Cara Cerdas Atasi Kolesterol Tinggi

Kolesterol selalu menjadi topik perbincangan hangat mengingat jumlah penderitanya semakin tinggi di Indonesia. Kebiasaan dan jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari berperan penting dalam memengaruhi kadar kolesterol darah Anda. Semakin baik pola dan kualitas makanan Anda sehari-hari, tentu makin terjaga pula keseimbangan kolesterol dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Sebagai komponen lemak, kolesterol sebenarnya merupakan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh, di samping zat gizi lain seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Lemak adalah salah satu sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi. Selain sebagai sumber energi, lemak atau khususnya kolesterol merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita terutama untuk membentuk dinding sel-sel dalam tubuh.

Kolesterol juga merupakan bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid. Kolesterol yang kita butuhkan tersebut, secara normal diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang tepat. Tetapi ia bisa meningkat jumlahnya karena asupan makanan yang berasal dari lemak hewani, telur dan junk food.

Kolesterol yang berlebihan dalam tubuh akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan kondisi yang disebut aterosklerosis yaitu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung dan stroke. Ini sama dengan kita menyimpan bom waktu dalam tubuh kita.

Beberapa cara bisa dilakukan untuk menghindari ancaman penyakit yang berasal dari kolesterol tinggi. Yaitu dengan cara memulai mengubah pola hidup yang kurang baik, seperti menghindari konsumsi makanan dengan kadar kolesterol tinggi dan makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, misalnya gorengan. Akan lebih baik bila kebiasaan menggoreng diganti dengan menggunakan minyak zaitun karena minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal dan kaya asam lemak oleat atau omega-9 yang mampu menurunkan kadar “kolesterol jahat” atau low density lipoprotein (LDL) dan pada saat bersamaan mampu menaikkan kadar high density lipoprotein (HDL) atau “kolesterol baik”.

Perubahan pola hidup terutama pola makan bisa sangat memengaruhi kadar kolesterol dalam darah Anda. Makanan yang mengandung banyak serat seperti buah-buahan dan sayuran sangat baik dikonsumsi dibandingkan makanan yang digoreng dan makanan bersantan. Konsumsi makanan sehat pun dapat diartikan mengurangi makanan yang tinggi gula dan asupan alkohol.

Kebiasaan lain yang sangat menentukan adalah olahraga rutin, minimal selama 30 menit/hari, tiga kali seminggu, menghentikan kebiasaan merokok dan mengendalikan berat badan Anda.

Disarankan juga untuk mengonsumsi bahan-bahan alami yang terbukti dapat menjaga kadar kolesterol normal sebagai cara cerdas mencegah kolesterol lainnya. Bahan alami tersebut salah satunya adalah ekstrak bawang putih. Bawang putih bermanfaat menurunkan LDL dan Trigliserida (TG) sebanyak kurang lebih 10%, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan risiko serangan jantung dan stroke dengan cara menghambat terbentuknya gumpalan-gumpalan darah atau plak atau aterosklerosis.

Cara alami lain yang sudah terbukti selama ribuan tahun lalu digunakan untuk konsumsi harian para raja-raja dan ratu-ratu di China, yaitu minum teh, yang kini sudah dipatenkan oleh perusahaan besar di dunia melalui kepiawaian Mr. Li Jin Yuan dan penelitian para ahli di Tianshi, dikemas apik menjadi sebuah Anti Lipemic Tea. Teh ini mengandung zat-zat luar biasa, yaitu :

  • Herba Gymnostemma Pentaohyllum (Jiaogulan) 260mg : “rumput pembawa rezeki” yang rasanya pahit, bersifat dingin, tidak beracun, digunakan untuk menghilangkan radang, menguraikan racun, menghentikan batuk dan menyingkirkan dahak.
  • Semen Cassiae (Juemingzi) 140mg : Kaya dengan kalsium, vitamin A, asam taurine, zat taurine, dan unsur mikro seperti tembaga, seng, selenium, dan lain-lain.
  • Folium Nelumbinis (Daun Teratai) 260mg : Menyingkirkan panas menjaga kelembaban, menimbulkan keceriaan, menambah cairan tubuh, mencegah haus, menurunkan panas.
  • Radix Polygoni Mutifori (Zhishouwu) 170mg : Kaya dengan kandungan lesitin nabati, memiliki daya menguraikan racun, menghilangkan sakit, melancarkan buang air, mencegah penyakit kadar lemak darah tinggi dan pengerasan pembuluh nadi (arteri), dapat menurunkan kekentalan cairan darah.
  • Teh Hijau (Theae Folium) 170mg : Mengandung theopolyphenol, kafein, zat kakao, sitrin, dan sebagainya. Memiliki fungsi menyegarkan mata, menghilangkan kegelisahan, melancarkan kemih, menguraikan racun, dan mengurangi kegemukan.

Dengan isi 40 sachet/box, Tianshi Antilipemic Tea yang juga merupakan produk paling laris ini memiliki banyak fungsi terhadap berbagai organ tubuh, diantaranya :

  • Menyembuhkan asam urat serta memperpanjang usia
  • Membersihkan darah dari lemak kolesterol dan HDL serta trigliserida
  • Menurunkan indeks pengerasan pembuluh darah
  • Meningkatkan kadar HDL yang baik / mengatur jumlah protein lemak
  • Mencegah penyakit jantung
  • Memperkuat fungsi hati
  • Mencegah penyakit otak termasuk stroke
  • Mencegah gigi cepat/mudah tanggal
  • Memperbaiki penglihatan
  • Mencerahkan wajah
  • Mencegah rambut cepat putih
  • Dalam membantu menurunkan berat badan
  • dan sebagainya

Jika Anda diminta untuk memilih bagaimana cara menghindari kolesterol tinggi sekaligus bermaksud ingin menurunkan berat badan, apakah cara cerdas yang Anda pilih ? secara medis atau menggunakan obat-obatan, atau secara alami ?

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...