Suhu Basal tubuh Untuk Mengetahui Masa Subur Wanita

Suhu tubuh wanita dewasa menjadi rendah dan tinggi secara reguler setiap kali setelah masa ovulasi. Suhu tubuh kita akan tetap rendah hingga masa ovulasi, kemudian menjadi tinggi setelah masa ovulasi. Akan turun menjadi lebih rendah lagi setelah menstruasi. Khusus untuk wanita, ini cara bagaimana mengetahui suhu basal tubuh yang ideal. Bagi pria, terutama suami, ini juga tips dan trik yang harus dikuasai, karena dengan menghafal setiap perubahan suhu basal sang istri, bisa memprediksi kapan sang istri berada pada masa subur.

Perbedaan antara suhu tinggi dan rendah kurang dari 1°C. Suhu tubuh yang diukur untuk mengecek masa-masa rendah dan tingginya suhu tubuh merupakan suhu basal tubuh.

Suhu basal tubuh idealnya diukur di dalam mulut segera saat kita bangun tidur setiap pagi. Jika kita merekam suhu basal tubuh hingga beberapa bulan, kita akan melihat perubahan yang unik. Dari perubahan suhu basal tubuh tersebut, kita dapat memprediksi masa ovulasi dan menstruasi kita, kemudian kita dapat mengontrol kelahiran. Jika menstruasi kita tidak teratur kita bisa mendapatkan saran yang tepat berdasarkan rekaman/record suhu basal tubuh kita dari dokter kita.

Juga, kita dapat memprediksi kelainan menopause dari mengamati suhu basal tubuh kita. Suhu basal tubuh merupakan informasi penting bagi tiap wanita. Perubahan suhu basal tubuh tergantung pada tiap wanita. Rekam suhu basal tubuh secara kontinyu hingga paling sedikit 3 bulan dan konsultasikan ke dokter.

Caranya penggunaannya adalah dengan mengukur suhu basal tubuh kita setiap pagi secara reguler, segera waktu kita bangun tidur, sebelum kita melakukan kegiatan apapun, bergerak ataupun stretching.

Alat ukur tersebut (seperti thermometer biasa) dimasukkan ke dalam mulut diletakkan di bawah lidah bagian paling ujung kanan/kiri kemudian, mulut kita tutup selama pengukuran berlangsung.

Bagaimana dengan suhu basal tubuh Anda? Sudah benarkah pengukurannya?

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...