Mencegah Tiga Penyakit Utama Musim Hujan

Musim hujan datang lagi, dimulai dengan pagi hari ini di Jakarta dan sekitarnya, kedatangan hari disambut dengan gerimis. Lumayan lah cukup sejuk, lebih dari sekedar embun untuk membasahi bumi yang lumayan panas pada hari-hari sebelumnya.

Di beberapa daerah di Indonesia mungkin harus kembali bersiap menghadapi curah hujan yang sangat tinggi sehingga menyebabkan banjir, seperti yang dialami kota Jakarta di awal tahun 2008 ini. Di samping banjir, beberapa penyakit juga akan tumbuh subur di musim hujan, seperti influenza atau flu, demam berdarah, dan diare. Jadi sudah siapkah kita melakukan pencegahan dari penyakit utama musim hujan tersebut ? Ingin tahu tips sederhana menghindari penyakit musiman tersebut ?

Berikut ini adalah beberapa tips yang mudah dijalankan agar terhindar dari penyakit-penyakit yang kerap menghampiri kita pada musim penghujan.

1. Pencegahan Flu

  • Karena sebagian virus flu menyebar lewat kontak langsung, jadi usahakan untuk mencuci tangan sesering mungkin menggunakan sabun dan kalau bisa dengan air hangat. Usahakan untuk tidak terlalu sering menyentuh bagian muka, karena biasanya virus flu masuk ke tubuh kita lewat mata, hidung atau mulut.
  • Mengonsumsi makanan yang bergizi, khususnya makanan yang mengandung Phytochemical (bahan kimia alami untuk menambah daya tahan tubuh yang terdapat pada sayur dan buah-buahan terutama yang segar dan berwarna hijau, merah dan kuning gelap). Atau bisa juga berbagai suplemen makanan yang banyak dijual di pasaran atau lewat personal franchise, seperti Cordyseps, Spirulina, Chitosan, dan sebagainya.

2. Pencegahan Demam Berdarah

  • Selalu menjaga kebersihan dengan cara membersihkan selokan, bak-bak air tadah hujan maupun kamar mandi, membuang sampah pada tempatnya, menyiangi kebun untuk menghindari berkembang biaknya nyamuk aedes aegepti.
  • Usir nyamuk dengan obat nyamuk, atau tidur menggunakan kelambu.

3. Pencegahan Diare

  • Selalu menjaga kebersihan dengan cara membersihkan selokan terutama yang tersumbat dan biasanya meluap serta membawa parasit cacing dan amuba, membuang sampah pada tempatnya, membiasakan untuk mencuci tangan dan kaki sesering mungkin.
  • Kenakan alas kaki untuk mencegah penyebaran kotoran atau parasit yang masuk lewat kulit.
  • Hindari membeli makanan atau minuman di sembarang tempat.
  • Perbanyak minum vitamin dan asupan nutrisi untuk menjaga kondisi tubuh.
  • Sediakan selalu oralit di rumah.

Dan jangan lupa untuk selalu menyiapkan obat-obatan ringan di rumah, untuk mencegah terjangkitnya penyakit-penyakit musim hujan di atas.

Nah, sudahkah Anda mempersiapkan pencegahan dari tiga penyakit utama musim penghujan di atas ? Gerak cepat lho, soalnya musim hujan sudah mulai ketuk pintu. Sedia payung sebelum hujan yuk… 🙂

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

5 thoughts on “Mencegah Tiga Penyakit Utama Musim Hujan

  • 15 September 2008 at 09:46
    Permalink

    yaullllll. makasih atas informasinya. q sangat senang cz q sekarang lebih tau untuk menghadapi situasi yang tidak bersahabat itu.
    thank_s ya…..

    Reply
    • 3 December 2008 at 23:41
      Permalink

      @ibels, Sama-sama mas/mbak, terima kasih juga udah mampir. Sering-sering mampir ke web saya ya…

      Reply
  • 20 October 2008 at 22:41
    Permalink

    Iya nih, dah masuk musim hujan, mesti aware bwat jaga kesehatan.

    Reply
    • 3 December 2008 at 23:41
      Permalink

      @Armand, Benar sekali mas Armand, apalagi cuaca sekarang benar-benar tidak bersahabat, banyak membawa penyakit…jadi waspadalah ! 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...