30 September 2009 at 14:43
    Permalink

    Yth
    Pak Dokter Nasseer

    Perkenalkan nama saya adi (pria-42 thn) sudah 2 bulan ini merasakan nyeri di dada kiri atas, kira-kira 5 cm meter dari puting. gejala-gejalanya adalah rasa nyeri terutama ketika mengangkat beban dengan tangan kiri dan sedikit rasa perih di dada tetapi tidak sesak. Pagi ini karena ada masalah keluarga saya emosi/kesal dan untuk yang pertama kali di dada rasa sakit itu timbul lebih terasa (selama bulan puasa tidak pernah emosi). 3 minggu yang lalu saya check EKG dan hasilnya normal dan direkomendasikan dokter untuk test Sepeda/Tread Mill.

    Sebagai keterangan tambahan, Saya dan istri dari dulu hampir 1 bulan sekali makan Kentucky Fried Chicken tapi saya juga rajin olah raga sepeda.

    Sudah sebulan ini saya minum Omegasqua + Squalene tetapi ketika 2 hari saya tidak minum rasa nyeri itu timbul kembali.

    Pada kesempatan ini saya minta penjelasan kira-kira apa yang sebenarnya terjadi dijantung saya dan nasihat lengkap apa saja olah raga, makanan, minuman serta supplemen yang rekomendasi Pak Dokter Nasseer.

    Sebelumnya atas perhatian bapak Dokter adi ucapkan terima kasih.

    Salam saya ;
    Adi

    pada Rabu, 30 Sept 2009 15:42:23

    Salam kenal pak Adi Nurridwan,

    Sebenarnya sudah saya jawab pertanyaan bapak ini via email, namun tidak apa2 saya ulang kembali. Terima kasih atas kepercayaan bapak mengkonsultasikan masalah ksehatan bapak kepada saya. Kalo boleh tahu, dimana bapak tinggal dan apa pekerjaan bapak?

    Dari keluhan yang bapak sampaikan, ada kemungkinan bapak menderita Angina Pectoris, mungkin disebabkan adanya sumbatan akibat plak darah di pmbuluh darah jantung. Mengingat usia dan kebiasaan bapak selama ini juga bisa saja mempngaruhi kesehatan bapak. Mngenai hasil EKG yang normal, itu bisa saja terjadi apalagi ketika bapak mmeriksakan diri tidak sedang dalam keadaan nyeri dada. Mungkin bapak disarankan untuk memeriksakan jantung dengan CT-Scan, Treadmill, Enzim Jantung, serta kondisi kadar kolesterol darah, kadar gula darah.
    Mengenai olahraga, bersepeda juga bagus, tetapi lebih baik jika ditambah dengan jogging dan renang, agar metabolisme tubuh lebih baik.

    Akan lebih baik jika bapak mengonsumsi jus alpukat atau buah-buahan yang mengandung tinggi anti oksidan lain seperti jeruk, apel, mangga. Atur agar jus buah tersebut dikonsumsi setengah jam sebelum makan. Kurangi dulu makanan yang berkadar lemak tinggi dan jenuh, fast food, makanan yang dibakar/panggang. Perbanyak minum air putih.

    Adapun suplemen yang saya rekomendasikan adalah Nutrient High Calsium, Muncord, dan Grape Extract, semuanya untuk ksehatan jantung dan sistem kekbalan tubuh.

    Demikian, semoga brmanfaat.

    Reply
  • 16 October 2009 at 22:42
    Permalink

    pak, apakah penyakit jantung hanya pada orang yang menderita hipertensi? adakah penyakit jantung pada penderita hipotensi?
    saya memiliki tekanan darah rendah 90/60. namun, dada saya sering sesak dan nyeri.
    terima kasih 😀

    pada Sabtu, 17 Okt 2009 19:22:03

    Penyebab penyakit jantung itu bermacam-macam, diantaranya hipertensi (faktor pendukung utama). Jadi tidak mesti penderita hipertensi, bahkan anak-anak pun bisa saja kena.
    Untuk keluhan Anda, pasti ada penyebabnya, kenapa bisa terjadi sesak dan nyeri pada dada, jika disertai gejala yang sesuai dengan penyakit jantung, tentu Anda bisa curiga terserang penyakit jantung. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa hubungi dokter terdekat untuk memeriksakan atau memastikan kecurigaan tersebut.
    Semoga Anda selalu sehat walafiat dan itu bukan termasuk gejala sakit jantung bagi Anda.
    Trims.

    Reply
  • 23 October 2009 at 19:21
    Permalink

    Saya senang sekali membaca tulisan Bapak di blog ini,apa yg sy rasakan persis sama dengan keluhan penderita sakit jantung tapi saatdi periksa dokter ahli jantung ( EKG dan tread mil ) darah dsbnya tapi hasilnya katanya bagus padahal waktu itu lagi nyeri di dada,Sebulan sebelumnya sy juga general check up hasinya juga semua bagus.
    Baru-baru ini sy periksa entah apa nama alatnya tangan sebelah di letakkan di alat tsb dan yg sebelah lagi di hubungian dgn listrik dan hasilnya jantung ada lemak empedu ada gangguan usus kotor,liver ada gejala asam urat ,reumatik dan lain2 saya jadi bingung dok.
    Saya penderita maag akut yg hampir setiap saat sendawa dan kembung.
    Saya dulunya olah raga angkat beban dan sekarang berhenti sama sekali karena sering lapar dan juga kesibukan pekerjaan.
    Saya akan selalu mengikuti tulisan2 bapak selanjutnya.thanks

    pada Sabtu, 24 Okt 2009 00:18:03

    Terima kasih atas partisipasi dan penghargaannya pak, silahkan bapak simak artikel di blog ini yang memuat beberapa gaya hidup sehat, semoga bisa bermanfaat buat menjaga tubuh kita selalu sehat.
    Sekali lagi terima kasih pak. 🙂

    Reply
  • 3 December 2009 at 12:51
    Permalink

    Dear Dr. Nasir,

    Ulasan tentang gejala penyakit jantungnya sangat baik namun nutrisi yang direkomendasikan larinya kok ke Tianshi….

    Congratulation and keep Networking with Unicore

    pada Kamis, 3 Des 2009 15:14:10

    Rekomendasi yang menurut saya baik sekali, tapi tiap orang boleh memilih kok… kalo masih memilih produk farmasi umum, silahkan kontak lewat kolom Konsultasi. 🙂
    BTW, makasih udah mampir dan memberi support. Sukses buat kita semua…

    Reply
  • 5 January 2010 at 20:25
    Permalink

    saya mo tanya…
    dada terasa seperti ditekan,itu termasuk dalam gejala penyakit jantung atau tidak???

    pada Selasa, 05 Jan 2010 21:47:20

    Salah satu gejalanya memang itu, tapi tidak cukup hanya itu untuk menjurus kepada penyakit jantung, perlu ada gejala lain yang lebih spesifik.

    Reply
  • 6 January 2010 at 14:14
    Permalink

    Gejala yg spesifik itu apa ?
    Selain yang sudah dijelasin diatas.

    pada Rabu, 06 Jan 2010 16:21:30

    Sebagian saya terangkan juga di sini. Yang jelas jika gejala2 tersebut sudah hinggap di tubuh Anda, segera periksakan ke dokter untuk mendapat diagnosis pasti melalui EKG dan penunjang diagnostik lainnya. Trims.

    Reply
  • 11 January 2010 at 22:37
    Permalink

    Selamat Malam dok, Saya aldy saya berusia 22 tahun ringgi 170 berat 73kg saya memiliki obesitas tengah dok. setiap saya habis beraktifitas (misal olahraga) dada kiri saya nyeri detak jantung meningkat, tapi setelah beberapa saat setelah istirahat dada saya kembali normal. Akhir-akhir ini saya juga sering gelisah apakah ini gejala penyakit jantung dok? padahal saya setiap hari berolah raga

    pada Selasa, 12 Jan 2010 11:25:05

    Obesitas memang banyak resikonya ya, silahkan Anda baca informasi tambahannya disini. Pada kasus Anda, besar kemungkinan lemak abdomen/perut sudah mulai menekan diafragma sehingga juga menekan organ yang ada di atasnya seperti jantung dan paru-paru, menyebabkan kinerjanya juga terganggu. Terkadang olahraga saja tidak cukup, diperlukan diet ketat yang harus Anda jalani dengan konsisten, agar obesitas Anda berkurang. Demikian. Terima kasih

    Reply
  • 13 February 2010 at 10:07
    Permalink

    Yth.dr.Nasir
    saya sudah membaca tulisan dokter ttg gejala penyakit jantung dan pembuluh darah, dan saya mengalami gejala2 spt tersebut diantaranya, saya juga sudah memeriksakan diri ke dokter sudah di EKG,rontgen dada,USG jantung, treetmeal dan cek darah…. menurut dokter jantung saya normal tetapi mmg tekanan darah saya tinggi 150/90 denyut jantung juga cepat tetapi sudah diberi obat…. tetapi kenapa saat ini rasa saki di lengan kanan dan kiri jg diderah sekitar dada punggung msh sering sakit terutama di sekeliling ketiak sebalah kanan padahal dr jg sudah ngasih painkiller dan obat maag juga krn prod. gas yg tinggi sering sendawa … obatnya jg sdh abs krn hanya utk sminggu… tp rasa sakit ini masih sering timbul…. saya mohon saran dokter…cek apa yg hrs saya lakukan … krn dokter dsini ( saya lg di jpg) tidak mau mengulang2 cek lg walaupun saya pergi ke Rs berbeda… oya saya brumur 35 thn bb 58 tb166cm
    terima kasih sebelumnya dokter…

    pada Minggu, 14 Feb 2010 14:02:30

    Memang kalo untuk melakukan pemeriksaan2 seperti di atas ada masa dan intervalnya, tidak mungkin dilakukan berulang2, bisa berbahaya buat tubuh. Tapi coba diingat2 betul, sejak kpn keluhan itu muncul dan apakah ada hubungannya dengan aktivitas sehari2, termasuk makan, minum, ataupun stressor sekitar. Karena terkadang jika sebuah penyakit muncul namun tidak dapat sembuh hanya dengan obat biasa dari dokter, ternyata hanya terpicu oleh simpatomimetik atau sugesti hidup yang kurang baik. Cobalah untuk memperbaiki pola hidup, pola makan, dan hindari stres dulu, karena tergantung dengan obat pun kurang baik.

    Reply
  • 18 February 2010 at 08:07
    Permalink

    ok dokter terimakasih sekali reply dan sarannya…mudah2an bisa menjalankan pola hidup sehat yg ada di tulisan2 dokter di web ini… oya dok mo tanya lagi… karena yang sudah jelas ada tekanan darah saya yg agak tinggi dan maag saya yg akut banyak sekali produksi gasnya… apakah rasa sakit di punggung dan tangan trutama di sebelah kanan bisa disebabkan oleh maag atau hipertensi itu ya dok?
    terimakasih dokter

    Reply
  • 18 February 2010 at 08:26
    Permalink

    sedikit tambahan dokter… karena setelah minum obat maag rasa sakit dan ngilu itu berkurang dan hilang walaupun akan timbul lg.. apakah ini sugesti saya aja ya dok?…. sebenernya saya ingin sembuh tanpa obat2 an tapi terkadang nggak tahan dok..:(

    pada Kamis, 18 Feb 2010 08:53:26

    Smuanya bisa saya saling mempengaruhi, baik pola makan, pola hidup serta adanya stressor yang kuat tanpa adanya pengendalian diri yang baik, bisa memicu timbulnya penyakit yang berkomplikasi. Coba dulu saran saya sebelumnya, semoga bisa bermanfaat dan lebih baik.

    Reply
  • 16 May 2010 at 21:35
    Permalink

    Selamat malam dokter Nasir…
    Saya adalah tipe orang yang tidurnya tidak teratur. Saya bekerja di kantor pada 9.30 – 17.30 dan juga bekerja di rumah sbg freelance illustrator. Kadang tidur jam 7 mlm lalu bangun jam 11an mlm, kemudian mulai kerja hingga jam 5 pagi, lalu tidur dan bangun jam 8an pagi.
    Saya memiliki maag ringan yang sudah lama tidak kambuh dan anemia yang berakibat pusing dan pandangan kabur sesaat kalo berdiri setelah duduk jongkok agak lama.
    Karena kemarin hari Sabtu, saya kerja di depan komputer sampai jam 6 pagi dan tidur sampai jam 12 siang. Saat saya bangun tadi, tubuh rasanya letih sekali (beda dari biasay). Saya pikir dehidrasi, lalu saya minum air putih seperti biasanya. Tapi pada saat saya bangun dari duduk dan berjalan, dada rasanya sesak sekali, nafas terasa berat dan pendek. Kalo bernafas lewat hidung rasanya sangat sedikit udara yang masuk ke dada, jadi saya bernafas dengan mulut. Juga minum air putih sesering mungkin. Sampai sekarang (malam) dada masih terasa sesak.
    Yang ingin saya tanyakan :
    1. Gejala penyakit apakah yang saya alami ini?
    2. Apakah termasuk gejala penyakit jantung?

    Terima kasih sebelumnya

    Reply
  • 16 May 2010 at 21:39
    Permalink

    Oiya dok, selain sesak nafas, jantung juga berdebar-debar…

    Reply
  • 6 February 2011 at 23:28
    Permalink

    dok saya mau tanya,,,,, apa penyebab kanker pembulu darah,,,, terus di sebab kan apa dok

    Reply
    • 8 February 2011 at 23:11
      Permalink

      penyebabnya lebih banyak belum diketahui, namun yang paling mudah terdeteksi adalah adanya zat-zat karsinogenik/zat pemicu kanker yang masuk ke dalam darah, mungkin dari makanan, radiasi, atau pun sebab lain.

      Reply
  • 13 April 2011 at 12:19
    Permalink

    Dr.Nasir
    dok suami saya divonis kena jantung lemah, tapi kl dia byk pikiran pasti keluar darah dr hidung(mimisan) ato dr mulut, saya sangat kawatir dengan kondisi suami saya. kira2 bisa sembuhkah penyakit suami saya dok.
    sebelum dan sesudahnya terima kasih

    Reply
    • 14 April 2011 at 08:36
      Permalink

      Bu, yang bisa menyembuhkan segala penyakit hanya Dzat yang menurunkan penyakit itu, hanya Allah-lah Dzat Maha Penyembuh. Saya hanya perantara yang bisa membantu mencarikan media penyembuhan, saya dapat merekomendasikan kepada ibu agar suami ibu mengonsumsi suplemen/obat yang saya punya. Silahkan ibu hubungi saya di 08122572265.
      Terima kasih.

      Reply
  • 22 April 2011 at 19:30
    Permalink

    Doktor, masaalah saya , dada terasa sakit dan sempit . susah hendak bernafas . Bila saya berbaring sangat sakit rasanya dan terus saya tarik nafas dalam-dalam . baru saya rasa lega. saya belum berjumpa doktor lagi . saya sangat risau , adakah ini berkaitan dengan jantung .

    Reply
  • 23 April 2011 at 13:12
    Permalink

    Dokter, sudah 3 bulan ini saya merasa perut sebelah kiri keatas sampai dada sebelah kiri kok terasa tidak nyaman, saya sudah cek melalui EKG dokternya bilang Jantung saya baik2 saja dan didiagnosa cuma asam lambung berlebih, tapi sampai sekarang rasa tidak nyaman itu kok belum sembuh juga ya? rasa tidak nyaman itu akan hilang sementara kalau bersendawa dan buang gas. mohon pencerahan. terima kasih.

    Reply
    • 27 April 2011 at 15:26
      Permalink

      Saya menduga Anda terserang penyakit lambung. Jika penyebab dan pemicunya tidak diatasi, keluhannya akan tetap muncul. Coba ikuti tips di artikel tentang maag ini ya. Semoga bermanfaat.

      Reply
  • 10 June 2011 at 09:46
    Permalink

    Selamat pagi dok, saya Priska. Sejak kecil saya senang olahraga akan tetapi ketika kelas 6SD, dada saya nyeri dan ketika diperiksa ke dokter ada gejala jantung akan tetapi karena tidak ditindak lanjuti jadi tidak ada pemgobatan. Telapak tangan dan kaki saya sering basah, kalau saya kecapean nafas saya pendek, sulit bernafas. Kemarin jantung saya berdetak sangat cepat, sehingga saya merasa nyeri di dada dan sesak nafas. Apakah ini termasuk gejala jantung? Tolong dijawab ya dok. Karena ini penting sekali untuk saya. Terima kasih.

    Reply
  • 15 August 2011 at 13:48
    Permalink

    maaf dok, kenapa yah akhir” ini saya ska skit kpala kdang mata saya sering perih,, pdhalkan kalo skit kpla gk gni” amat,,, tiap saya mau belajar sya gk bsa konsent , , kdang pusing brcampur skit mata jd bngun dr tmpat tdur tuhh susah…. mksih dok sbelumnya, saya mhon pngertiannya

    Reply
  • 11 November 2011 at 15:32
    Permalink

    sore dok,saya mau tanya apa penyebab utamanya penempitan pembuluh darah,dan infeksi selaput otak,
    adakah cara utk mengobati penyakit penyempitan pembuluh darah?

    Reply
  • 23 November 2011 at 12:07
    Permalink

    maaf saya mau tanya dok ..
    dada saya sering sakit, susah bernafas, tangan saya selalu berkeringat, dan itu terjadi hampir setiap hary ….
    walaupun sebenar y saya sudah tau, kalau saya punya lemah pada jantung saya .
    sudah hampir 3 tahun saya menyepelekan penyakit nie …
    lama semakin lama , sakit yg saya rasa,, sangat amat terasa sakit ..
    selama 3 tahun , saya gx prnah kontrol ataupun periksa ..
    apakah nie pertanda , kalau penyakit saya semakin parah …
    atau , karna hanya faktor kecapean saja …
    karna saya kerja sambil kuliah ….
    mohon saran y dok …..

    Reply
  • 24 December 2011 at 06:18
    Permalink

    Assalamu’alaikum dok..
    usia saya skrng 33 th, yang saya rasakan skrng dada saya rasa di tekan, napas sesak dan saya sering bersendawa ketika narik nafasnya engk bisa mencapai puncak. gmn solusinya

    Reply
  • 21 February 2012 at 19:58
    Permalink

    pak. mohon pendapatnya,,,
    apakah yg dimaksud dgn produk nutrient high calcium adalah produ tianshi?

    Reply
  • 27 February 2012 at 13:52
    Permalink

    Dmana sy bs mendapatkan cordyceps mycellium

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...