Asal Muasal Kentut

kentut sering dijauhi
kentut sering dihina
kentut sering dianggap anak haram karena kadang nggak
diketahui siapa yang melahirkannya ke dunia ini
mari kita liat masa lalu kentut…
kasian mereka…

1. Dari mana asal kentut ?
Dari gas dalam usus. Gas dalam usus berasal dari udara
yang kita telan, yang menerobos ke usus dari darah,
gas dari reaksi kimia & gas dari bakteri dalam perut.

2. Apa komposisi kentut ?
Bervariasi. Makin banyak udara anda telan, makin
banyak kadar nitrogen dalam kentut (oksigen dari udara
terabsorbsi oleh tubuh sebelum sampai di usus). Adanya
bakteri serta reaksi kimia antara asam perut & cairan
usus menghasilkan karbondioksida. Bakteri juga
menghasilkan metana & hidrogen. Proporsi masing-masing
gas tergantung apa yang anda makan, berapa banyak
udara tertelan, jenis bakteri dalam usus, berapa lama
kita menahan kentut. Makin lama menahan kentut, makin
besar proporsi nitrogen, karena gas-gas lain
terabsorbsi oleh darah melalui dinding usus. Orang
yang makannya tergesa-gesa kadar oksigen dalam kentut
lebih banyak karena tubuhnya tidak sempat mengabsorbsi
oksigen. (Makanya jangan suka nahan kentut).

3. Kenapa kentut berbau busuk ? <== Pake nanya lagi
Bau kentut karena kandungan hidrogen sulfida &
merkaptan. Kedua senyawa ini mengandung sulfur
(belerang). Makin banyak kandungan sulfur dalam
makanan anda, makin banyak sulfida & merkaptan
diproduksi oleh bakteri dalam perut, & makin busuklah
kentut anda.
Telur & daging punya peran besar dalam memproduksi bau
busuk kentut. Kacang-kacangan berperan dalam
memproduksi volume kentut, bukan dalam kebusukannya.

4. Kenapa kentut menimbulkan bunyi ? <== Bikin gw
ngakak, tapi baca deh penjelasan ilmiahnya di
bawah….
Karena adanya vibrasi lubang anus saat kentut
diproduksi. Kerasnya bunyi tergantung pada kecepatan
gas. (Dan diameter lubang anus anda, hi..hi….) <===
Gw bilang jg apa , jd kalo dah pada longgar tuh lubang
anus..loe bayangin ndiri deh bunyinya ky apa? asli gw
ngakak sendiri

5. Kenapa kentut yang busuk itu hangat & tidak
bersuara ? duh…gak kuat gw nih!!
Salah satu sumber kentut adalah bakteri. Fermentasi
bakteri & proses pencernaan memproduksi panas, hasil
sampingnya adalah gas busuk. Ukuran gelembung gas
lebih kecil, hangat & jenuh dengan produk metabolisme
bakteri yg berbau busuk. Ini kemudian menjadi kentut,
walau hanya kecil volumenya, tapi SBD (Silent But
Deadly = Sunyi Tapi Mematikan ).

6. Berapa banyak kentut diproduksi sehari ?
Rata-rata setengah liter sehari dalam 14 kali kentut.

7. Mengapa kentut keluar melalui lubang dubur ?
Karena density-nya lebih ringan, kenapa gas kentut
tidak melakukan perjalanan ke atas? Tidak demikian.
Gerak peristaltik usus mendorong isinya ke arah bawah.
Tekanan di sekitar anus lebih rendah. Gerak
peristaltik usus menjadikan ruang menjadi bertekanan,
sehingga memaksa isi usus, termasuk gas-nya untuk
bergerak ke kawasan yg bertekanan lebih rendah, yaitu
sekitar anus. Dalam perjalanan ke arah anus,
gelembung-gelembung kecil bergabung jadi gelembung
besar. Kalau tidak ada gerak peristaltik, gelembung
gas akan menerobos ke atas lagi, tapi tidak terlalu
jauh, karena bentuk usus yg rumit & berbelit-belit.
(Bayangkan kalo kentut keluar dari lubang hidung). <==
Ada2 aja nih yang nulis

8. Berapa waktu yang diperlukan oleh kentut untuk
melakukan perjalanan kehidung orang lain? <====
GokiiiiiiiiiiiiiiilllllllllllLLLL…..hahhahahahah
ahaha
Tergantung kondisi udara, seperti kelembaban,
suhu,kecepatan & arah angin, berat molekul gas kentut,
jarak antara ‘transmitter’ dengan ‘receiver’. Begitu
meninggalkan sumbernya, gas kentut menyebar
konsentrasinya berkurang. Kalau kentut tidak
terdeteksi dalam beberapa detik, berarti mengalami
pengenceran di udara & hilang ditelan udara
selama-lamanya. Kecuali kalau anda kentut di ruang
sempit, seperti lift, mobil, konsentrasinya lebih
banyak, sehingga baunya akan tinggal dalam waktu lama
sampai akhirnya diserap dinding.

9. Apakah setiap orang kentut ?
Sudah pasti, kalau masih hidup. Sesaat setelah
meninggalpun orang masih bisa kentut. (Makanya gak
usah malu kalo sering kentut)

10. Betulkah laki-laki kentut lebih sering daripada
perempuan ?
Tidak ada kaitannya dengan gender.. Kalau benar,
berarti perempuan menahan kentutnya, & saat kentut
banyak sekali jumlah yg dikeluarkan. (Makanya kentut
perempuan lebih bau, ha..ha….) <==== Ampuuuuuuunn!!!

11. Saat apa biasanya orang kentut ?
Pagi hari di toilet. yang disebut “morning thunder”.
Kalau resonansinya bagus, bisa kedengaran di seluruh
penjuru rumah.

12. Mengapa makan kacang-kacangan menyebabkan banyak
kentut ?
Kacang-kacangan mengandung zat gula yang tidak bisa
dicerna tubuh. Gula tsb (raffinose, stachiose,
erbascose) jika mencapai usus, bakteri di usus
langsung berpesta pora & membuat banyak gas. Jagung,
paprika, kubis, kembang kol, susu juga penyebab banyak
kentut (bukan baunya!).

13. Selain makanan, apa saja penyebab kentut ?
Udara yang tertelan, makan terburu-buru, makan tanpa
dikunyah, minum soft drink, naik pesawat udara (karena
tekanan udara lebih rendah, sehingga gas di dalam usus
mengalami ekspansi & muncul sebagai kentut).

14. Apakah kentut sama dengan sendawa, tapi muncul
dari lain lubang ?
Tidak… sendawa muncul dari perut, komposisi kimianya
lain dengan kentut. Sendawa mengandung udara lebih
banyak, kentut mengandung gas yang Diproduksi oleh
bakteri lebih banyak.

15. Kemana perginya gas kentut kalau ditahan tidak
dikeluarkan ?
Bukan diabsorbsi darah, bukan hilang karena
bocor..Tapi bermigrasi ke bagian atas menuju usus &
pada gilirannya akan keluar juga. Jadi bukan lenyap,
tapi hanya mengalami penundaan.

16. Mungkinkah kentut terbakar ?
Bisa saja. Kentut mengandung metana, hidrogen yang
combustible (gas alam mengandung komponen ini juga).
Kalau terbakar, nyala-nya berwarna biru karena
kandungan unsur hidrogen. (Kalo naik gunung, lupa bawa
korek api tapi mau masak indomie, pakai aja kentut
buat nyalain kompor)

17. Bisakah menyalakan korek api dengan kentut ? <===
Ngaco!!
Jangan mengada-ada… konsistensinya lain. Juga
suhunya tidak cukup panas untuk memulai pembakaran.

18. Mengapa kentut anjing & kucing lebih busuk ?
Karena anjing & kucing adalah karnivora (pemakan
daging). Daging kaya akan protein. Protein mengandung
banyak sulfur, jadi bau kentut binatang ini lebih
busuk. Lain dengan herbivora seperti sapi, kuda,
gajah, yang memproduksi kentut lebih banyak, lebih
lama, lebih keras bunyinya, tapi relatif tidak berbau.
(Makanya lebih baik pelihara gajah di rumah daripada
anjing).

19. Betulkah bisa teler kalau mencium bau kentut 2-3
kali berturut-turut ?
Kentut mengandung sedikit oksigen, mungkin saja anda
mengalami pusing kalau mencium bau kentut terlalu
banyak. (Makanya yang punya hobi cium bau kentut,
sebaiknya dikurangin) <=== Trus kalo lagi pengen teler
tp lagi bokek, nah…loe nikmatin deh kentut loe
ndiri!!

20. Apakah warna kentut ? <=== Penting gak sih nih?
Hehehe…
Tidak berwarna. Kalau warnanya oranye seperti gas
nitrogen oksida, akan ketahuan siapa yang kentut.

21. Kentut itu apakah asam, basa atau netral ?
Asam, karena mengandung karbondioksisa (CO2) &
hidrogen sulfida (H2S).

22. Apa yang terjadi kalau seseorang kentut di planet
Venus ?
Planet Venus sudah banyak mengandung sulfur(belerang)
di lapisan udaranya, jadi kentut di sanapun tidak ada
pengaruhnya.

Tapi bener-bener mengharukan,
Kadang ketika Anda menangis, tak seorang pun yang
menyadari linangan air mata Anda.

Terkadang ketika Anda amat sedih, tak seorang pun yang
melihat kepedihan hati Anda.

Ketika Anda bahagia, tak seorang pun yang
memperhatikan senyum mengembang di bibir Anda.

Tapi, ketika Anda kentut … semua orang menoleh ke
diri Anda.
Mengharukan nggak, sih ?? hehe..

Kesimpulannya…. sering2lah kentut ditempat ramai, biar semua orang ada perhatian terhadap kita. :mrgreen: 😀
Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Perkenalkan nama saya Ahmad Muchtar Nasir, biasa dipanggil Nasir. Saya ini anak Sunda asli, kedua ortu berasal dari Kuningan Jawa Barat, tapi saya lahir di Tanjung Redeb Kaltim. Sejak kecil saya sekolah di Madrasah (RA Syahida Cirebon, MI Salafiyah Cirebon, MTs PUI Cikaso) baru SMU Negeri 2 Kuningan. Alhamdulillah saya lulus UMPTN th.1998 di Fak. Kedokteran UNDIP dan kuliah sampai th 2006. Saat ini saya bekerja di Medusa Health Center Jakarta Selatan (mulai April 2008), setelah sebelumnya bekerja serabutan sebagai “kuli intelek” di klinik 24 jam se-Jabotabek, menjadi Pegawai Tidak Tetap Depkes RI di Kab. Buton Sulawesi Tenggara selama 1 tahun (September 2006-Agustus 2007), dan menjadi PHL (Pegawai Harian Lepas) Dokter Umum di Polres Metro Bekasi (Oktober 2007-April 2008). Sekarang saya sudah dikaruniai seorang putra bernama Faris Hidayaturrahman (lahir 21 Januari 2008), sebagai hasil kerjasama dengan istri saya yaitu Yanti Setianingsih. Sementara ini saya tinggal di Griya Bintara Indah Bekasi Barat.

5 thoughts on “Asal Muasal Kentut

  • 16 May 2008 at 18:29
    Permalink

    hahaha.. kesimpulannya paling bikin ngakak :))

    Reply
    • 4 December 2008 at 00:05
      Permalink

      @huda, Makasih Hud, jangan kamu, aku aja ngakak mulu pas baca postingan ini. Keep in touch ya…

      Reply
  • 19 May 2008 at 22:42
    Permalink

    trus kenapa kentut itu ada yang bau ada yang ngga?

    dibalik itu, aku lagi ngebayangin gimana kalau kentut dipakai buat ngatasin demo2 kaya sekarang. Gas angin kentut ngegantiin gas air mata, dijamin masuk rumah sakit kali yah 😀

    Reply
    • 4 December 2008 at 00:05
      Permalink

      @galih, ada yang bau ada yang nggak itu tergantung makannya apa, kalo jengkol pasti baunya jengkol, kalo makan pete juga ada hawa-hawa seperti itu. Bisa juga tuh imajinasinya, kalo kentut dipake buat pengganti water canon alias gas air mata. Cuma masalahnya siapa yang bisa kentut sampe ngebubarin massa…? 😀

      Reply
  • 19 March 2010 at 21:26
    Permalink

    Wah, aku kok baru tahu ya dok, makasih info ilmiahnya tentang kentut ini, aku kok jadi pengin ngentut 😆

    pada Sabtu, 20 Maret 2010 00:26:31

    wah, silahkan pak, kentut jangan dihemat pak…bahaya…hahahaha

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...