Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Sakit gigi selalu menjadi ancaman yang banyak ditakuti orang. Biasanya bayangan harus diperiksa dan ditangani oleh dokter gigi membuat orang lebih memilih mengonsumsi obat yang hanya bertahan sebentar. Padahal gigi yang sakit dan mulut yang tidak terjaga kebersihannya bisa saja mencerminkan kualitas kesehatan tubuh kita yang kurang bagus dan bisa menjadi awal munculnya penyakit lain yang lebih fatal, seperti misalnya penyakit jantung, paru, saluran pencernaan, dan sebagainya.

Banyak cara bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya sakit gigi. Pertama, biasakan diri untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari, yaitu sesudah sarapan dan sebelum tidur di malam hari. Ketika tidur, mulut tertutup dan menyebabkan air liur tidak bersirkulasi, bakteri akan berkembang biak dua kali lipat lebih banyak. Bakteri yang semakin banyak akan merusak gigi dan gusi. Oleh karena itu, sikat gigi sebelum tidur sangat penting untuk menghindari terjadinya gangguan gigi dan gusi yang lebih buruk.

Kedua, sebaiknya segera menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan yang manis dan lengket. Sisa makanan manis yang tidak segera dibersihkan menjadi penyebab utama terjadinya gigi berlubang. Begitu pula makanan yang lengket, makanan ini harus segera dibersihkan agar tidak tertimbun dan semakin sulit dibersihkan nantinya.

Ketiga, pilihlah sikat gigi yang mempunyai bulu sikat yang lembut. Bbanyak orang yang beranggapan bahwa semakin keras menyikat gigi akan semakin bersih hasilnya. Anggapan ini salah karena menyikat gigi dengan keras akan menyebabkan terkikisnya email (lapisan pelindung) gigi.

Keempat, terapkanlah cara menyikat gigi yang baik dan benar. Sikatlah gigi Anda dengan arah ke atas lalu ke bawah atau dari arah gusi ke arah ujung gigi.

Kelima, sebaiknya Anda mengganti sikat gigi Anda tiga bulan sekali atau bila bulu sikat sudah mekar. Penempatan sikat gigi pun harus diperhatikan. Letakkanlah sikat gigi di dalam kamar mandi dengan wadah tertutup atau dimasukkan ke dalam lemari di balik cermin di kamar mandi Anda untuk menghindari kontaminasi kuman dan bakteri.

Keenam, lakukanlah pemeriksaan secara rutin ke dokter gigi untuk mencegah timbulnya plak dan karang gigi yang tertimbun tebal, karena akan semakin sulit dibersihkan.

Ketujuh, kurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung gula dan makanan yang bisa menimbulkan warna pada gigi, seperti teh dan kopi. Hentikan juga kebiasaan merokok karena selain membuat gigi berwarna kuning, rokok juga dapat menyebabkan penyakit gusi dan kanker mulut.

Kedelapan, jangan lupa untuk membersihkan lidah Anda ketika menyikat gigi. Permukaan lidah menjadi tempat bertumbuhnya bakteri dan oleh karena itu sebaiknya dibersihkan untuk mengurangi jumlah bakteri di dalam mulut.

Kesembilan, pergunakanlah benang floss untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang terselip di antara gigi.

Kesepuluh, pergunakanlah pasta gigi yang aman dan menyehatkan, seperti Tiens Herbal Toothpaste. Pasta gigi ini diperkaya dengan nullipore (bahan anti bakteri/virus), kamperfull, ekstrak tanaman krisan liar, vitamin A, vitamin B1, luteolin, inositol, dan ginsenoside yang mampu memberikan fungsi pembersihan dan perlindungan menyeluruh, yang tentunya dapat memberikan efek aman dan menyehatkan daripada menggunakan pasta gigi yang hanya mengandung fluoride. Tiens Herbal Toothpaste mampu membersihkan dan mencegah kerusakan gigi, mencegah stomatitis dan nyeri gigi, mencegah gusi bengkak dan berdarah, mengatasi bau mulut dan mengatasi hemodia dan eritrisme.

Nah, bagaimana dengan gigi dan mulut Anda ? Sudahkah Anda menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda ?

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

6 thoughts on “Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

  • 4 September 2009 at 14:34
    Permalink

    Gigi patah bisa ditambal gak ?

    pada Jum’at, 4 Sept 2009 15:48:05

    Kalo ditambal mungkin sulit, tapi mungkin bisa dilakukan crowning. Silahkan Anda kunjungi dokter gigi Anda. 🙂

    Reply
  • 4 June 2011 at 09:06
    Permalink

    kalau gigi taring dan geraham sudah berlubang, itu ditambal bisa..???

    Reply
  • 20 June 2011 at 16:15
    Permalink

    Masalah kesehatan mulut dan gigi, menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Jika sakit gigi mulai menyerang, tentu rasanya akan sangat menyakitkan, apalagi jika pipi mulai bengkak. Oleh karena itu menjaga kesehatan gigi sangat diperlukan, memeriksakan gigi ke dokter setiap 6 bulan sekali merupakan salah satu cara menjaga kesehatan gigi, namun cara-cara alami seperti penggunaan daun sirih tentu akan sangat membantu. Terimakasih 🙂

    Reply
    • 7 November 2011 at 06:22
      Permalink

      Gosok gigi tidak akan menghalangi pengeroposan gigi, tetapi hanya membuat gigi lebih bersih dan tidak bau mulut. Pengeroposan gigi biasanya diakibatkan oleh kurangnya kandungan kalsium di dalam gigi dan kebiasaan makan makanan yang menyebabkan gigi mudah keropos, misalnya makanan dengan kadar gula tinggi, coklat, asam, dsb. Saya sarankan untuk mengonsumsi makanan dengan tinggi kalsium ditambah suplemen tinggi kalsium yang banyak ditemukan di toko obat. Paling baik jika mengonsumsi makanan dengan kalsium alami.
      Semoga membantu.

      Reply
  • 22 November 2011 at 14:05
    Permalink

    kalau sudah dibersihkan karang giginya apakah harus dibersihkan lagi,trus berapa periode lagi dibersihkan.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...