Cara Cerdas Atasi Kolesterol Tinggi

Kolesterol selalu menjadi topik perbincangan hangat mengingat jumlah penderitanya semakin tinggi di Indonesia. Kebiasaan dan jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari berperan penting dalam memengaruhi kadar kolesterol darah Anda. Semakin baik pola dan kualitas makanan Anda sehari-hari, tentu makin terjaga pula keseimbangan kolesterol dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Sebagai komponen lemak, kolesterol sebenarnya merupakan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh, di samping zat gizi lain seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Lemak adalah salah satu sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi. Selain sebagai sumber energi, lemak atau khususnya kolesterol merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita terutama untuk membentuk dinding sel-sel dalam tubuh.

Kolesterol juga merupakan bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid. Kolesterol yang kita butuhkan tersebut, secara normal diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang tepat. Tetapi ia bisa meningkat jumlahnya karena asupan makanan yang berasal dari lemak hewani, telur dan junk food.

Kolesterol yang berlebihan dalam tubuh akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan kondisi yang disebut aterosklerosis yaitu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung dan stroke. Ini sama dengan kita menyimpan bom waktu dalam tubuh kita.

Beberapa cara bisa dilakukan untuk menghindari ancaman penyakit yang berasal dari kolesterol tinggi. Yaitu dengan cara memulai mengubah pola hidup yang kurang baik, seperti menghindari konsumsi makanan dengan kadar kolesterol tinggi dan makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, misalnya gorengan. Akan lebih baik bila kebiasaan menggoreng diganti dengan menggunakan minyak zaitun karena minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal dan kaya asam lemak oleat atau omega-9 yang mampu menurunkan kadar “kolesterol jahat” atau low density lipoprotein (LDL) dan pada saat bersamaan mampu menaikkan kadar high density lipoprotein (HDL) atau “kolesterol baik”.

Perubahan pola hidup terutama pola makan bisa sangat memengaruhi kadar kolesterol dalam darah Anda. Makanan yang mengandung banyak serat seperti buah-buahan dan sayuran sangat baik dikonsumsi dibandingkan makanan yang digoreng dan makanan bersantan. Konsumsi makanan sehat pun dapat diartikan mengurangi makanan yang tinggi gula dan asupan alkohol.

Kebiasaan lain yang sangat menentukan adalah olahraga rutin, minimal selama 30 menit/hari, tiga kali seminggu, menghentikan kebiasaan merokok dan mengendalikan berat badan Anda.

Disarankan juga untuk mengonsumsi bahan-bahan alami yang terbukti dapat menjaga kadar kolesterol normal sebagai cara cerdas mencegah kolesterol lainnya. Bahan alami tersebut salah satunya adalah ekstrak bawang putih. Bawang putih bermanfaat menurunkan LDL dan Trigliserida (TG) sebanyak kurang lebih 10%, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan risiko serangan jantung dan stroke dengan cara menghambat terbentuknya gumpalan-gumpalan darah atau plak atau aterosklerosis.

Cara alami lain yang sudah terbukti selama ribuan tahun lalu digunakan untuk konsumsi harian para raja-raja dan ratu-ratu di China, yaitu minum teh, yang kini sudah dipatenkan oleh perusahaan besar di dunia melalui kepiawaian Mr. Li Jin Yuan dan penelitian para ahli di Tianshi, dikemas apik menjadi sebuah Anti Lipemic Tea. Teh ini mengandung zat-zat luar biasa, yaitu :

  • Herba Gymnostemma Pentaohyllum (Jiaogulan) 260mg : “rumput pembawa rezeki” yang rasanya pahit, bersifat dingin, tidak beracun, digunakan untuk menghilangkan radang, menguraikan racun, menghentikan batuk dan menyingkirkan dahak.
  • Semen Cassiae (Juemingzi) 140mg : Kaya dengan kalsium, vitamin A, asam taurine, zat taurine, dan unsur mikro seperti tembaga, seng, selenium, dan lain-lain.
  • Folium Nelumbinis (Daun Teratai) 260mg : Menyingkirkan panas menjaga kelembaban, menimbulkan keceriaan, menambah cairan tubuh, mencegah haus, menurunkan panas.
  • Radix Polygoni Mutifori (Zhishouwu) 170mg : Kaya dengan kandungan lesitin nabati, memiliki daya menguraikan racun, menghilangkan sakit, melancarkan buang air, mencegah penyakit kadar lemak darah tinggi dan pengerasan pembuluh nadi (arteri), dapat menurunkan kekentalan cairan darah.
  • Teh Hijau (Theae Folium) 170mg : Mengandung theopolyphenol, kafein, zat kakao, sitrin, dan sebagainya. Memiliki fungsi menyegarkan mata, menghilangkan kegelisahan, melancarkan kemih, menguraikan racun, dan mengurangi kegemukan.

Dengan isi 40 sachet/box, Tianshi Antilipemic Tea yang juga merupakan produk paling laris ini memiliki banyak fungsi terhadap berbagai organ tubuh, diantaranya :

  • Menyembuhkan asam urat serta memperpanjang usia
  • Membersihkan darah dari lemak kolesterol dan HDL serta trigliserida
  • Menurunkan indeks pengerasan pembuluh darah
  • Meningkatkan kadar HDL yang baik / mengatur jumlah protein lemak
  • Mencegah penyakit jantung
  • Memperkuat fungsi hati
  • Mencegah penyakit otak termasuk stroke
  • Mencegah gigi cepat/mudah tanggal
  • Memperbaiki penglihatan
  • Mencerahkan wajah
  • Mencegah rambut cepat putih
  • Dalam membantu menurunkan berat badan
  • dan sebagainya

Jika Anda diminta untuk memilih bagaimana cara menghindari kolesterol tinggi sekaligus bermaksud ingin menurunkan berat badan, apakah cara cerdas yang Anda pilih ? secara medis atau menggunakan obat-obatan, atau secara alami ?

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

11 thoughts on “Cara Cerdas Atasi Kolesterol Tinggi

  • 22 April 2009 at 14:06
    Permalink

    Makasih banyak infonya, Aq juga sekarang lagi berusaha rajin minum teh hijau dan makan2an sehat laennya. Cuma kalo bawang putih, hmm gimana ya, takut jadi BB sih….

    pada Rabu, 22 Apr 2009 14:06:57

    Apalagi kalo tehnya adalah teh hijau plus-plus, seperti antilipemic tea.
    kalo bawang putih memang dia akan berefek BB, kecuali jika cara mengolahnya benar, seperti dikemas pada Tibet Garlic Capsules dari Tianshi, jelas lebih aman dan nyaman dikonsumsi, tanpa khawatir BB. 🙂

    Reply
  • 9 June 2009 at 06:08
    Permalink

    Mo share info ttg kolesterol nih… dapet info dari dr SpPD, tnyata pengukuran kolesterol bisa berubah cukup cepat…
    Saya pernah medical checkup dapet kolesterol hampir 280, tapi lain2 normal… 9 hari kemudian cek lagi, udah jadi kurang dari 230… tapii 2 hari sebelum cek yang kedua, sy treadmill 2 hari berturut2 selama 30 menit (20 menit berlari), dan makan dijaga (diusahakan max cuma tumis/bacem)…

    pada Selasa, 09 Jun 2009 09:50:43

    infonya bagus banget, makasih buat sharingnya. Bisa dimanfaatkan sebagai tips tambahan buat nurunin kolesterol nih…

    Reply
  • 9 December 2009 at 14:13
    Permalink

    rekans, ya pengen nyoba Anti Lipemic Tea karena saya di diagnosa dokter ada sesuatu yg mencurigakan pd jantung setelah mengikuti tes EGK dan treadmill. Kolestrol total cenderung meningkat, terakhir 197. Tetapi mau tanya, ada efek samping gak ya, kalau minum Anti Lipemic Tea, krn saya tidak pera minum suplemen buatan cina. Punya pengalaman,seorang teman yg tidak biasa minum suplemen buatan Cina, malah setelah minum penyakitnya menjadi parah. Menurut saran teman juga yg biasa minum suplemen, hrs hati2 kn bia saja kadarnya dan efeknya utk tiap orang berbeda.

    mohon saran. terima kasih Buana

    pada Rabu, 9 Des 2009 23:08:10

    Silahkan dicoba bu/mbak. Sepanjang pengetahuan dan pengalaman saya dengan pasien dan teman2 saya, bahkan di keluarga saya, Anti Lipemic Tea adalah produk yang sangat spektakuler bagi siapapun. Dia khusus dibuat oleh perusahaan terbesar di China dan dijaga ketat kemurniannya oleh badan pengawas obat dan makanan di seluruh dunia. Berasal dari herbal pilihan yang belum tentu perusahaan lain bisa mengolahnya karena hak paten hanya ada pada Tianshi. Memang suplemen asal China banyak, tapi produk suplemen pilihan dari Tianshi telah diakui oleh FDA (BPOM-nya Amerika Serikat). Kadarnya sudah diukur seperti resep tradisional China 5000 tahun lalu, hanya dikemas berbeda dengan bioteknologi modern. Dulu para raja dan permaisuri China selalu meminum teh dengan resep yang sama dengan Anti Lipemic Tea saat ini, dan seperti yang ibu/mbak ketahui, mereka hidup dengan umur yang panjang dan terhindar dari kematian akibat masalah jantung dan pembuluh darah, termasuk kolesterol. Saksi dan bukti sudah banyak, jadi apa lagi yang perlu dikhawatirkan.
    Silahkan hubungi saya untuk info dan pembelian. Trimakasih.

    Reply
  • 17 January 2010 at 15:16
    Permalink

    Bagus juga infonya. bisa juga dengan minum rebusan daun salam.
    .-= ::>> Iswady´s last blog … Balasan Ratusan Kali Lipat Dari Allah SWT =-.

    Reply
  • 4 April 2010 at 21:52
    Permalink

    Kolesterol sama asam urat itu sama gak sih dok? beberapa waktu yang lalu asam urat saya 7,9, trus setelah melakukan diet makanan yang mengandung kolesterol tinggi sekarang jadi 3,5.

    pada Minggu, 4 April 2010 22:47:04

    Sangat berbeda pak. Kolesterol itu salah satu komponen lemak, tapi kalo asam urat itu diproduksi oleh karena kandungan purin dalam darah terlalu tinggi.

    Reply
  • 30 May 2010 at 18:01
    Permalink

    badan saya agak kurus tapi kata dokter hasil lab badan saya banyak lemak, bagaimana cara mengatasinya????

    pada Minggu, 30 Mei 2010 19:19:43

    Normalnya lemak pasti ada dalam setiap tubuh manusia, tapi seberapa besar porsinya bisa mengakibatkan gangguan pada tubuh, pada saat itulah kelebihan lemak bisa diatasi. Masalahnya, kata dokter seberapa besar kelebihan lemak Anda? apakah masih dalam batas toleransi atau sudah over?
    Saran saya, perbanyak minum air putih saja, hindari makanan berlemak tinggi, perbanyak buah-buahan, dan olahraga teratur. Saya pikir itu bisa menyeimbangkan hidup Anda. Trims.

    Reply
  • 13 February 2011 at 13:40
    Permalink

    saya mau membeli produk tianshi tapi masalahnya saya sekarang tinggal di malaysia jadi nggak tahu di mana harus membeli.bisa tolong membantu saya di mana aja produk tianshi bisa saya dapatkan.terima kasih banyak atas infonya yang sangat bermanfaat karena suami dan saya lagi mencari produk yg bisa menurunkan kolesterol dan sakit jantung.
    oh ya mau tanya sedikit nih..suami saya perokok berat nih apakah bisa membantu buat yg kasusnya seperti suami saya.thanks

    Reply
    • 14 February 2011 at 01:34
      Permalink

      Bukankah di Malaysia juga banyak jaringan Tianshi bu? Info stokisnya bisa dicari di Unicore.net, kalo tidak salah ada di Selangor.
      Untuk tips berhenti merokok, tips sederhana berhenti merokok ini semoga dapat membantu, selain nanti menggunakan produk Tianshi.
      semoga bermanfaat.

      Reply
  • 4 April 2011 at 19:25
    Permalink

    Pk .dr . tolong info kan ke saya . dimana kalau mau beli PRODUK TIANSHI TEA DI KOTA CIREBON. Sekarang ini saya lagi menjalankan terapi untuk menurunkan kolesterol .sementara ini saya memakai obat dokter dan merubah pola makan menghentikan makan yg berlemak dan olah raga lari pagi setiap hari kurang lehih lari pagi 45 mnt . ini data saya hasil dari check up klinik laboratoriuym prodia ;
    ChOLESTEROL TOTAL ; 283* <200 mg/dl Dewasa konsensus
    LIPID
    = 240 Tinggi
    Cholesterol LDL DIREC ; 181.7* <100 mg/dl Dewasa konsensus
    LIPID
    = 190 sangat tinggi
    Cholesterol HDL ; 50.2 >=40 mg/dl Dewasa Konsensi LIPID

    Trigliserida ; 175* <150 mg/dl Dewasa konsensi LIPID
    <150 Normal
    150-199 Batas tinngi
    200-455 Tinggi
    <= 500 sangat tinggi
    Rasio Chol. total?col DHL ; 5.6* <5

    Dari hasil tsb berapa lama saya bisa menurunkan kolesteol yg standart normal utk sehat kembali. jika semua aturan pola hidup sehat saya terapkan .

    ***** Umur saya skrg 42 thn (pria)
    ***** sudah 20 hari ini menjalankan olah raga lari seperti dulu lagi
    ***** merubah pola makan
    ***** control ke dr dan check up
    Mohon info nya dari Bpk dr dan terima kasi banyak

    Reply
    • 5 April 2011 at 00:12
      Permalink

      Pak Didik, kalo dilihat dari hasil Lab bapak insya Allah status kolesterol bapak dapat kembali normal dengan cepat dengan mengubah gaya hidup dan pola makan. Pola hidup sehat bapak sudah benar, mohon agar tetap dipertahankan. Saran saya, tambahkan konsumsi buah-buahan dalam menu bapak. Konsumsi alpukat utuh sebelum makan juga sangat membantu menjaga stabilitas kadar kolesterol.
      Untuk informasi stokis TIENS di Cirebon, silahkan bapak akses langsung ke halaman ini, pilih Jawa Barat dan Cari kota sesuai pilihan bapak. Terima kasih.

      Reply
  • 2 April 2012 at 14:55
    Permalink

    sebenarnya apakah ada hubungan antara obesitas dan kolesterol tinggi dok? dan bagaimana bila obesitas ini terjadi pada anak2, apakah beresiko juga untuk terkena kolesterol tinggi?
    ::> Postingan terakhir umiabie … Resep Sayur Bening OyongMy Profile

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...