Tips mengubah Diri – Change DNA

Jika seseorang ingin berubah, dari status kurang baik menuju kesuksesan diri, baik dalam hal kehidupan sehari-hari maupun dalam pekerjaan atau usaha, perlu memperhatikan beberapa rumus berikut ini. Rumus ini disebut sebagai Change DNA, rumus ini masuk dalam kategori behavior genetik yang rumusnya dikenal sebagai OCEAN, yang merupakan singkatan dari rumus-rumus itu sendiri.

OCEAN itu adalah :

O-penness to Experience : Keterbukaan pikiran khususnya terhadap hal-hal baru, hal-hal yang dilihat dengan mata sendiri. Orang-orang yang berhasil adalah orang-orang yang pikirannya terbuka dan mau mempelajari hal baru yang belum pernah sekalipun dirasakan. Otak manusia itu seperti parasut, baru bekerja kalau dia sudah terbuka. Orang yang berpikiran terbuka biasanya lebih kreatif, menyukai keberagaman, imajinatif, dan hal-hal baru.

C-onscientiousness : Keterbukaan hati dan telinga. Penuh kesadaran mendengarkan baik yang terdengar maupun yang terasakan. Orang yang memiliki DNA perubahan yang bagus adalah orang yang disiplin. Omong kosong bahwa pengusaha adalah orang yang berantakan dan sesuka hati. Orang lain melihat bahwa pengusaha itu enak dan terlihat bisa mengatur waktu sesukanya. Sesungguhnya pengusaha adalah orang yang sangat disipling. Mungkin saja mereka menerapkan nasehat orangtua; bangun sebelum matahari terbit dan tidur setelah matahari terbenam.

E-xtroversion : Keterbukaan diri terhadap orang lain, kebersamaan, dan hubungan-hubungan. Apakah Anda bisa menjelaskan diri Anda dengan baik kepada orang lain ? Kalau tidak, bisa jadi Anda juga tidak bisa menjelaskannya kepada diri sendiri. Orang yang tidak percaya pada orang lain berarti ia juga tidak percaya pada dirinya. Orang yang selalu curiga dan berpikiran negatif, tidak memiliki kepercayaan diri (self confident). Kalau Anda percaya pada diri sendiri, maka seharusnya Anda akan percaya pada orang lain. Jika rasa percaya diri kita rendah, kita akan curiga terus.

A-greeableness : Keterbukaan terhadap kesepakatan (tidak mudah memilih konflik). Kita memerlukan orang-orang yang bisa melakukan kesepakatan dengan orang lain. Seorang yang memiliki jiwa berwirausaha tidak semaunya sendiri dan memaksakan kemauan kepada orang lain. Anda harus bisa menjadi seorang persuasif yang bersepakat dengan orang lain dan mudah berkomunikasi dengan orang lain.

N-eoroticism : Keterbukaan terhadap tekanan-tekanan. Mampu menghadapi tekanan-tekanan dari sekitar Anda. Untuk melakukan hal baru, tidak ada yang gampang. Pepatah mengatakan Every beginning is difficult. Untuk itu, Anda perlu motivasi, dukungan dari orang lain. Karena itu, jangan cemooh mereka yang ingin berubah. Berpikirlah positif, maka itu akan menjadi kenyataan.

Anda termasuk kategori yang mana nih ?

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

One thought on “Tips mengubah Diri – Change DNA

  • 6 May 2010 at 10:35
    Permalink

    Tanpa bermaksud Narsis, he…..he…… Ciri-ciri “OCEAN” itu hampir semua point-nya terkombinasikan pada diri saya. Cuma kekurangannya, saya masih berada di quadran profesional, bukan seorang enterpreneur yang kata mayoritas orang dianggap sebagai quadran tertinggi.

    pada Jum’at, 07 Mei 2010 11:19:02

    Selamat pak…yang penting menuju quadran enterpreneur itu dijalani saja prosesnya. Nanti juga akan sampai…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...