Tips Jantung Sehat

Seputar Kerja Jantung

aterosklerosis Tips Jantung SehatJantung merupakan pompa yang bertugas mengalirkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Ukuran jantung hanya segenggam tangan kiri kita. Tetapi tugasnya sangat berat, karena harus memompakan aliran darah ke seluruh pembuluh darah. Bahkan dalam satu hari harus memompakan aliran darah sebanyak 7000 liter dalam 100.800 kali.

Seputar Penyakit Jantung

Dari data yang diperoleh dari RS Harapan Kita ternyata pasien penderita Penyakit Jantung Koroner baik yang rawat jalan maupun rawat inap terjadi pengingkatan 10% setiap tahun. Bahkan dalam setahun terdapat 500 orang pasien bedah jantung.

Gejala Penyakit Jantung

Gejala Awal

  • rasa nyeri dada terutama sehabis lari atau naik tangga
  • dada tertekan, sesak nafas, tercekik
  • terasa nyeri dari bahu lengan kiri sampai ke jari kiri

Gejala Lanjutan

  • panas di dada
  • sakit di ulu hati sampai ke rahang
  • keluhan sesak nafas saat istirahat
  • kepala terasa melayang, sempoyongan
  • keringat dingin, mual, muntah bahkan sampai pingsan

Tips bagi Jantung Sehat

1. Beberapa jenis makanan dapat membantu kesehatan jantung, diantaranya:

Omega 3, Pasukan Pembersih Pembuluh Darah

Omega-3 adalah asam lemak esensial terdiri dari EPA dan DHA. Sejak tahun 1970-an peran Omega-3 dianggap penting, berdasarkan penelitian terhadap orang-orang eksimo yang banyak makan ikan. Konsumsi ikan secara regular dapat merendahkan kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kolesterol baik (HDL), mencegah pengerasan pada pembuluh darah.

Makan Tinggi Serat Sahabat Jantung

The Journal of the American Medical Association (JAMA), menyatakan diet tinggi serat mengurangi resiko jantung. Mereka yang mengkonsumsi serat rata-rata 22,9 gram resiko terkena penyakit jantung turun sehingga 23%, dibandingkan hanya konsumsi serat 12 gram per hari. Konsumsi serat membantu mengurangi kadar LDL kolesterol jahat, serta gula darah.

Bawang Putih

Bawang Putih tumbuhan ampuh bagi kesehatan jantung Bagi penderita penyakit jantung, bawang putih juga baik menurunkan kolesterol dalam darah yang menjadi faktor pengerasan dan penyumbatan pembuluh darah. Ini di dukung dari hasil penelitian bawang putih dapat menurunkan kolesterol serum hingga 10,6%. Penelitian di Jerman dengan 261 pasien selain kolesterol turun 12%, ternyata kadar trigeliserida juga turun 17%, bahkan dapat membantu mempertahankan elastisitas pembuluh darah yang mengalami penuaan.

Antioksidan penangkal radikal bebas

Antioksidan banyak terdapat dalam makanan seperti sayur dan buah berwarna (jeruk, pepaya, brokoli, stroberi, wortel, tomat, mangga, buah kiwi, paprika kuning dan merah), biji-bijian (biji bungan matahari, kenari) dsb. Sejumlah penelitian menyatakan dengan mengkonsumsi cukup antioksidan dapat mencegah oksidasi LDL (kolesterol jahat), dan meningkatkan HDL (kolesterol baik). Vitamin C, E dan beta karoten juga merupakan antioksidan bagi tubuh.

Lesitin buldoser kolesterol

Lesitin membantu mengurangi pengerasan pembuluh darah dengan cara mencegah penumpukan lemak di dindingnya. Riset membuktikan lesitin berguna untuk mencegah tingginya kolesterol, pembentukan batu empedu, sirosis hati dan kelainan pembuluh darah. Lesitin juga membantu orang obesitas untuk menurunkan kadar lemak tubuh.

Makanan kaya vitamin B kompleks

Dapat diperoleh dari bayam, bok choy, kubis, brokoli, kacang kedelai, kacang-kacangan, jeruk, biji-bijan, sereal utuh. Bagi Penyakit jantung Koroner dengan kadar homosistein plasma yang tinggi sebaiknya banyak konsumsi makanan kaya vitamin B kompleks. Sebenarnya homosistein dapat diubah menjadi senyawa tidak berbahaya oleh sejumlah enzim yang bekerja dengan bantuan beberapa vitamin B kompleks.

2. Olahraga & Kesehatan Jantung

Olahraga sangat baik bagi penderita jantung. Dengan olahraga rutin seluruh otot, termasuk jantung dapat menerima darah sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Hal ini membuat jantung mendapatkan pasokan oksigen secara cukup dan teratur. Untuk penderita jantung, sebaiknya pilih olahraga yang ringan 2-3 kali seminggu, misalnya jalan kaki, yoga, latihan pernafasan dsb.

3. Kurang Istirahat beresiko penyakit jantung

Studi di Jepang dari National Cancer Center Tokyo, menyatakan bahwa pria yang sering bekerja lebih dari 60 jam per minggu, dan tidur kurang lebih lima jam memiliki dua kali lipat resiko serangan jantung.

4. Makanan Tambahan

Salah satu yang tidak kalah pentingnya bagi kesehatan jantung adalah mengkonsumsi makanan kesehatan. Beberapa makanan yang dianjurkan oleh praktisi kesehatan di Rumah Sakit di Singapura antara lain:

  • Nutrient High Calsium I; nutrisi ini mengandung kalsium alami organik yang diekstrak dari sumsum tulang sapi segar dan dikombinasikan dengan fosfor secara tepat, sehingga memiliki daya serap yang tinggi, sampai dengan 95% dan tidak memiliki efek samping. Selain itu, Nutrient High Calsium juga mengandung nutrisi pelengkap yaitu multivitamin dan mineral seperti zat besi, zinc dan magnesium. Yang jadi pertanyaan, mengapa agar jantung sehat diberi kalsium? Begini, untuk berkontraksi, jantung membutuhkan energi, dan sumber energi tersebut adalah kalsium.
    Jika kita melihat ke dalam sel otot jantung, akan kita lihat bahwa kalsium masuk ke dalam sel dan mengaktifkan sejenis protein yang berfungsi memacu gerak otot jantung untuk mengalirkan darah. Kekurangan kalsium akan memperlemah otot jantung untuk berkontraksi dan menjadi penyebab beragam gangguan jantung. Uji coba medis menunjukkan bahwa pemberian ion kalsium secara bertahap memperkuat detak otot jantung. Nah, dengan mengonsumsi Nutrient High Calsium ini setiap hari satu sachet, kebutuhan energi jantung untuk memompa darah akan terpenuhi secara signifikan, seimbang dan aman.
  • Cordyseps Mycellium Capsules; merupakan nutrisi yang mengandung tumbuhan herba cordyseps atau chung cau, ditambah dengan lipid, protein, vit B12, asam cordyceps, cordicepin, adenosine (0,15gr) dan mammie (6gr) yang berkhasiat utama sebagai antibiotik alami dan booster imunitas tubuh serta mampu mengembalikan fungsi tubuh ke semula dan lebih baik. Bagi jantung dan pembuluh darah, Cordyseps ini memiliki khasiat sebagai berikut:
    • Anti pembekuan darah dalam pembuluh darah jantung
    • Meningkatkan proses produksi sel darah putih
    • Menekan terjadinya penumpukan trombosit (sampai >48%)
    • Memperbaiki kondisi tubuh dan mencegah penyakit menjadi lebih parah
    • Menurunkan lemak darah
    • Memperbesar pembuluh darah, sehingga meningkatkan pasokan darah ke jantung dan menambah volume darah dalam pembuluh jantung
    • Memberikan efek penyembuhan dan pemulihan yang stabil
    • Menyeimbangkan zat kalsium dan fosforisasi, sangat sempurna jika dikonsumsi bersama Nutrient High Calsium.
  • Vigor Rousing Capsules; Sebutir kapsul Vigor Rousing Capsules sama dengan sebotol anggur merah. Orang Perancis banyak yang mengkonsumsi daging berlemak namun angka penderita penyakit jantungnya terendah di Eropa. Rahasianya ada pada minuman anggur yang selalu mereka minum. Vigor Rousing Capsules adalah hasil penelitian Lembaga Mikro Organisasi China. Terbuat dari bahan alami yang diambil dari tanaman anggur dengan pengolahan teknologi tinggi. Sehingga terbentuk suatu makanan kesehatan. Vigor Rousing Capsules merupakan Nutrisi Kesehatan Generasi III. Bahan utamanya adalah ekstraksi tanaman anggur yang mempunyai khasiat pengobatan yang sudah diakui oleh badan internasional dan mendapatkan pengakuan dari seluruh dunia. Vigor Rousing Capsules dapat menurunkan kadar lemak di dalam darah, menurunkan kolesterol, dan merupakan anti oksidan. Produk ini juga mengontrol terjadinya gumpalan di dalam darah. Secar bersamaan dapat mengendalikan tumbuh kembangnya sel-sel kanker pada tahap awal. Beberapa rumah sakit di dunia sudah menggunakan produk ini untuk mengobati stroke, jantung, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan gangguang pembuluh darah dan kanker. Dengan kandungan utamanya Vitis Vinifera Cemen, Vigor merupakan sejenis anti toksin tumbuhan yang dihasilkan anggur terfermentasi. Berfungsi sebagai anti bakteri, menghilangkan radang, anti oksidan, dan sebagainya. Dapat merangsang alirang darah, mengurangi zat yang menimbun pada dinding pembuluh darah, membantu mempertahankan fungsi darah, menurunkan sifat melekat trombosit, sehingga darah dapat secara lancar melalui pembuluh darah. Sangat baik untuk mencegah penyakit pembuluh darah otak.
  • Vitality Softgel Capsules; Produk ini telah memenangkan penghargaan sebagai produk terlaris. Khasiat yang paling terkenal adalah mengobati stroke dan pecahnya pembuluh darah. Dengan kandungannya Minyak pucuk lembaga gandum (wheat plumul oil) yang kaya akan vitamin E, 80 % asam lemak tak jenuh, 50-60% asam linoleat, karbonatol 28 dan bermacam-macam komposisi mikro organisme. Selain itu ada lechitin yang memiliki tingkat kemurnian phosphatidycoline yang tinggi, dan Beta karoten yaitu sejenis vitamin yang dapat diubah menjadi vitamin Adalam tubuh. Disebut juga bentuk awal dari vitamin A yang bisa merangsang pembaian sel sehingga bermanfaat untuk gigi, tulang, perkembangan bayi yang normal, melindungi daya penglihatan dan mencegah kanker. Untuk jantung, Vitality memiliki khasiat:
    • Mencegah penyumbatan pembuluh darah jantung
    • Meningkatkan vitalitas sel pada organ jantung
    • Menguatkan daya dukung beban jantung
    • Memenuhi kebutuhan oksigen pada jantung
  • Antilipemic Tea; Kita harus sadar jika dalam keseharian kita sering mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol, minyak, lemak jahat, racun, dan pengawet. Tentu saja zat-zat ini akan membahayakan bagi tubuh kita.
    Menurut penelitan kedokteran jika di dalam tubuh terdapat kolesterol dan jenis minyak lain dalam kadar tinggi, dan sementara itu tidak terjadi metabolisme yang normal untuk mengurainya, maka akan terjadi penumpukan zat lemak dalam darah. Zat itu berbentuk bubur yang dapat menyumbat aliran.
    Inilah yang biasa disebut dengan pengerasan pembuluh darah oleh zat mirip bubur tersebut. Bubur dalam darah itu akan menghambat aliran normal darah di dalam pembuluh darah tubuh kita.
    Lemak yang tertahan dalam tubuh dalam jangka panjang dapat menimbulkan berbagai penyakit. Kemunduran fungsi jantung, stroke, jantung koroner, penyumbatan bilik jantung, dsb. Antilipemic Tea yang memiliki kandungan Herba gynostema pntaphyllum (Jiao Gu Lan), menurut pengobatan Tiongkok herba ini digunakan masyarakat China untuk menghilangkan radang, mengurai racun, menghentikan batuk, dan menyingkirkan dahak. Pada tahun 70-an ilmuwan Jepang menemukan bahwa herba ini mengandung 84 macam glukosida dan komposisi zatnya sama dengan glukosida pada ginseng. Maka herba ini juga dijuluki “Ginseng Kedua”. Selain itu mengandung Semen Cassie (Jue Ming Zi) yang kaya dengan kalsium, vitamin A, asam taurine, dan unsur mikro seperti tembaga, seng, selenium, dan sebagainya. Lalu ada Folium nelumbinis (daun teratai), Radix polygoni mutiflori (Zhis Hou Wu) yang kaya dengan kandungan lecitin nabati, dapat menyerap, menggantikan kolesterol sebagai pencegahan penyakit kadar lemak darah yang tinggi dan pengerasan pembuluh nadi (arteri). Juga dapat menurunkan kekentalan darah. Dan kandungan Teh Hijau yang mengandung theopolyphenol, kafein, zat kakao, sitrin, dsb. Konsumsi ANTILIPEMIC TEA ini setiap hari sebab memiliki manfaat pencegahan dan penyembuhan berbagai macam penyakit seperti :

    • Mengobati asam urat
    • Membersihkan darah dari lemak dan triglicerida
    • Menurunkan lemak dan kepekatan darah
    • Menurunkan indeks pengerasan pembuluh darah
    • Meningkatkan kadar HDL yang baik (mengatur jumlah protein lemak)
    • Mencegah penyakit jantung

Manfaat makanan kesehatan di atas saya tuliskan hanya untuk masalah jantung seperti pada pembahasan kali ini. Namun khasiat lainnya masih sangat banyak, insya Allah saya jelaskan pada kesempatan berikutnya. Untuk mendapatkan makanan sehat tersebut, silahkan hubungi saya melalui email dr.nasseer@gmail.com.

Nah, Anda ingin jantung Anda sehat kan? Coba tips di atas, semoga sangat membantu.

 Tips Jantung Sehat

You may also like...

9 Responses

  1. omyosa says:

    MACADAMIA NUT OIL
    UNTUK PENDERITA OBESITAS

    Info tambahan untuk menghindari obesitas dan menurunkan berat badan bagi penderita obesitas : Caranya dengan menggunakan MACADAMIA NUT OIL untuk semua pengolahan bahan makanan yang memerlukan minyak goreng seperti : gorengan, tumis sayur, gulai dll.

    MACADAMIA NUT OIL merupakan minyak nabati yang memiliki kandungan lemak tak jenuh yang paling tinggi dan mampu menghancurkan minyak jenuh, yang berasal dari kacang macadamia yang banyak tumbuh di Australia Timur dan Kepulauan Haiti.

    Macadamia Nut Oil yang beredar di Indonesia baru dikonsumsi oleh kalangan terbatas, yaitu komunitas pernderita penyakit jantung dan diabetes.

    Produk ini termasuk cukup mahal harganya, karena masih merupakan produk impor. Tetapi jangan khawatir walaupun harga cukup mahal, penggunaan produk ini sungguh sangat sedikit/hemat.

    Cara penggunaan, bisa untuk bumbu tumis, menggoreng, dan memasak lainnya. Macadamia Nut Oil juga bisa diminum langsung 1 sendok teh setiap selesai makan makanan yang banyak mengandung lemak hewani.

    Silahkan mencoba

    omyosa

    pada Rabu, 16 Sept 2009 19:16:05

    Trims infonya…:)

  2. hidupsehatlah says:

    Asalam wrwb,
    Pak dr. Nasir websitenya sangat membantu saya untuk mendapatkan info kesehatan yang sangat banyak, mohon ma’ af dan izin karna tilisannya saya copy tuk di blog saya. Thanks banyak sebelum dan sesudahnya.
    Wassalam wrwb.
    .-= ::>> hidupsehatlah´s last blog … Tips Jantung Sehat =-.

    pada Senin, 25 Jan 2010 07:28:13

    Silahkan dicopy pak, tapi jangan lupa untuk mencantumkan link ke blog saya juga ya pak… Makasih :)

  3. desy says:

    siang pak dok nasir “sy sgt ssh contact dg dok ttg herbal tiens” sy mau tanya dok< sementara ini kurang lebih 2 bulan mengkonsumsi cordyceps untuk bronkhitis dan radang tenggorokan" karna sy sgt gag cocok dg AB sintesis slalu membuat sy muntah, sakit perut reaksi yg tdk enak di perut sy" oh ya dok di kemasan muncord cordyceps yg baru tercantum hati2 pd penggunaan irirtasi saluran cerna" maksudx pa dok>>>> saat ni sy mengalami sakit perut kanan atas, byk mkan gag enak harus dimuntahkan karena menyebabkan batuk dan sesak” sensitif terhadap mkanan tertentu”””” apakah cordycepsx ttp sy lanjutkan aja<< mhon sharingx yach dok,, makasi

    pada Rabu, 10 Feb 2010 12:45:37

    Makasih juga mbak atas usahanya untuk kontak dengan saya :)
    Cordyseps kan herbal alami, jadi tidak perlu khawatir ada efek samping, karena relatif aman. Kalo pun ada peringatan kehati-hatian, itu dimaksudkan agar cara konsumsi yang lebih baik adalah setelah makan. Bagi yang memiliki riwayat iritasi saluran cerna, perlu dibarengi dengan Double Cellulose untuk menyembuhkan iritasinya dulu. Agar lebih stabil, saya sarankan agar juga mengonsumsi Kalsium-nya, sehingga kinerja Cordyseps dan suplemen lainnya tidak terlalu menyebabkan reaksi yang berlebihan. Jika merasa kurang nyaman dengan reaksinya, mbak boleh turunkan dulu dosisnya menjadi 2×1 kapsul dulu, hingga reaksinya jadi lebih stabil. Jadi kesimpulannya, lanjutkan saja, karena mungkin itu reaksi penyembuhan atau detoksifikasi dari Cordyseps. Semoga lekas sembuh ya mbak?! :)

  4. cici camelia says:

    betul pak dr….saya sudah membuktikan krn dulu kolesterol saya tinggi sekali bahkan 400 an saya periksa ke dr diberi resep yg hg nya 400rb lebih…wah bgi saya uang sesbesar itu bs buat belanja 1 mmgu….tp ya ttp saya bli…syukur alhamdulillah aq kenal tiansi …aq coba minum teh kira aq minum @ 3 sachet sehari,aq rebus dan aq minum scr rutin hanya 2hari setelah aq cek hasilnya sungguh luar biasa langsung turun 200 poin….syukur alhamdulillah…padahal aq hanya minum obat resep dari dr msih 1 hari sdh saya hentikan lgs saya teruskan dengan minum tea tiansi….sampai sekarang…trimakasih ya ALLOH….trimakasih tiansi..sekarang aq tdk tergantung sama obat dr….

  5. Komang Suarta says:

    mulai kapan/ pada saat berumur berapa bulan jantung itu berdetak ketika didalam kandungan?

  6. vera says:

    dok sya mau nanya nich….
    aq pernah mengalami penyempitan di jantung beberapa tahun yang lalu sekitar 6 tahun yang lalu,tp setelah 3tahun kemudian aq dinyatakan sembuh oleh dokter,tp sampai sekarang aq msh sering merasakan keluhan seperti : punggung belakang sebelah kiri terasa pegal kayak orang kecapean,kadang2 jantungq kayak ditumbuk2 detakannya tp cm sebentar sj trus rahang kiriku terasa pegal jg apakah itu termasuk gejala penyempitan di jantungq lg??? mohon infonya dok…….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Back to Top
Berlangganan Gratis
Fanpage Konsul Gratis
Follow Twitter
Follow Twitter
Down
ANDA MUNGKIN PERLU BACA INI !!!close