Gejala Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Penyakit jantung kini kembali ngetrend di semua kalangan, tidak peduli latar belakang dan kondisi perekonomian. Ada orang kaya, pejabat tinggi, karyawan, polisi, dan sebagainya hingga kalangan menengah ke bawah pun bisa dihinggapi penyakit jantung dan pembuluh darah. Pokoknya semua yang merasa mempunyai jantung sebagai alat untuk memompa darah ke seluruh tubuh, punya potensi terkena penyakit jantung. Masalahnya adalah, bagaimana kita mendeteksi gejala-gejala adanya gangguan jantung sejak dini, karena jika kita bisa mengetahui gejalanya sejak awal, tentu penanganan sekaligus pencegahan bisa dilakukan lebih dini, dan tentu saja cost yang dikeluarkan pun akan lebih ringan. Beberapa gejala mungkin sempat saya utarakan di blog ini, namun seiring semakin banyaknya orang yang terkena serangan jantung dengan keluhan awal yang beragam, termasuk beberapa pasien saya, maka ada baiknya saya sharingkan kembali beberapa gejala yang bisa jadi -walaupun tidak selalu- merupakan beberapa gejala adanya gangguan pada jantung, di antaranya:

  1. Nyeri, jika otot tidak mendapatkan cukup darah (suatu keadaan yang disebut iskemi), maka oksigen yang tidak memadai dan hasil metabolisme yang berlebihan menyebabkan kram atau kejang. Seperti yang pernah saya sampaikan pada posting yang lalu, angina merupakan perasaan sesak di dada atau perasaan dada di diremas-remas, yang timbul jika otot jantung tidak mendapatkan darah yang cukup, jenis dan beratnya nyeri atau ketidaknyamanan ini bervariasi pada setiap orang. beberapa orang yang mengelami kekurangan aliran darah bisa tidak merasakan nyeri sama sekali (suatu keadaan yang disebut silent ischemia). Jika darah yang mengalir ke otot yang lainnya (terutama otot betis) terlalu sedikit, biasanya penderita akan merasakan nyeri otot yang menyesakkan dan melelahkan selama melakukan aktivitas (klaudikasio).
  2. Sesak nafas, gejala yang biasa ditemukan pada gagal jantung, merupakan akibat masuknya cairan ke dalam rongga udara di paru-paru (kongesti pulmoner atau edema pulmoner). Pada stadium awal dari gagal jantung, penderita merasakan sesak nafas hanya selama melakukan aktivitas fisik. Sejalan dengan memburuknya penyakit, sesak akan terjadi ketika melakukan aktivitas yang ringan, bahkan ketika penderita sedang beristirahat (tidak melakukan aktivitas). Sebagian besar penderita merasakan sesak nafas ketika sedang berada dalam posisi berbaring karena cairan mengalir ke jaringan paru-paru. Jika duduk, gaya gravitasi menyebabkan cairan terkumpul di dasar paru-paru dan sesak akan berkurang. Sesak nafas pada malam hari (nocturnal dispneu) adalah sesak yang terjadi pada saat penderita berbaring di malam hari dan akan hilang jika penderita duduk tegak. Sesak nafas tidak hanya terjadi pada penyakit jantung, sesak nafas bisa juga dialami pada penderita penyakit paru-paru, penyakit otot-otot pernafasan atau penyakit sistem saraf yang berperan dalam proses pernafasan.
  3. Kelelahan atau kepenatan, yaitu jika jantung tidak efektif memompa, maka aliran darah ke otot selama melakukan aktivitas akan berkurang, menyebabkan penderita merasa lemah dan lelah. Gejala ini seringkali bersifat ringan. Untuk mengatasinya, pnderita biasanya mengurangi aktivitasnya secara bertahap atau mengira gejala ini sebagai bagian dari penuaan. (“Maklum lah sudah tua…,” katanya).
  4. Palpitasi (jantung berdebar-debar), biasanya seseorang tidak memperhatikan denyut jantungnya, tetapi pada keadaan tertentu (misalnya jika seseorang yang sehat melakukan olah raga berat atau mengalami hal yang dramatis), dia bisa merasakan denyut jantungnya. Jantungnya berdenyut dengan sangat kuat atau sangat cepat atau tidak tratur. Dokter bisa memperkuat gejala ini dengan meraba denyut nadi dan mendengarkan denyut jantung melalui stetoskop. Palpitasi yang timbul bersamaan dengan gejala lainnya (sesak nafas, nyeri, kelelahan, kepenatan, atau pingsan) kemungkinan merupakan akibat dari irama jantung ayang abnormal atau penyakit jantung yang serius.
  5. Pusing dan pingsan, karena penurunan aliran darah, denyut atau irama jantung yang abnormal atau karena kemampuan memompa yang buruk, bisa menyebabkan pusing dan pingsan. Gejala ini bisa juga disebabkan oleh penyakit otak atau saraf tulang belakang, atau bisa tanpa penyebab yang serius. Emosi yang kuat atau nyeri (yang mengaktifkan sebagian dari sistem saraf), juga bisa menyebabkan pingsan.

Demikian beberapa gejala yang bisa jadi merupakan gejala adanya gangguan pada jantung. Untuk menghindari keluhan yang berlanjut dari gejala tersebut, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter terdekat, jika diperlukan dilakukan tindakan pemeriksaan berkaitan dengan jantung seperti rekam irama jantung dengan EKG (Elektrokardiografi). Selanjutnya Anda dapat melakukan terapi-terapi yang bersifat pencegahan yang dianjurkan dokter, seperti sedapat mungkin segera berhenti merokok, mengurangi konsumsi junk-food atau makanan dengan kolesterol tinggi, perbanyak olahraga, perbanyak minum air putih, dan mengonsumsi nutrisi yang baik untuk jantung dan pembuluh darah (sangat direkomendasikan menggunakan nutrisi yang alami agar baik juga untuk hati dan ginjal).

Nutrisi Alami yang direkomendasikan

Nutrient High Calcium;

Kalsium merupakan mineral yang paling dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk jantung. Untuk mengembang dan mengempis, otot jantung membutuhkan kalsium sebagai tenaga penggeraknya. Kekurangan kalsium akan melemahkan kemampuan otot jantung untuk mengembang dan mengempis sehingga menyebabkan berbagai penyakit jantung. Beberapa test membuktikan ketika kita memberikan ion kalsium kepada jantung yang lemah, jantung secara bertahap akan mendapatkan kembali tenaganya, sehingga ini menunjukkan betapa pentingnya kalsium dalam menjaga detak jantung. Diperlukan nutrisi kalsium khusus yang berdaya serap tinggi (95%) yang aman bagi ginjal (tidak menyebabkan pengapuran atau batu ginjal), memiliki kadar kalsium yang tinggi yang diekstrak dengan biotknologi modern dari sumsum tulang sapi segar yang bebas polusi sehingga kandungannya per 400mg sama dengan 40 kali lipat dari susu sapi segar. Selain itu dilengkapi dengan nutrisi pelengkap yang bisa membuat tubuh lebih segar dan sehat.

Grape Extract Capsules;

Atau disebut juga Vigor Rousing, merupakan mekana kesehatan generasi ketiga yang memperoleh predikat The Best Food Suplement di China tahun 2001.  Diekstrak dari saripati anggur merah, mengandung resveratrol yang bermanfaat:

  • Nutrisi ampuh untuk mengatasi dan menyembuhkan semua penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah sehingga mencegah dan membantu pemulihan penyakit jantung.
  • Menormalkan tekanan darah, mnurunkan kolesterol tinggi, menurunkan kadar lemak tinggi dalam darah, mengontrol dan mencegah terjadinya plak dalam darah.
  • Memperlancar aliran darah ke otak sehingga mempu mencegah dan memulihkan stroke terutama akibat penyempitan pembuluh darah.
  • Mengendalikan tumbuh dan berkembangnya sel-sel kanker, mematikan sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel sehat dalam tubuh, serta mempercepat pemulihan penyakit kanker termasuk kanker darah (leukemia), kanker payudara, dsb.
  • Anti oksidan anggur merah selain alami, juga sangat efektif mengatasi radikal bebas.

Muncord Capsules (Cordyceps Mycellium);

Mengandung Cordyseps fermented mycelium powder yang merupakan resep China kuno yang bermanfaat sebagai:

  • Untuk paru-paru, bermanfaat untuk mengatasi berbagai gangguan sistem pernafasan seperti batuk, napas pendek, asma, TBC dan penyakit paru-paru lainnya.
  • Bagi jantung dan pembuluh darah, mampu memperbesar pembuluh darah dan meningkatkan pasokan darah ke paru-paru. Menambah volume aliran darah pembuluh jantung, menyeimbangkan zat kalsium dan phosphorisasi. Menekan terjadinya penumpukan trombosit hingga (>48%) dan merupakan anti pembkuan darah dalam pembuluh darah jantung.
  • Nutrisi ini juga brmanfaat untuk kesehatan ginjal, hati, limpa, dan daya tahan tubuh.

Jiang Zhi Tea (Antilipemic Tea);

Merupakan sajian teh hijau sehat yang racikannya ditambahkan herbal gymnostemma, daun teratai dan herbal penting lainnya. Gymnostemma dikenal sebagai “herbal ajaib” yang merupakan minuman para kaisar di masa China kuno. Tianshi telah mengembangkan teh kaisar ini untuk masyarakat umum yang juga menginginkan hidup sehat. Beberapa manfaat Jiang Zhi Tea:

  • Membantu mengatasi asam urat dan rematik.
  • Membantu membersihkan darah dari lemak dan trigliserid, menurunkan kadar lemak dan kepekatan darah, mnurunkan index pengerasan pembuluh darah, meningkatkan kadal HDL sbagai kolesterol baik dan mengatur jumlah protein lemak.
  • Membantu mencegah penyakit jantung.
  • Mencegah kanker, memperkuat hati, membantu mencegah penyakit otak, dan membantu mencegah gigi cepat/mudah tanggal.
  • Karena bisa melebur lemak, maka Jiang Zhi Tea juga mampu memberikan efek penurunan berat badan/melangsingkan tubuh, secara sehat dan alami.

Chitin Chitosan Capsules;

Chitosan atau butylosar diekstrak dari zat kerak (crust) binatang yang berkulit keras (seperti kepiting, udang) yang bermanfaat antara lain:

  • Mencegah penumpukan kolesterol jahat pada hati.
  • Menurunkan hipertensi (darah tinggi) dan mnkan penyerapan kolestrol tinggi dan menstabilkan tekanan darah.
  • Menekan penyebaran sel kanker dan tumor.
  • Memperkuat fungsi hati dan mengurai racun.
  • Berdaya rekat tinggi, sehingga bisa melapisi saluran usus dan mengurangi penyerapan usus terhadap glukosa. Chitosan ini sangat bagus untuk penderita diabetes (kencing manis).
  • Zat kerak (crust) mengaktifkan sel-sel tubuh agar berfungsi menambah daya kekebalan tubuh.
  • Mengharmoniskan organ tubuh.
  • Mempercepat penyembuhan luka, baik yang berada di luar tubuh maupun di dalam tubuh.

Untuk mengetahui lebih lanjut serta mendapatkan nutrisi-nutrisi terbaik dunia tersebut, Anda bisa segera menghubungi saya di dr.nasseer@gmail.com Nah, sudahkah Anda periksakan kondisi jantung Anda ? Jika ditemukan salah satu dari gejala di atas, segera cek ke dokter terdekat dan menghubungi saya untuk pencegahan dengan nutrisi alami.

 Gejala Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

33 Responses

  1. Suhenda says:

    Assalamu’alaikum dok..
    usia saya skrng 33 th, yang saya rasakan skrng dada saya rasa di tekan, napas sesak dan saya sering bersendawa ketika narik nafasnya engk bisa mencapai puncak. gmn solusinya

  2. deasy says:

    pak. mohon pendapatnya,,,
    apakah yg dimaksud dgn produk nutrient high calcium adalah produ tianshi?

  3. hevysilvia says:

    Dmana sy bs mendapatkan cordyceps mycellium

  4. ayu says:

    THANKS INFONYA….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Back to Top
Berlangganan Gratis
Fanpage Konsul Gratis
Follow Twitter
Follow Twitter
Down
ANDA MUNGKIN PERLU BACA INI !!!close