Musik Bantu Cegah Kepikunan Dini

Pikun atau demensia merupakan penyakit yang berpusat di otak disebabkan oleh kerusakan sel-sel otak sehingga berakibat penurunan daya ingat. Kondisi seperti ini bisa berlangsung sebentar atau lama tergantung tingkat kerusakannya. Masalahnya siapa saja yang bisa menderita kepikunan ini, apakah manula alias usia lanjut? Lalu apakah kepikunan ini bisa dicegah? Dengan apa?

Menderita kepikunan dini bisa sangat mengganggu kegiatan sehari-hari, mengingat tingkat aktivitas orang berusia muda cenderung lebih tinggi dibanding yang lanjut usia. Gejala yang ditimbulkan biasanya dari sikap yang terburu-buru dan cenderung bodoh, perilaku yang berbeda dari sebelunya, sering plin-plan dan bersikap kekanak-kanakan. Penderita kepikunan juga mengalami kesulitan menangkap ide baru atau adaptasi dengan lingkungan baru.

Adalah persepsi yang salah apabila beranggapan hanya kaum manula saja yang mengalami kepikunan. Kepikunan bisa saja terjadi pada siapapun tanpa mengenal batas usia. Kebiasaan dan pola hidup yang buruk bisa menjadi pemicu terjadinya kepikunan dini. Misalnya saja banyak mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi tanpa diimbangi olahraga teratur.

Mulailah mengganti pola makan Anda dengan makanan yang sehat dan bergizi baik, seperti sayur dan buah, sehingga nutrisi yang dibutuhkan otak Anda dapat terpenuhi. Irama kerja yang tinggi tanpa diselingi olahraga fisik, otak dan liburan pun bisa menjadi penyebab kepikunan.

Selain mengubah kebiasaan buruk dalam hidup, menambah intelegensia otak merupakan alternatif lain pencegahan penyakit ini. Melatih otak dengan berbagai aktivitas membantu meningkatkan kinerja otak. Salah satunya dengan musik. Pendekatan musik menjadi pilihan yang baik mengingat kaum muda banyak mengonsumsi musik sebagai bagian hidupnya.

Bukan hanya mendengarkan musik saja, tetapi dengan belajar lebih dalam tentang musik juga sangat membantu. Misalnya, belajar memainkan alat musik, berlatih membaca not balok, serta menciptakan lagu. Semakin sering Anda memfokuskan otak pada kegiatan yang dinilai menarik, semakin bekerja dan terlatihlah otak Anda. Semua aktivitas musik itu bisa membantu meningkatkan tingkat intelegensia otak dan mencegah kepikunan dini.

Nah, bagaimana dengan Anda ? Apakah sudah mulai muncul gejala pikun? Mulailah melakukan pencegahan mulai sekarang dengan melatih otak Anda dengan beragam kegiatan menarik yang bisa membuat otak terfokus diantaranya dengan musik.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

6 thoughts on “Musik Bantu Cegah Kepikunan Dini

  • 27 September 2008 at 10:07
    Permalink

    info menarik dan mendidik…. 😀

    Reply
    • 3 December 2008 at 22:36
      Permalink

      @Ginza, Terima kasih udah mampir, semoga semua informasi di blog ini bermanfaat buat pembacanya.

      Reply
  • 28 September 2008 at 15:19
    Permalink

    dr. Nasir ini dokter apa? Mungkin bisa konsultasi, hehe 😀

    Reply
    • 3 December 2008 at 22:37
      Permalink

      @Ginza, Silahkan konsultasi ke konsultasi@dokternasir.web.id atau melalui komentar artikel yang berhubungan dengan masalah Anda atau melalui menu konsultasi di bagian atas blog ini, insya Allah sebagai dokter umum saya akan membantu semampu saya. Terima kasih

      Reply
  • 23 October 2008 at 14:02
    Permalink

    piye kabare?? 3 orang di semarang th 1998…yang slamet di mana ya?

    nice artikel..keep posting ya!!!

    Reply
    • 3 December 2008 at 22:36
      Permalink

      @yadi, Alhamdulillah Luarbiasa. Kalo ini Kang Mulyadi yang dulu di Semarang, pasti surprise…! Kumaha kabarna Kang? Nuhun ah tos mampir di blog yang sederhana. Keep in touch…!

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...