Bagaimana Caranya Berhenti Merokok?

Pertanyaan diatas adalah pertanyaan retorika. Karena sebenarnya jawabannya sudah jelas. Penjelasan mengenai ada apa di balik kenikmatan merokok, bahan-bahan berbahayanya, dalil-dalil yang mendukung, serta dampaknya terhadap perekonomian, sudah sangat detil disampaikan.

Karena merokok sudah menjadi kebiasaan, maka hal yang pertama mengenai bagaimana menghilangkan kebiasaan merokok adalah tekad. Kemauan. Niat. Seberapa kuat tekad, kemauan dan niat Anda untuk menjalaninya akan mempengaruhi hasil akhirnya. Soal sistem penanganan medis maupun penerapan kejiwaan yang manjur untuk total berhenti merokok hanyalah mengambil sekian kecil persentase usaha seseorang dalam usaha berhenti merokok.

Selanjutnya dalam kitab Min Adhrari-Muskirati wal Mukhaddirat, Syaikh Abdullah bin Jarullah bin Ibrahim Al-Jarullah, memberikan kiat bagi para pecandu rokok, agar terlepas dari kebiasaan buruk ini.

  1. Ketahuilah berdasarkan konsesus para dokter, merokok merupakan salah satu cara penganiayaan anda kepada tubuh anda yang indah.
  2. Kenalilah bahaya-bahaya merokok ditinjau dari kesehatan, sosial dan ekonomi, dan sadarilah, Mulailah memikirkan untuk meninggalkannya, dan bulatkan tekad disertai tawakal kepada Allah.
  3. Buatlah satu daftar harian tentang keburukan-keburukan rokok terhadap diri anda dan kawan-kawan anda.
  4. Jauhilah sebisa mungkin bergaul dengan para perokok dan dari bau rokok. Usahakan hidup dalam suasana udara yang segar dan sibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat.
  5. Gunakan siwak atau benda untuk menggosok gigi, atau dengan lainnya, jika anda merasakan keinginan kepada rokok.
  6. Konsumsilah segelas juice lemon, anggur dan jeruk. Karena bisa mengeliminasi hasrat merokok.
  7. Merokok juga merupakan kebiasaan yang bisa berubah. Artinya, meninggalkan rokok bukan perkara mustahil.
  8. Bila anda ingin membeli atau mengkonsumsinya, pikirkanlah, apakah ia halal ataukah haram? Apakah bermanfaat ataukah mengandung bahaya? Apakah termasuk barang yang baik ataukah keji? Maka anda akan menjumpai jawaban, bahwa rokok itu haram, berbahaya dan barang yang keji.
  9. Kalau anda ragu-ragu untuk meninggalkan rokok, sungguh telah banyak orang yang telah berhasil memutuskan untuk tidak merokok. Artinya, putus hubungan dengan rokok bukan kejadian mustahil.
  10. Anda harus menyadari bahwa rokok sulit untuk dikatakan bukan barang haram, karena melihat dampak buruknya bagi perokok aktif maupun pasif.
  11. Memohon pertolongan kepada Allah agar memudahkan bebas dari jeratan rokok.

ENGKAU TELAH MENYAKITI KAMI DENGAN ASAP ROKOK
Syaikh Masyhur bin Hasan Alu Salman mengatakan, bahwa kebiasaan merokok termasuk dapat merusak kehormatan, dikarenakan hukumnya haram. Binatang-binatang pun tidak menyukainya. Bau busuknya telah mengganggu banyak manusia, dan malaikat terganggu dengan sesuatu yang mengganggu manusia. Terlebih lagi jika memperhatikan bahaya-bahaya yang tidak terhitung jumlahnya. Rokok tidak dikonsumsi, kecuali memperlihatkan gambaran yang buruk menurut pandangan para ulama (rabbani). Akan tetapi, orang-orang kebanyakan begitu terjerat olehnya. Sampai ada yang berbuka puasa dengan menghisap rokok terlebih dahulu, atau untuk memulai makan atau minum. La haula wala quwwata illa billah.

Sehingga, bila masih saja ada seseorang yang membela diri dengan tetap berbuat buruk, misalnya merokok, itu menandakan pada orang tersebut ada sesuatu yang rusak. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata : “ Seseorang yang sudah rusak jiwanya, atau keseimbangan dirinya, ia akan menyukai dan menikmati perkara-perkara yang membahayakan dirinya. Bahkan ia begitu merindukannya sampai merusak akal, agama, akhlak, jasmani dan hartanya”.

Kesimpulan yang bisa didapatkan berdasarkan kaidah-kaidah universal yang menjadi spirit agama Islam, disertai beberapa keterangan ulama rabbani, maka kita mengetahui, rokok bukan termasuk barang-barang yang pantas dinikmati oleh seorang muslim. Ini mengingat, besarnya bahaya yang timbul dari rokok. Apalagi bila disulut oleh sekian banyak orang secara rutin, maka semakin meyakinkan bahwa tidak ada pilihan lain. Jika rokok harus ditinggalkan. Gangguan kesehatan pada perokok aktif dan pasif, gangguan sosial dan ekonomi sudah tidak terelakkan, dan semakin menguatkan pandangan, bila rokok hanya akan membuat hidup lebih redup. Sehingga bila masih diperdebatkan boleh atau tidak untuk mengkonsumsinya, akan memporak-porandakan kaidah umum yang melekat pada syari’at Islam, yang menjungjung tinggi dalam melindungi jiwa, harta, keturunan dan kemaslahatan umum.

Rumah yang baik adalah rumah yang tidak terdapat korek penyulut rokok ataupun asbak. Baik barang itu berasal dari yang promosi gratisan atau lainnya. Sepertinya perlu menempelkan peringatan tentang larangan merokok di rumah masing-masing, sebagai sarana untuk mengingatkan orang-orang yang hendak merokok dengan cara yang baik, sehingga mengurungkannya.

Jadi, sudahkah Rumah Anda terbebas dari asap rokok? sudahkah lingkungan Anda bersih dari asap rokok? sudahkah pribadi dan kebiasaan Anda terbebas dari merokok?

Mari, STOP MEROKOK !!!

 Bagaimana Caranya Berhenti Merokok?

6 Responses

  1. lunaticg says:

    Salam dari Malaysia.
    Bukan senang untuk berhenti merokok. Terutamanya untuk penagih tegar.
    Jumpa lagi.

  2. adita rahman says:

    Ada tehnik yang sangat cepat untuk berhenti merokok yakni SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique) yang dikembangkan oleh Ahmad Faiz Zainuddin bersama PT. LoGOS Institute. Dengan menggunakan ketukan pada titik energy meridian hanya dalam waktu 5-50 menit, seorang yang kecanduan rokok tidak mau merokok lagi.

    Adapun tahapannya adalah :

    1. Menghilangkan rasa enaknya rokok. efeknya sangat cepat, rokok rasanya sudah tidak enak, hambar, bahkan bisa sampai muntah jika merokok.

    2. Menghilangkan background emosi yang menyertai. Supaya kebiasaan merokok tidak kembali lagi, maka emosi (faktor psikologis) yang menyertai misal : Jika tidak merokok tidak bisa konsentrasi, setelah makan harus merokok, merokok karena stress dll. maka emosi2 itu dihilangkan juga dengan tehnik SEFT. jika 2 tahapan ini selesai maka perokok akan meninggalkan rokok secara permanent.

    3. Menghilangkan rasa kehilangan kebiasaan merokok (yang sudah menemani bertahun-tahun). ada orang yang punya kebiasaan lain karena hilangnya kebiasaan merokok, misal sering minum yang manis2, dll. Maka hal ini juga bisa diatasi dengan SEFT.

    Sudah ribuan orang yang menggunakan tehnik ini, dan berhasil sangat cepat menghilangkan kecanduan merokok. LoGOS Institute bersama BAZNAS juga pernah memecahkan rekor MURI untuk terapi rokok terbanyak sekitar 1500 pelajar perokok dengan menggunakan tehnik SEFT. dan hasilnya sangat luar biasa.

    Tehnik ini sangat mudah dan bisa dipelajari sendiri oleh setiap orang. Tanpa obat sehingga tidak ada efek samping. Berdasarkan riset ilmiah. Bahkan ada bukunya juga yang ditulis oleh Ahmad Faiz Zainuddin.

    Info SEFT dan buku SEFT

  3. Anwar says:

    Alhamdulillaah… saya sudah berhenti merokok +/- 3 tahun lamanya. Sebelumnya termasuk perokok berat. Satu hari saya bisa menghabiskan 2 s.d 4 bungkus rokok kretek merk terkenal di tanah air ini “234”.
    Rumus yang saya pake sebenarnya cukup sederhana, tetapi yang lebih penting adalah NIAT dan TEKAD yang KUAT untuk berhenti. Hanya satu konsep yang saya terapkan yaitu ” JANGAN PERNAH TANGAN INI MENYENTUH ROKOK LAGIU !!!!”. Cuma itu….
    Sebelumnya pernah juga rame-rame dengan sesama temen perokok mencoba berhenti, hanya efektif 2 tahun, setelah itu kembali nyandu rokok. Formula yang kami pakai pada saat itu adalah TARUHAN. Setiap peserta yang merokok satu batang rokok DIHARUSKAN membayar denda antara Rp. 50.000,00 s.d Rp. 100.000,00 ke setiap temen2 lainnya yang mengikuti kesepakatan ini. Cara ini kembali juga pada akhirnya kepada NIAT dan TEKAD seberapa besar kita mau menghentikan kebiasaan buruk itu….. :smile:

    pada Jum’at, 18 Des 2009 16:04:10

    Bagus juga trik itu, bisa dicoba juga buat kawan-kawan yang lain yang belum bisa menghentikan kebiasaan merokok. Sebenarnya memang yang paling utama terletak pada niat dan tekad saja. Cara apapun jika tekadnya masih belum kuat, hasilnya kecewa lagi… :)
    Lanjutkan dan pertahankan ya pak…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Back to Top
Berlangganan Gratis
Fanpage Konsul Gratis
Follow Twitter
Follow Twitter
Down
ANDA MUNGKIN PERLU BACA INI !!!close